2-3 tahun

2-3 TAHUN
3 Desember 2020

6 Tips Supaya Anak Tetap Bergerak selama #DiRumahAja

Aktif bergerak bantu tumbuh kembang Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Anak yang aktif bergerak dapat membantu optimalkan tumbuh kembang dan juga kesehatan Si Kecil. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, penting untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Apalagi, mengutip Healthy Children, hanya 1 dari 3 anak yang aktif secara fisik setiap hari. Bahkan, anak-anak dan remaja rata-rata menghabiskan lebih dari 7 jam per hari menggunakan TV, komputer, telepon, dan perangkat elektronik lainnya untuk hiburan.

Kurang dari 50% waktu yang dihabiskan untuk latihan olahraga, permainan, dan kelas pendidikan jasmani melibatkan cukup banyak gerakan untuk dianggap sebagai aktivitas fisik.

Lalu, bagaimana tips agar anak bergerak? Cari tahu lebih lanjut lewat artikel berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Seru Bareng Anak

Tips Agar Anak Bergerak

Meskipun perlu berada di dalam rumah, bukan berarti Moms tidak bisa mengajak Si Kecil untuk bergerak. Nyatanya, ada banyak aktivitas indoor menarik yang bisa dilakukan. Seperti apa? Berikut tips agar anak bergerak yang bisa Moms lakukan.

1. Lakukan Aktivitas Fisik Bersama

tips agar anak bergerak-2

Foto: Orami Photo Stock

Moms tidak perlu melakukan olahraga yang berat atau terlalu kaku, apalagi untuk anak-anak. Namun, pastikan Si Kecil melakukan aktivitas fisik dan lakukan dengan Moms bersama-sama sebagai tips agar anak bergerak.

Anak-anak senang saat orang tua bermain dengan mereka. Jadi buat anak aktif dengan melakukan aktivitas fisik bersama.

"Anda tidak memerlukan banyak peralatan mewah atau kelas khusus untuk mendorong anak Anda berolahraga," kata Patricia Nixon, PhD, presiden terpilih dari North American Society of Pediatric Exercise Medicine, mengutip WebMD.

2. Ajak Si Kecil Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

tips agar anak bergerak-3

Foto: Orami Photo Stock

Jika usia anak sudah cukup besar, Moms bisa mengajak Si Kecil melakukan pekerjaan rumah tangga yang mudah. Misalnya seperti membereskan kotak mainannya, atau membereskan rak-rak buku atau melipat pakaian.

Dengan melakukan tips agar anak bergerak ini, tidak hanya Si Kecil jadi aktif, tetapi ia juga merasa puas karena membereskan sesuatu dan hasilnya terlihat.

Tips tambahan, agar pekerjaan rumah terasa menyenangkan, Moms bisa memutar musik yang ceria dan pastikan Moms bergabung untuk turut menyelesaikannya sebagai sebuah keluarga.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Anak Gemar Olahraga sejak Bayi, Yuk Coba!

3. Ajak Teman Anak untuk Beraktivitas Bersama

tips agar anak bergerak-4

Foto: Orami Photo Stock

Anak-anak suka bermain dengan teman-temannya, jadi Moms bisa mengundang teman untuk bersepeda, tawarkan untuk mengajak teman Si Kecil melakukan kegiatan menarik lainnya di rumah.

Moms bisa melakukan ragam permainan menarik di halaman rumah atau taman komplek. Pastikan fokusnya adalah membuat aktivitas fisik menjadi menyenangkan dan Si Kecil bisa mempelajari keterampilan baru.

Sebagai tips agar anak bergerak lainnya, pastikan untuk selalu menjaga jarak dan bersihkan diri ketika sudah bermain bersama, ya.

4. Gunakan Latihan Sebagai Hadiah

tips agar anak bergerak-1

Foto: Orami Photo Stock

Tips agar anak bergerak lainnya yaitu Moms dapat menggunakan latihan sebagai hadiah.

Dalam The American Journal of Clinical Nutrition, disebutkan bahwa aktivitas fisik, menunjukkan, aktivitas fisik yang optimal, dapat mengendalikan berat badannya agar tidak obesitas.

Jangan memaksa anak untuk pergi keluar dan bermain, karena hal ini dapat menjadi bumerang dan meningkatkan kebencian dan penolakan bagi anak dalam melakukan aktivitas fisik.

"Olahraga tidak boleh menghukum. Jangan membuat anak Anda berlari atau melakukan push-up sebagai hukuman," jelas Eric Small, MD, spesialis kedokteran olahraga anak/remaja, dan penulis Kids & Sports.

Sebaliknya, coba gunakan aktivitas fisik sebagai hadiah. Si Kecil mungkin akan senang bermain sepak bola selama 20 menit jika itu adalah kesempatan untuk istirahat dari pekerjaan rumahnya.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini Tips Agar Anak Suka Olahraga

5. Jadilah Model yang Aktif

tips agar anak bergerak-5

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya tips agar anak bergerak ini tidak akan berhasil jika Moms juga tidak melakukan aktivitas fisik bersama Si Kecil.

Apalagi, pada American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, disebutkan bahwa jika satu orang tua mengalami obesitas, ada kemungkinan 50 persen anak-anaknya juga akan mengalami obesitas.

Moms bisa mencari aktivitas yang disukai dan aktiflah setidaknya selama 30 menit lima hari seminggu. Ketika anak-anak melihat bahwa Moms menikmati waktu aktif, Si Kecil akan cenderung mencontoh perilaku orang tuanya.

6. Konsumsi Asupan Nutrisi Tambahan

Tips agar anak bergerak yang terakhir, Moms bisa mengonsumsi asupan nutrisi tambahan, salah satunya dengan Nutrilon Royal 4 Madu Susu Pertumbuhan Bubuk.

Nutrilon Royal 4 Madu dilengkapi dengan ActiDuobio+ yang terbukti Klinis untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil, dan mendukung tumbuh kembang anak dengan nutrisi yang tepat.

Dengan formula FOS:GOS 1:9 lebih tinggi, Nutrilon Royal 4 Madu menjadi satu-satunya susu formula dengan kombinasi FOS : GOS yang dipatenkan untuk mendukung daya tahan tubuh anak.

Kandungan Omega yang lebih tinggi pada Nutrilon Royal 4 Madu, dapat mendukung kemampuan berpikir. Kandungan Omega 3 (Asam-Linolenat) 103 mg/saji, dan Omega 6 (Asam Linoleat) 1274 mg/saji.

Selain itu, Nutrilon Royal 4 Madu juga tidak memiliki kandungan gula tambahan dan gula sukrosa. Justru, dilengkapi dengan vitamin C dan E yang membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen dan membantu penyerapan zat besi.

Yuk Moms, pastikan Si Kecil menjadi aktif bergerak dan dukung imunitas tubuhnya dengan mengonsumsi Nutrilon Royal 4 Madu Susu Pertumbuhan Bubuk dengan rasa Madu yang nikmat.

(ADV)

Artikel Terkait