Newborn

21 Desember 2017

Ternyata 5 Aktivitas Sederhana Ini Bisa Bikin Bayi Cerdas!

Melihat Si Kecil tumbuh dengan sehat dan cerdas tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Melihat Si Kecil tumbuh dengan sehat dan cerdas tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Moms. Nah, sekarang ini Moms bisa menerapkan beberapa ide dan tips praktis yang menyenangkan untuk membuat Si Kecil semakin cerdas dan kreatif.

Moms bisa menggunakan aktivitas sehari-hari untuk membantu Si Kecil tumbuh dengan cerdas, lho!

Otak bayi akan berkembang melalui berbagai pengalaman dan latihan. Indera peraba, pembau, penglihatan, suara dan rasa juga akan membantu proses perkembangannya.

Moms perlu memberi Si Kecil pengalaman sensoris yang berbeda sejak usia dini. Aktivitas yang dapat mencerdaskan otak ini membantunya mengidentifikasi dan membedakan sesuatu. Perkembangan keterampilan kognitif dan motoriknya membuat Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Berikut beberapa aktivitas sederhana yang bisa Moms terapkan untuk membuat Si Kecil menjadi pribadi yang cerdas:

AKTIVITAS 1: Menyanyi atau Mendengarkan Musik

shutterstock 414325897

Nyanyikan berbagai macam lagu atau buatlah lagu versi Moms sendir. Perlu Moms ingat bahwa musik mampu meningkatkan memori, perhatian dan pembelajaran Si Kecil.

Pantev dkk, dalam Cognitive Neuroscience of Music yang diterbitkan Oxford University Press, mengatakan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan rentang perhatian bayi dan meningkatkan ingatannya.

Memperkenalkan Si Kecil ke alat musik akan membantu mengembangkan kemampuan berpikir proporsionalnya. Mempelajari musik juga mampu memupuk penalaran spasial dan temporalnya, sekaligus mengembangkan kemampuan numeriksa di kemudian hari.

AKTIVITAS 2: Membaca Buku

shutterstock 527065195

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mengenalkan bayi pada keseruan membaca. Sejak bulan-bulan awal kelahirannya, Moms bisa mulai membacakan buku dongeng atau koran yang kebetulan sedang Moms baca.

Saat usianya bertambah, Moms bisa mulai memperkenalkan buku dongeng bergambar pada Si Kecil. Membacakan dongeng menjadi cara terbaik untuk membantu meningkatkan kosakata bayi dan mengenalkannya pada hal-hal yang ada di dalam maupun di luar rumah.

AKTIVITAS 3: Mengeksplor Makanan

shutterstock 436382632

Jika Si Kecil sudah siap dikenalkan dengan MPASI pertamanya, sajikan makanan degan tekstur yang bervariasi. Beberapa MPASI yang bisa Moms pilih diantaranya kacang polong, sereal, pasta atau potongan blewah. Biarkan Si Kecil belajar menggenggam makanannya dan mengeksplorasi inderanya.

Baca Juga : MPASI Pertama Sebaiknya Buah Atau Serealia?

AKTIVITAS 4: Bertepuk Tangan

shutterstock 319891940

Selain membantu perkembangan bahasa dan koordinasi otot, tepuk tangan mengajarkan konsep pra-matematika seperti irama dan “pencarian pola”. Tepuk tangan akan membantu bayi memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Ajak Si Kecil bertepuk tangan dengan iringan musik.

AKTIVITAS 5: Berinteraksi

shutterstock 357637607

Menurut Ann Bigelow, seorang profesor sekaligus peneliti pekembangan psikologi di St. Francis Xavier University di Antigonish, Nova Scotia, yang melakukan penelitian mengenai perilaku orangtua dan perkembangan bayi di laboratoriumnya, interaksi konstan dengan bayi dapat memperbaiki perkembangan otaknya.

Jika Moms lebih sering berinteraksi dengan Si Kecil, maka akan terjadi ikatan secara emosional. Ini akan sangat membantu kemampuan berpikir Si Kecil. Selain itu, sering berinteraksi dengan Moms juga akan membuat Si Kecil merasa lebih aman dan percaya diri.

Siapa sangka aktivitas sederhana yang bisa Moms lakukan setiap hari seperti di atas justru menjadi aktivitas yang dapat mencerdaskan otak Si Kecil, ya Moms? Aktivitas apa saja yang selama ini sudah Moms coba untuk membantu perkembangan kecerdasan Si Kecil?

(RGW)

Foto : Shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait