Selebriti

SELEBRITI
2 Mei 2019

Tips Artika Tetap Bonding dengan Zoe Meski Kedua Orang Tua Sibuk

Bagi Artika, ini kunci penting saat bonding dengan anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Bonding dengan anak itu penting untuk mempererat ikatan antara Moms dan Si Kecil. Karenanya, sebaiknya Moms menyisihkan waktu bermain bersama anak dengan melakukan kegiatan yang menarik.

Tetapi, membangun momen bonding dengan Si Kecil tak jarang harus dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti keterbatasan waktu orang tua karena kesibukan yang harus dijalankan setiap harinya.

Chitra Annisya, M.Psi, seorang psikolog anak dari Tiga Generasi menjelaskan, dua tahun pertama kehidupan merupakan saat terbaik untuk membangun bonding antara anak dengan orangtuanya.

"Membangun bonding bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk bermain bersama. Aktivitas bermain yang sederhana pun bisa jadi momen bonding yang seru, menyenangkan, dan bermakna,” tutur Chitra.

Termasuk bagi ibu dua orang anak dan mantan Putri Indonesia, Artika Sari Devi, juga sadar akan pentingnya bonding dengan kedua anaknya yang lucu.

Baca Juga: Sederhana dan Intim, Begini Maternity Photoshoot Aura Kasih

“Menjadi orang tua zaman sekarang memang harus kreatif untuk menjalankan multiperan kita di kota besar, di era digital yang semuanya serba cepat. Saya misalnya, saya harus membagi waktu yang hanya 24 jam sehari untuk menjalankan peran saya sebagai ibu, sebagai anak, sebagai istri, sebagai pekerja seni, dan sebagainya," jelas istri dari Baim ini.

Lalu, bagaimana cara menyiasati saat anak hendak bermain namun Artika dan Baim sedang sibuk?

Keterbukaan Komunikasi jadi Kunci Sukses Bonding

artika zoe

Diwawancarai pada acara Zwitsaland 2019 di Jakarta, Artika mengatakan bahwa kunci utama untuk menyiasatinya adalah keterbukaan komunikasi dengan anak.

"Dari waktu sebelum menikah, saya dan Mas Baim memang suka anak-anak, pola pikir kita tentang anak itu adalah titipan, bukan beban. Titipan yang harus dijaga karena sangat berharga. Jadi ketika ada tantangan, seperti anak sudah bisa menolak, bisa lebih kritis, ya kita nikmati saja, yang penting tidak memutuskan komunikasi sesibuk apapun," jelas Artika.

Ketika di rumah pun, saat sedang sibuk dan harus mengerjakan pekerjaan dan dikejar deadline, sementara anak mulai cranky mengajak main, Artika tetap harus terbuka dengan anak.

"Saya mencoba terbuka dan memberitahu kondisi saya. Sesibuk apapun, ini merupakan kewajiban saya, sama seperti anak yang harus ke sekolah, mengerjakan PR," ungkapnya lagi.

Baca Juga: 4 Selebriti Hollywood Terkenal yang Kini Hidup di Jalanan

Ia menambahkan jika dirinya dan sang suami juga berkomitmen untuk menemani anak, terlepas rutinitas kesibukan yang sangat padat. "Kerja boleh keras, tapi tidak usah terlalu ngoyo (memaksakan diri)," tambahnya.

Ingin Selalu Hadir di Masa Pertumbuhan Anak

artika 1

Foto: instagram.com/artikasaridevi

Artika pun mengatakan lebih penting untuk memberikan waktu kepada anak, dan ia ingin bisa menjadi orang tua yang hadir di masa tumbuh kembang anak-anaknya.

"Saya termasuk anak yang mencintai masa kecil saya, saya juga bersyukur orang tua saya hadir untuk mendamping masa tumbuh kembang saya. Anak-anak merasa dipercaya, nyaman, itu inti sebenarnya dari bonding," ungkapnya.

Jadi, itulah tips bagaimana jika Si Kecil mengajak main namun Moms atau Dads sedang dalam situasi yang sangat sibuk. Selamat mencoba ya Moms!

(AP/AND)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait