Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
11 Juli 2022

7+ Titik Akupuntur Sakit Kepala, Bisa Juga Meredakan Nyeri Leher!

Tengah migrain atau vertigo? Moms dan Dads bisa mencoba titik akupuntur sakit kepala untuk menanganinya
7+ Titik Akupuntur Sakit Kepala, Bisa Juga Meredakan Nyeri Leher!

Untuk beberapa orang dengan migrain, merangsang titik akupuntur sakit kepala pada tubuh dapat membantu memberikan kelegaan.

Sebuah studi tahun 2017 dari Journal Medicine (Baltimore) menunjukkan bahwa manfaat akupuntur yang diterapkan pada titik-titik di kepala dan pergelangan tangan dapat membantu mengurangi mual yang terkait dengan migrain.

Akupuntur pun bisa sangat efektif dalam berbagai cara, salah satunya termasuk mengurangi gejala vertigo secara alami dengan merangsang titik-titik tekanan tertentu yang terletak di berbagai bagian tubuh. Ada beberapa poin berbeda khususnya yang dapat membantu meredakan pusing dan vertigo saat mempertimbangkan titik akupuntur sakit kepala untuk meredakan vertigo.

Titik Akupuntur Sakit Kepala

02 SAKIT KEPALA - sumber thelearningrevolution.jpg

Foto: 02 SAKIT KEPALA - sumber thelearningrevolution.jpg

Foto ilustrasi titik akupuntur kepala (Sumber: Orami Photo Stock)

Sakit kepala adalah pengalaman yang umum. Menurut sebuah artikel 2018, sakit kepala tipe tegang mempengaruhi sekitar 40% orang di seluruh dunia dan migrain mempengaruhi sekitar 10% orang di seluruh dunia. Dengan menekan titik akupuntur sakit kepala di bawah ini dapat meredakan keluhan tersebut:

1. Mata Ketiga

Orang dapat menemukan titik tekanan mata ketiga di antara alis mereka. Merangsang titik tekanan mata ketiga dengan menerapkan tekanan konstan atau memijat lembut dalam gerakan melingkar.

2. Drilling Bamboo

Sepasang titik tekanan ini berada di bagian dalam setiap alis, di mana jembatan hidung bertemu dengan tulang alis.

Dengan menggunakan kedua jari telunjuk, berikan tekanan yang sama pada kedua sisi. Atau, rangsang satu titik pada satu waktu, bergantian di antara sisi.

Baca Juga: Akupuntur saat Hamil, Yuk Cari Tahu Manfaat dan Risikonya!

3. Gates of Consciousness

Titik akupuntur sakit kepala ini berada di ruang kosong di kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah dasar tengkorak.

Aktifkan titik-titik ini dengan memberikan tekanan kuat dengan telunjuk dan jari tengah kedua tangan. Sebagai alternatif, kuncikan jari-jari di belakang kepala dan tekan ibu jari ke dalam ruang kosong di dasar tengkorak.

Memijat gerbang titik-titik gate of consciouness juga dapat membantu meredakan nyeri leher.

4. Shoulder Well

Titik tekanan sumur bahu berada sekitar setengah jalan antara sendi bahu dan pangkal leher.

Gunakan telunjuk dan jari tengah dari tangan yang berlawanan untuk memberikan tekanan yang kuat namun lembut pada titik ini. Ingatlah untuk melakukan hal yang sama di sisi yang berlawanan.

Mengaktifkan titik tekanan sumur bahu dapat membantu meredakan kekakuan atau ketegangan pada otot bahu dan leher. Ini bisa membantu meredakan sakit kepala tegang.

Baca Juga: 4 Manfaat Akupuntur Saat Hamil, Simak di Sini

5. Union Valley

Seseorang akan menemukan union valley atau titik tekanan hegu pada kulit yang kendur di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Jepit titik tekanan ini di antara ibu jari dan jari telunjuk tangan yang berlawanan. Tahan titik tekanan lembah serikat atau pijat dengan menggerakkan ibu jari dalam lingkaran kecil. Ulangi proses ini di sisi yang berlawanan.

6. TW 17 (Tiga Penghangat 17)

Titik ini adalah titik akupresur fungsional yang biasanya melihat hasil yang cepat. Itu terletak di lekukan tepat di belakang cuping telinga di kedua sisi kepala.

Yang perlu Moms dan Dads lakukan adalah memberikan tekanan kuat menggunakan ibu jari, buku jari, jari, telapak tangan, atau sisi tangan.

Pastikan tekanan tetap stabil dan tidak bergerak selama 1 hingga 2 menit. Itu normal jika tekanannya hanya sedikit menyakitkan, tetapi tidak terlalu menyiksa.

7. GB 20 (Kandung Empedu 20)

Titik ini terletak tepat di dasar tengkorak, tepat di bagian atas belakang leher, Anda bisa merasakan lekukan lembut di sini.

Dengan menggunakan ibu jari, tekan dengan kuat pada titik tersebut selama sekitar 30 detik. Moms dan Dads juga dapat menggerakkan jari Anda dalam gerakan melingkar di sekitar titik akupuntur vertigo.

Baca Juga: 5 Manfaat Akupuntur untuk Kecantikan, Bisa Atasi Keriput!

8. P6 (Perikardium 6)

Titik ini terletak sekitar satu inci di bawah pergelangan tangan di lengan bawah di antara kedua tendon. Menggunakan titik tekanan ini, Anda mulai dengan mengangkat tangan, sehingga telapak tangan menghadap Anda.

Kemudian letakkan tiga jari pertama tangan Anda di pergelangan tangan Anda di dasar telapak tangan, ini akan membantu Anda menemukan tempat yang tepat untuk memberikan tekanan. Tempatkan ibu jari Anda tepat di bawah jari-jari Anda.

Menggunakan ibu jari, tekan ke bawah sampai merasakan dua tendon besar. Berikan tekanan lembut di sini selama sekitar 30 detik, lalu alihkan ke pergelangan tangan yang lain.

Beberapa penelitian ilmiah telah menilai efektivitas titik akupuntur sakit kepala. Dari studi yang ada, sebagian besar menggunakan ukuran sampel yang kecil dan tidak memiliki kontrol yang memadai.

Namun, badan penelitian ilmiah yang lebih besar berfokus pada efek terapi pijat dan terapi kompresi untuk mengobati gejala nyeri dan sakit kepala.

Kedua jenis terapi melibatkan stimulasi titik pemicu myofascial. Ini adalah area yang sangat sensitif di otot rangka yang dapat menyebabkan sakit kepala tipe tegang. Jadi, tidak ada salahnya Moms dan Dads mencoba titik akupuntur sakit kepala untuk mengatasi keluhan yang dialami.

  • https://myartofwellness.com/ultimate-guide-to-the-acupuncture-point-on-head-for-headaches/
  • https://www.migraineagain.com/pressure-points-for-headaches-and-nausea/
  • https://www.webmd.com/pain-management/ss/slideshow-acupuncture-overview
  • https://alignwc.com/acupressure-for-vertigo-relief-3-pressure-points-try/
  • https://www.mskcc.org/cancer-care/patient-education/acupressure-pain-and-headaches
  • https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-headaches#summary
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/326121#does-it-work