2-3 tahun

2-3 TAHUN
14 April 2021

Anak Tidak Cocok Susu Sapi, Lebih Baik Susu Soya atau Formula Soya?

Apa benar tidak sebaik susu sapi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Susu yang diformulasikan dari isolat protein soya (susu soya) dikenal bermanfaat dan direkomendasikan tenaga kesehatan dan ahli nutrisi sebagai solusi alternatif dari anak yang tidak cocok susu sapi.

Namun, ada sedikit perbedaan antara susu soya dan susu formula soya yang mungkin membuat para ibu ragu memberikan alternatif nutrisi dari isolat protein soya kepada buah hati.

Agar kita tidak bingung, berikut perbedaan susu soya dan susu formula soya yang perlu diketahui seputar manfaat isolat protein soya.

Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Perbedaan Susu Soya dan Susu Formula Soya

susu soya

Foto: milklife.com

Susu soya dan susu formula soya adalah produk yang berbeda. Apa bedanya?

Susu soya terbuat dari kedelai murni dan air yang disaring, sedangkan susu formula soya terbuat dari protein kedelai dan bahan lainnya yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan anak yang tidak cocok susu sapi.

Keduanya mengandung bahan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Formula soya dapat menjadi alternatif susu bagi anak yang tidak cocok susu sapi.

Proses pengolahan kedua susu soya ini juga berbeda. Susu soya biasanya dibuat dari biji kedelai murni. Ini memiliki komposisi dan nutrisi yang mirip dengan susu sapi.

Sentuhan akhir dalam pembuatan susu soya biasanya ditambahkan gula untuk memperkuat rasa.

Proses membuat susu soya, pertama-tama kacang kedelai direndam dalam air, lalu disaring untuk mendapat sari kedelainya, kemudian diseterilisasi dengan suhu tertentu.

Berbeda dengan susu formula soya, meskipun hampir mirip dengan proses susu soya, susu formula soya menggabungkan isolat protein setiap biji kedelai dengan bahan baku dan sumber penting lainnya seperti karbohidrat, lemak, serat tinggi sehingga menjadi formula isolat protein soya yang kaya nutrisi.

Ini kemudian difortifikasi dengan diperkaya nutrisi makro dan mikro penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal Si Kecil.

Susu soya dan formula soya mengandung tambahan asam amino dan mineral yang dibutuhkan seperti metionin, karnitin, taurin, besi, seng, kalsium, dan fosfor.

Jumlah kandungannya pun disesuaikan untuk mendukung tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya dan diatur lembaga kesehatan baik nasional maupun internasional.

Baca Juga: Makanan untuk Anak Alergi Susu Sapi, Ini yang Boleh dan yang Perlu Dihindari

Mengapa Formula Soya Cocok untuk Anak yang Tidak Cocok Susu Sapi

susu soya

Foto: healthline.com

"Anak yang tidak cocok susu sapi terjadi karena respon sistem imun yang tidak normal atau berlebihan (hipersensitivitas)," jelas Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes. - Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, dalam Konferensi Pers Susu SGM “Festival Soya Generasi Maju, Dukung si Kecil Yang Tidak Cocok Susu Sapi Tumbuh Maksimal” pada Rabu, 31 Maret 2021.

Selain mengonsumsi ASI ekslusif, susu soya formula adalah yang direkomendasikan para dokter anak dan ahli pakar dalam mengatasi anak yang tidak cocok susu sapi.

"Susu formula soya mengandung konsentrasi tinggi dari senyawa seperti estrogen nabati, dan karena formula ini adalah satu-satunya sumber makanan bagi anak dan berperan penting untuk periode kritis di proses tumbuh kembangnya, ”kata Virginia A. Stallings, MD, Direktur Pusat Gizi di Rumah Sakit Anak Philadelphia (CHOP).

Mengutip dalamChildren's Hospital of Philadelphia, sebagian orang tua lebih memilih susu formula soya dalam solusi alternatif untuk anak yang tidak cocok susu sapi.

Susu soya formula diperkaya asam amino esensial dalam jumlah cukup untuk mendukung kesehatan tubuh.

Menurut American Academy of Pediatrics, susu formula soya adalah formulasi asam amino. Asam amino adalah bahan penyusun protein murni. Formula ini mengandung asam amino dan semua bahan lain untuk memberikan nutrisi yang sesuai bagi anak yang tidak cocok susu sapi.

Menurut tatalaksana untuk anak yang tidak cocok susu sapi yang dikeluarkan IDAI pada 2014, apabila tidak menerima ASI dan tidak cocok terhadap formula yang berbahan dasar susu sapi, alternatif penggantinya adalah formula dengan protein dengan hidrolisa ekstensif, formula asam amino, atau susu berbahan dasar isolat protein soya (susu formula soya).

Selain sebagai alternatif anak yang tidak cocok susu sapi, susu soya formula juga diperuntukkan untuk pilihan makanan yang optimal untuk anak. Susu formula soya mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk beberapa kasus seperti di bawah ini:

  • Galaktosemia: suatu kondisi di mana seorang anak tidak dapat memecah gula
  • Defisiensi laktase primer: suatu kondisi keturunan langka di mana anak lahir tanpa enzim laktase, yang dibutuhkan untuk mencerna gula laktosa
  • Defisiensi laktase sekunder: intoleransi laktosa sementara, biasanya disebabkan oleh infeksi yang mempengaruhi saluran pencernaan
  • Pola makan: mengadopsi pola makan vegetarian atau vegan

Baca Juga: Waspadai Tanda-tanda Bayi Alergi Susu Formula

Manfaat Susu Soya Formula

formula soya

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui perbedaan susu soya dan formula soya, sekarang kita cek yuk manfaat dan fakta seputar susu soya formula.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan fisik anak yang diberi susu soya formula mirip dengan bayi yang diberi susu sapi formula pada umumnya.

1. Kaya Akan Nutrisi

Susu soya formula mengandung kekayaan nutrisi, terutama bagi individu yang tidak cocok dengan susu sapi. Susu ini mengandung nutrisi penting yang mirip dengan susu sapi.

Mengutip dalam American Academy of Pediatrics, susu soya formula telah diperkaya zat besi dan memenuhi spesifikasi vitamin, mineral, dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Ini juga sesuai dengan pedoman para ahli pakar gizi.

Tidak seperti susu sapi, susu soya formula juga rendah lemak dan bebas kolesterol. Kedelai adalah sumber nutrisi penting yang sangat baik dan alami yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anak.

2. Mencegah Radikal Bebas

Selain untuk anak-anak, formula soya juga cocok bagi yang sedang mengadopsi diet protein hewani. Dalam studi National Center for Biotechnology Information, soya formula juga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dan payudara.

Diketahui bahwa susu soya formula memiliki sumber lengkap protein makanan berkualitas tinggi. Tidak seperti kebanyakan protein nabati, kedelai mengandung semua asam amino esensial yang kita butuhkan dalam makanan sehari-hari.

Inilah sebabnya mengapa susu soya fomula umumnya dikonsumsi oleh vegetarian serta anak-anak dan orang dewasa yang tidak dapat mentolerir protein hewani, termasuk anak yang tidak cocok susu sapi.

3. Solusi untuk Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Susu soya formula bebas dari protein yang ditemukan dalam susu sapi, yang dapat menyebabkan reaksi gatal-gatal bagi anak yang tidak cocok susu sapi.

Anak yang tidak cocok susu sapi sering disalahartikan sebagai intoleransi laktosa. Sedangkan ini kedua hal yang berbeda.

Gejala berupa muntah, diare, sembelit, darah di tinja, ruam kulit, dan gatal adalah yang paling umu kita jumpai bagi anak yang tidak cocok susu sapi.

Susu soya formula adalah sejenis susu formula yang terdiri dari isolat protein kedelai yang dilengkapi dengan asam amino L-metionin.

Melansir dalam studi PEDIATRICS, seperti susu sapi, formula soya juga telah terbukti mendukung perkembangan kognitif anak-anak.

3 Cara Membuat Origami Kupu-kupu, Baik untuk Melatih Motorik Anak

Penuhi Nutrisi si Kecil dengan SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx

SGM merupakan brand susu yang diproduksi oleh PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) yang berpengalaman lebih dari 60 tahun sebagai penyedia nutrisi terbaik bagi si Kecil.

Inovasi barunya menghadirkan SGM Eksplor 1+ Pro-Gress Maxx with Iron C dengan Isolat Proten Soya yang efektif membantu memenuhi nutrisi si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi.

SGM Eksplor 1+ Pro-gress Maxx dengan kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, Iron C membantu penyerapan maksimal nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil seperti Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Kalsium & Vitamin D, serta nutrisi penting lainnya.

Baca Juga: Peran Prebiotik untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi lengkap dan stimulasi yang tepat untuk tumbuh unggul dalam 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, yakni Berpikir Cepat, Gigih, Percaya Diri, Tumbuh Tinggi, dan Aktif Bersosialisasi.

SGM Eksplor 1+ Pro-Gress Maxx with Iron C bisa si Kecil nikmati dengan dua pilihan rasa, madu dan vanila yang enak.

Yuk, dukung nutrisi Si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi untuk jadi Anak Generasi Maju!

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait