Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Masalah Fertilitas | May 21, 2018

Waspada, Masalah Gusi Bisa Mengganggu Kesuburan

Bagikan


Waspada, Masalah Gusi Bisa Mengganggu Kesuburan

Menjaga kesehatan mulut adalah hal yang penting, bukan hanya untuk estetika tapi juga untuk kesuburan. Mungkin Moms tidak percaya bahwa kesehatan gigi dan mulut berhubungan dengan kesempatan untuk hamil. Salah satunya, masalah gusi yang ternyata bisa mengganggu kesuburan.

Baca Juga : Alasan Dokter Melarang Cabut Gigi Saat Hamil

Penelitian membuktikan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk, baik bagi wanita maupun pria, memang dapat mempengaruhi keberhasilan kehamilan. Penasaran? Cek penjelasannya di sini.

Penyakit gusi pengaruhi infertilitas

Salah satu penyakit mulut yang diteliti oleh para ahli adalah periodontal atau periodontitis, yaitu kondisi gusi bengkak. Jika tidak ditangani, hal ini dapat mengakibatkan gigi tanggal dan kerusakan tulang rahang. Sebanyak 1 dari 10 orang mengalami periondititis yang cukup parah.

Lalu apa hubungannya dengan kesuburan? Ternyata banyak pasien dengan PCOS dan endometriosis yang mengalami periodontitis. Pada pria, periodontitis juga banyak ditemukan terjadi pada pria yang mengalami disfungsi ereksi.

Penyakit gusi lainnya adalah gingivitis atau radang gusi. Penyakit ini tidak akan membuat gigi tanggal, tapi bisa berubah menjadi periodontitis jika pasien tidak menjaga kesehatan mulut.

Baca Juga : Rekomendasi Klinik Gigi yang Ramah Anak di Jakarta

Hubungan Penyakit Mulut dan Kesuburan Wanita

Masih dibutuhkan banyak penelitian untuk melihat hubungan antara kesehatan mulut dan kesuburan. Tapi, sudah banyak ahli yang mengungkapkan teori-teorinya, Moms.

Salah satunya adalah immunologi. Immunologi dianggap menjadi penghubung antara kesehatan mulut dan kesuburan.

Periodontitis membuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi sangat reaktif. Wanita dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu reaktif, berisiko lebih tinggi mengalami keguguran dan berisiko gagal saat proses bayi tabung, terutama pada proses penanaman embrio.

Teori lain menyebutkan bahwa sistem imun yang terlalu reaktif justru meningkatkan risiko wanita terkena periodontitis.

Sistem imun juga menjadi salah satu teori hubungan antara periodontitis dengan PCOS dan endometriosis. Disregulasi kekebalan tubuh kemungkinan besar menjadi hubungan antara periodontitis dengan dua penyebab wanita sulit hamil tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Hubungan Penyakit Mulut dengan Kesuburan Pria

Tidak hanya wanita, periodontitis juga berhubungan dengan kesuburan pria. Beberapa studi menunjukkan bahwa pria dengan kesehatan mulut yang buruk, baik itu gigi berkarang maupun periodontitis, lebih berisiko terkena gangguan kesuburan dibanding pria yang gigi dan gusinya sehat.

Beberapa teori juga berusaha menjelaskan hubungan antara dua hal ini. Salah satunya menyebutkan tentang bakteri. Karang gigi, infeksi gigi atau gusi, semua hal tersebut bersentuhan dengan bakteri yang tumbuh dan berkembang dalam mulut. Perkembangan bakteri dalam mulut dapat meningkatkan perkembangan bakteri di area tubuh yang lain.

Teori kedua adalah inflamasi. Ketika tubuh terkena infeksi, maka tubuh akan membengkak/inflamasi sebagai bentuk perlawanan terhadap infeksi tersebut.

Para ahli berpikir bahwa inflamasi ini bisa terjadi di bagian tubuh yang lain dan justru menyerang beberapa sel yan masih sehat, termasuk sel sperma.

Keberadaan bakteriospermia juga menjadi kaitan yang erat. Bakteriospermia adalah infeksi bakteri yang terjadi di sperma, biasanya ditandai dengan tingginya sel darah putih.

Penelitan menunjukkan bahwa kesehatan mulut yang buruk meningkatkan risiko bakteriospermia. Kabar baiknya, dengan mengobati penyakit mulut, baik itu karang maupun infeksi, risiko bakteriospermia pun menurun.

Tips Meningkatkan Kesehatan Mulut (dan Kesuburan)

Walaupun penyebab kesehatan mulut mengganggu fertilitas masih harus diteliti, banyak studi sudah menunjukkan fakta bahwa orang dengan kesehatan mulut buruk banyak yang memiliki masalah kesuburan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya meningkatkan kesehatan mulut, bukan? Begini caranya:

  • Bersihkan gigi dan gusi ke dokter dengan rutin.
  • Berishkan karang gigi.
  • Gosok gigi 2 kali sehari dan bersihkan sela gigi dengan benang (floss)

Jika Moms sedang menjalani pengobatan kesuburan, lakukan hal tersebut setelah pengobatan gigi dan gusi selesai.

(HIL)

Sumber: verywellfamily.com, boldsky.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.