Di atas 5 tahun

12 April 2019

Tips Ini Bisa Moms Ikuti untuk Mencegah Anak Tertular Cacar Air

Bagaimana ya cara untuk menghindari cacar air yang berbahaya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan yang berisi cairan dan sangat gatal. Selain itu, penyakit ini juga ditandai dengan beberapa gejala seperti demam, pusing, lemas dan nyeri tenggorokan.

Cacar air dapat menular dengang mudah di ruang tertutup maupun ruang terbuka. Untuk mencegah terserangnya virus ini, banyak orang melakukan vaksinasi cacar air.

Tapi jika ada keluarga dirumah Moms terserang cacar air, dan Moms ingin mencegah agar Si Kecil tidak tertular, cara-cara ini bisa diterapkan.

1. Vaksinasi

The German Standing Commitee on Vaccination (STIKO) atau Komisi Vaksinasi German, menyebutkan bahwa cara terbaik untuk mencegah cacar air adalah dengan melakukan vaksinasi.

Cara tersebut merupakan cara ampuh untuk mencegah penularan cacar air dan telah direkomendasikan hampir oleh semua dokter. Jadi jika ingin cara yang pasti, Moms harus melakukan vaksin cacar air kepada Si Kecil sejak dini.

Baca Juga: Bolehkah Anak Mandi Saat Terkena Cacar Air?

baby inmune system 2048xFoto: organicbabyfood.shop

2. Jangan Bersentuhan

Cara lainnya adalah dengan menghindari kontak dengan orang yang menderita cacar air. Jauhkan anak dari anggota yang sedang menderita cacar air, karena siapa pun yang belum mengidap cacar air, memiliki risiko sangat besar untuk tertular.

Selain bayi yang baru lahir, Si Kecil yang kekebalan tubuhnya masih lemah dan orang dewasa yang belum melakukan vaksinasi pun dapat tertular virus ini. Bahkan dapat juga membahayakan Moms yang sedang hamil dan mengancam jiwa Sang Bayi. Jadi, jangan dianggap remeh ya Moms.

3. Hindari Tetesan Air Liur

Selain melalui sentuhan langsung, cacar air pun dapat menular melalui tetesan air liur yang dilepaskan ke udara ketika seseorang bernapas, batuk, bersih, atau berbicara. Bahkan menyentuh pakaian orang yang menderita cacar air pun dapat tertular.

Untuk itu, Moms harus menjauhkan Si Kecil sejauh mungkin dari penderita cacar air agar tidak tertular.

Baca Juga: Apa Makanan yang Bisa Dimakan Saat Cacar Air?

postpartum essentials a checklist for natural mamas for you post by mama natural 1480x777Foto: herstrength.studio

4. Pindah Sementara

Cacar air dapat menular melalui apa saja, Moms sebaiknya membawa Si Kecil pergi atau mengungsi untuk sementara waktu. Pindahlah ke rumah saudara yang lain atau menginap di rumah orang tua untuk mencegah Si Kecil tertular.

Mengapa tidak menginap di hotel? Sebenarnya boleh saja Moms. Hanya saja, cacar air bukan penyakit yang mudah sembuh dalam 1 atau 2 hari. Biasanya diperlukan waktu 2 minggu sampai Si Kecil pulih dan benar-benar tidak menularkan virus lagi.

Bayangkan betapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk menginap di hotel selama dua minggu. Akan lebih baik jika uangnya digunakan untuk menberi vaksinasi pada Si Kecil dan Moms atau keluarga.

Itu dia cara-cara yang dapat Moms lakukan untuk melindungi Si Kecil dari bahaya cacar air. Ingat, jangan melakukan kontak apa pun dengan penderita ya, Moms.

(AWD/IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait