Fashion & Beauty

20 Mei 2021

Agar Rambut Tak Rusak, Cari Tahu Tata Cara Keramas yang Baik Berikut Ini!

Jangan asal keramas, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Mencuci rambut atau yang lebih sering disebut keramas, sering dianggap urusan sepele. Padahal, cara mencuci rambut yang asal-asalan perlahan akan merusak rambut. Moms harus tahu teknik keramas yang baik agar rambut tak mudah rontok.

Dengan teknik yang benar, tekstur rambut menjadi lebih lembut, akar rambut kuat, dan kulit kepala bersih sehat. Yuk pelajari teknik keramas yang benar!

Teknik Keramas yang Baik

Teknik Keramas yang Baik untuk Pemula-2.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Rambut yang sehat dan tidak mudah rontok tentu menjadi impian hampir setiap orang. Merawat rambut tidak sebatas memerhatikan rangkaian vitamin rambut, yakni juga dari teknik keramas yang baik.

Keramas yang baik menentukan bagaimana rambut dapat tumbuh dengan akar yang kuat dan sehat. Yuk simak keramas yang baik untuk rambut yang sehat.

1. Menyisir Rambut

Sebelum memasuki cara keramas yang baik, pastikan rambut dalam keadaan rapi dan tidak kusut. Sisir rambut dalam keadaan kering, dan lepas seluruh ikatan, jepitan atau aksesoris pada rambut.

Karena ini akan memudahkan kita untuk melakukan keramas yang baik. Rambut yang basah dalam keadaan kusut, akan membuat rambut sulit untuk dibersihkan dan kotoran tidak tersapu sempurna.

Agar rambut tidak mudah rontok, gunakan sisir berjarang agar rambut mudah dirapikan.

2. Basahi Rambut

Cara Keramas yang Baik Ternyata Dapat Sebabkan Ketombe-1.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Selanjutnya dalam cara keramas yang baik, siram rambut dengan air hangat untuk menurunkan kotoran, minyak , sisa produk styling seperti gel atau hairspray yang melekat di helai rambut.

Sebaiknya lakukan di bawah pancuran atau shower agar kotoran luruh ke bawah bersama air.

Basahi rambut secara menyeluruh untuk memudahkan mencuci rambut dengan sampo.

Air hangat melonggarkan minyak pada rambut dan membantu membuka pori-pori kulit kepala, memungkinkan sampo dapat berfungsi dalam keramas yang baik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sikat Gigi Anak yang Aman untuk Si Kecil

3. Aplikasikan Sampo

Nah, langkah keramas yang baik seterusnya adalah mengaplikasikan sampo pada rambut. Tuang sampo secukupnya di telapak tangan, lalu usapkan merata, mulai dari akar rambut hingga ke ujungnya.

Setelah sampo rata, pijat kulit kepala dengan ujung jari. Jangan gunakan kuku untuk memijat, karena bisa melukai kulit kepala dan menyebabkan iritasi.

Seperti halnya perawatan kulit, pilih sampo dengan formula yang sesuai dengan jenis rambut Moms.

Jika memiliki rambut yang berminyak, pertimbangkan sampo dengan bahan-bahan herbal dan hindari yang terlalu melembapkan.

4. Bilas Rambut

6 cara keramas yang baik

Foto: Orami Photo Stocks

Setelah selesai, bilas rambut sampai bersih hingga tak ada busa pada rambut. Gunakan air pancuran untuk memudahkan membilas rambut dari sampo secara menyeluruh.

Raih bagian dalam rambut dengan kuku agar tak ada sampo yang tertinggal.

Pada tahapan keramas yang baik ini disarankan untuk menggunakan air dingin. Karenanya, membilas rambut dengan air dingin untuk menutup kutikula dan rambut menjadi lebih berkilau.

5. Menggunakan Kondisioner

Moms bisa memberi perawatan ekstra dengan membalur rambut dengan kondisioner, mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut. Kondisioner sebaiknya tidak dioleskan pada kulit kepala karena bisa menyebabkan ketombe dan kulit kepala berminyak.

Diamkan kondisioner selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

Berbeda dengan saampo yang harus di bilas setelah diaplikasikan, kondisioner perlu didiamkan selama beberapa menit sebelum dibilas untuk memberi waktu kepada folikel rambut menyerap kandungan yang ada dalam kondisioner.

Baca Juga : 5 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

6. Sisir Rambut

Seperti ke langkah keramas yang baik pada awalnya, setelah keramas Moms juga perlu menyisir rambut yang basah. Sebelum itu, keringkan rambut dengan handuk hingga tak ada air yang menetes.

Cara Moms memperlakukan rambut pasca keramas yang baik, sangat penting untuk kesehatan dan penampilannya secara keseluruhan.

Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu rambut lebih lembut dan mudah ditata saat kering.

Setelah itu Moms bisa mempertimbangkan rambut kering alami atau mengeringkan dengan hairdryer.

7. Hindari Keramas Setiap Hari

tips keramas yang baik.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Keramas yang baik untuk membersihkan minyak dan kotoran memang perlu, namun tidak boleh terlalu dilakukan setiap hari.

MengutipIndian Journal of Dermatology, keramas yang baik setiap hari diperuntukkan bagi yang memiliki rambut mudah berminyak dan terkena kotoran.

Seperti dikutip dari harian Times of India, seorang pakar kecantikan India Dr. Sama Rais berpendapat bahwa penggunaan sampo yang terlalu sering bisa menghilangkan kadar minyak esensial di kulit kepala dan sebabkan rambut kering bercabang.

Kulit kepala memiliki minyak alami yang berperan untuk melembapkan rambut secara alami.

“Keramas tiga kali seminggu sudah cukup. Bahkan bila rambut Moms hanya berkeringat, menyiram kepala dengan air bersih sudah cukup untuk mengatasi masalah itu,” ujarnya.

Baca Juga: Bolehkah Mewarnai Rambut Saat Hamil? Ini Jawaban Pakar!

8. Vitamin Rambut

Teknik keramas yang baik terakhir adalah Moms perlu menggunakan rangkaian perawatan rambut seperti vitamin atau toner rambut.

Pilihlah vitamin rambut yang berfungsi untuk melembutkan, dan rambut mudah ditata dan disisir. Begitu juga dengan toner rambut yang mengandung ekstrak ginseng untuk menjaga kekuatan akar rambut agar tidak mudah rontok.

Hindari rambut dari paparan sinar matahari secara lansung agar rambut tak mudah kering dan pecah-pecah. Gunakan pelindung kepala ketika ke luar rumah seperti topi ataupun payung.

Merawat rambut sama halnya dengan perawatan kulit, apalagi rambut adalah mahkota bagi kaum perempuan.

Apakah Moms telah menerapkan tips keramas yang baik dengan benar di rumah? Jika ada ide lain dalam teknik keramas yang baik, boleh share di kolom komentar di bawah ya, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4458934/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait