Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tips Mengatasi 3 Gangguan Kehamilan Saat Puasa

Bagikan


Wanita hamil tetap diperbolehkan berpuasa, asalkan memiliki kondisi kesehatan yang stabil dan sudah mendapat izin dari dokter kandungan.

Akan tetapi, seringkali ibu hamil mengalami berbagai gangguan saat berpuasa karena gejala yang ditimbulkan oleh tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, dan pusing.

Sebenarnya, tanda kehamilan semacam ini bisa diatasi dengan mudah melalui beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan sendiri di rumah.

Agar ibadah puasa tetap bisa dijalani dengan lancar tanpa terganggu ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh tanda kehamilan, yuk simak tips mengatasi 3 gangguan kehamilan saat puasa!

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling banyak dialami oleh wanita, terutama pada trimester pertama.

Untuk mengatasi tanda kehamilan yang satu ini, Moms perlu menjaga pola makan pada saat sahur dan berbuka dengan menghindari sajian yang terlalu pedas, memiliki rasa tajam, dan juga berminyak.

Selain itu, perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka serta biasakan mengonsumsi vitamin B6 dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Sepanjang hari saat berpuasa, perbanyaklah istirahat dan kurangi rasa mual yang muncul dengan menghirup aroma wangi alami yang berasal dari lemon ataupun kopi.

Baca juga: Tetap Puasa Saat Hamil, Kenapa Tidak?

2. Kelelahan

Selain mual dan muntah, mudah lelah juga menjadi salah satu tanda kehamilan yang dapat mengganggu puasa.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan Moms tidur lebih awal setiap malam, misalnya setelah menjalankan ibadah salat Tarawih.

Moms juga bisa mengurangi rasa lelah dengan mandi air hangat setiap pagi dan sore hari.

Saat sahur, kurangi asupan yang mengandung kafein dan gula terlalu tinggi karena membuat Moms lebih mudah lelah beberapa jam setelah mengonsumsinya.

Selain itu, sediakan waktu untuk berjalan-jalan sejenak dan menghirup udara segar di pagi hari sehingga tubuh menjadi lebih bugar serta siap menjalankan berbagi aktivitas harian.

Baca juga: 6 Penyebab Pusing Saat Hamil dan Cara Alami Mengatasinya

3. Pembengkakan

Gangguan kehamilan ini juga cukup banyak dialami, membuat wanita hamil sulit beraktivitas selama menjalankan ibadah puasa.

Bagi Moms yang juga mengalami pembengkakan di kaki misalnya, pastikan mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air putih setiap hari yang bisa dilakukan pada saat sahur maupun berbuka.

Kandungan air yang cukup di dalam tubuh akan membuat peredaran darah lebih lancar sehingga Moms terhindar dari pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Tak hanya itu, gunakanlah pakaian yang longgar dan nyaman sehingga tak ada bagian tubuh yang tertekan dan menghambat peredaran darah yang dapat menimbulkan bengkak.

Moms juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak mudah sakit.

Dengan demikian, ibadah di bulan suci ini bisa dijalani dengan lebih lancar tanpa terganggu berbagai gejala yang ditimbulkan oleh tanda-tanda kehamilan.

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.