Jalan-jalan

18 Agustus 2021

Yuk Kunjungi 12 Wisata Ciwidey yang Sejuk dan Indah Ini!

Yuk liburan bersama keluarga di sini Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ciwidey merupakan salah satu daerah di Bandung Selatan dengan pemandangan alam yang indah. Wisata Ciwidey juga menjadi tujuan favorit wisawatan dalam dan luar negeri saat berkunjung ke ibu kota Jawa Barat ini.

Tujuan wisata yang menjadi favorit adalah kawah putih dan situ patenggang. Keindahan lokasi ini juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi prewedding atau syuting berbagai judul film.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Bandung yang Baru dan Tak Kalah Seru

Rekomendasi Wisata Ciwidey

Selain Kawah Putih dan Situ Patenggang masih masih banyak tempat wisata Ciwidey yang seri untuk Moms kunjungi. Berikut rekomendasinya.

1. Kawah Putih

wisata ciwidey kawah putih

Foto: instagram.com/wisatakawahputih

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata Ciwidey yang paling banyak dikunjungi turis. Lokasi ini adalah sebuah danau kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha seribu tahun yang lalu.

Dulu, wisata Ciwidey ini dianggap sebagai tempat angker oleh masyarakat setempat sehingga tidak ada yang berani melewatinya. Baru pada tahun 1837, seorang ilmuwan bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn melakukan perjalanan ke puncak Gunung Patuha di mana ia melihat sebuah danau putih dengan aroma belerang yang tajam.

Tempat ini disebut Kawah Putih karena warna tanahnya yang putih. Hal unik lainnya adalah warna danau yang bisa berubah-ubah. Pemerintah setempat mulai mempromosikan tempat itu menjadi tempat wisata pada tahun 1987.

Sejak itu, banyak pengunjung mulai datang untuk menikmati pemandangannya yang indah.

Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 18.000 untuk tiket ke tempat tersebut. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Kawah Putih juga digunakan oleh banyak orang sebagai lokasi pemotretan prewedding karena keindahannya yang mempesona.

Untuk menuju lokasi ini, pengunjung dari luar Bandung dapat keluar dari Tol Kopo menuju Sayati kemudian ke Soreang. Dari Soreang bisa terus ke Ciwidey lalu langsung ke Kawah Putih. Pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum yang tersedia untuk mencapai tempat tersebut.

Lokasi: Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung

2. Situ Patenggang

wisata ciwidey situ patenggang

Foto: instagram.com/gratiamikha

Destinasi wisata Ciwidey yang berupa danau lainnya adalah Situ Patenggang. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan perkebunan yang tersebar di sekitar Situ Patenggang.

Lokasi yang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut ini juga memiliki sebuah cerita rakyat yang melegenda.

Ki Santang dan Dewi Rengganis merupakan dua insan yang saling mencintai namun harus berpisah hingga bertemu kembali di Batu Cinta.

Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membuat danau dan kapal agar mereka bisa berlayar bersama. Kapal tersebut akhirnya berubah menjadi pulau berbentuk hati atau Pulau Asmara.

Namun, cerita itu sangat melekat pada Situ Patenggang. Ada mitos yang mengatakan bahwa siapa pun yang mengelilingi Pulau Asmara akan memiliki cinta abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Situ Patenggang terletak di Bandung Selatan, kurang lebih 35 km dari kota Bandung. Pengunjung dapat mencapai tempat tersebut dengan kendaraan umum.

Tiketnya relatif murah yaitu Rp. 18.000 di hari biasa dan Rp. 20.500 di akhir pekan per pengunjung dengan biaya tambahan untuk kendaraan. Ada juga beberapa penginapan seperti kamar kecil, mushola, dan tempat bermalam.

Lokasi: kawasan objek wisata alam Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat

3. Pemandian Air Panas Ciwalini

wisata ciwidey pemadian air panas ciwalini

Foto: instagram.com/herlinatan

Pemandian air panas Ciwalini merupakan wisata Ciwidey yang terletak di kawasan perkebunan teh Walini. Di pemandian air panas Ciwalini Moms akan menemukan dua buah kolam air panas dengan fasilitas yang berbeda.

Jika Moms ingin menggunakan kolam yang lebih baik, sebaiknya menyiapkan uang lebih karena dikenakan biaya tiket tambahan. Pemandian air panas ini berasal dari aliran mata air Gunung Patuha.

Selain bersantai di kolam, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kebun teh dengan sajian welcome drink berupa teh Walini produksi PT. Perkebunan Nusantara VII. Tempat ini juga menawarkan banyak atraksi seperti ATV, go-kart, flying fox, trampolin, dan motorcross.

Baca juga: Weekend Seru di Cibubur, Coba Kunjungi 5 Tempat Wisata Keluarga Ini!

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey - Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat

4. Perkebunan Stroberi

wisata ciwidey perkebunan stroberi

Foto: instagram.com/putri.ayuriska

Destinasi wisata Ciwidey yang terkenal lainnya adalah perkebunan strawberi. Lokasi ini memiliki beberapa perkebunan strawberi yang terletak di dekat Kawah Putih, Situ Patenggang, Rancabali, Pasir Jambu, dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati keindahan alam disini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk, tetapi cukup membayar stroberi yang dipetik dari para petani.

Harga strawberry berkisar Rp. 35.000 – Rp. 50.000 per kilogram. Para pengunjung juga dapat membawa anak-anak mereka ke perkebunan yang indah untuk mengajari mereka tentang tanaman stroberi dan cara memanennya.

Taman Wisata Cimanggu sebenarnya terletak di kawasan Rancabali tetapi dianggap sebagai tujuan wisata di Ciwidey.

Destinasi yang bersuhu 17-22 derajat Celcius ini dapat dengan mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum seperti bus. Destinasi tersebut menyediakan lahan parkir yang relatif luas.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat

5. Taman Wisata Cimanggu

wisata ciwidey taman wisata cimanggu

Foto: instagram.com/wisatacimanggu

Taman Wisata Cimanggu, atau juga dikenal sebagai Taman Bukit Hijau, memiliki hutan hujan tropis yang dilindungi dengan berbagai satwa liar. Wisata Ciwidey ini memiliki berbagai jenis tanaman perkebunan seperti kayu putih, baros, kihujan, saninten, rasamala, pasang pinus, dll.

Tak hanya flora, taman ini juga memiliki berbagai jenis fauna, seperti ayam hutan, kancil, macan kumbang, kijang, burung gagak, merpati tutul, dan masih banyak lagi.

Pengunjung tidak hanya dapat berjalan-jalan menyusuri pemandangan hutan, tetapi juga dapat menikmati berbagai atraksi yang ditawarkan seperti pemandian air panas Cimanggu, playground, dan outbond.

Pengunjung juga dapat mencoba flying fox, kayak, high rope, ATV, arung jeram, atau berkuda dengan pemandu profesional. Bagi yang ingin bermalam bisa berkemah atau menggunakan akomodasi villa keluarga.

Tiket masuk ke tempat wisata Ciwidey ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 20.000 dan Moms bisa menikmati semua fasilitas yang ada di lokasi tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey - Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat

6. Bumi Perkemahan Ranca Upas

wisata ciwidey ranca upas

Foto: instagram.com/ranca_upas

Di bumi perkemahan Ranca Upas terdapat penangkaran rusa yang dikelola oleh Perhutani. Objek wisata Ciwidey ini juga memiliki beberapa lokasi camping dengan luas area 215 ha.

Atraksi lain yang tersedia adalah outbond Tegal Kawani, restoran, kolam pemancingan, dan ATV. Pengelola tempat juga menyediakan tenda yang bisa disewa.

Pengunjung juga dapat menggunakan toilet dengan air panas dan dingin. Siapapun yang ingin menikmati alam bukan dengan berkemah maka bisa menyewa villa yang tersedia. Ini memiliki 3 kamar, tungku, dapur, kamar kecil, dan air panas.

Harga sewa villa adalah Rp. 800.000 per malam. Pengunjung yang ingin mengunjungi camping ground Ranca Upas dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca juga: 7 Rekomendasi Restoran Korea di Bandung, Enak!

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat

7. Perkebunan Teh Rancabali

wisata ciwidey perkebunan teh ranca bali

Foto: instagram.com/lakeside_glampingrancabali

Destinasi wisata Ciwidey selanjutnya adalah perkebunan teh Rancabali. Perkebunan teh dapat ditemukan di sepanjang jalan menuju Situ Patenggang. Ada perkebunan teh yang menawan dan air terjun kecil di sisi perkebunan.

Perkebunan teh Rancabali yang berada di ketinggian 1.628 mdpl membuat suhu udara cukup sejuk. Ada juga pabrik Orthodoks dan CTC yang mengolah komoditas teh dan kina di daerah tersebut.

Keindahan perkebunan teh Rancabali menjadikan tempat ini populer sebagai lokasi pemotretan prewedding. Selain itu, Moms juga bisa mengunjungi pabrik teh di dekat perkebunan untuk melihat dan belajar tentang pengolahan teh.

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung

8. Resort Lembah Ciwidey

wisata ciwidey

Foto: instagram.com/resortciwideyvalley

Ciwidey Valley Resort merupakan tempat wisata yang terletak di Barutunggul Ciwidey km 17 kecamatan Rancabali.

Selain menawakan menawarkan penginapan, glamping (glamour camping) Legok Kondang, pemandian air panas, wisata Ciwidey ini juga terdapat restoran, dan mobil gratis yang akan menjemput para pengunjung.

Penginapan yang disediakan adalah cottage dengan dua tipe: keluarga dan standar. Tipe standar dapat menampung 2 hingga 4 orang, sedangkan tipe keluarga dapat menampung hingga 4 hingga 6 orang. Ada total 20 cottage standar dan 3 cottage keluarga. Kamar dilengkapi dengan AC, televisi layar datar, koneksi internet, dan lainnya.

Bagi yang ingin berkemah bisa mencoba glamping, yaitu gaya berkemah modern yang mengutamakan kesesuaian dengan alam. Tempat ini dilengkapi dengan spring bed, televisi, koneksi wifi, air panas, dan tenda dengan berbagai tipe.

Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati fasilitas tersebut mulai dari Rp. 1.000.000 hingga Rp. 3.000.000. Untuk mengunjungi Lembah Ciwidey, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000, sudah termasuk soft drink gratis, sedangkan tiket kolam renang Rp. 40.000.

Lokasi: Ciwidey Valley Resort, Jl. Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat

9. Bukit Jamur

wisata ciwidey bukit jamur

Foto: instagram.com/bukitjamurciwidey

Wisata Ciwidey lain yang juga seru untuk dikunjungi adalah Bukit Jamur. Walaupun namanya jamur, tetapi ini bukanlah tempat budidaya jamur atau sejenisnya.

Bukit jamuer merupakan taman yang dipenuhi dengan pohon cemara pendek dan bulat-bulat seperti jamur. Hal inilah yang membuat lokasi ini disebut sebagai bukit jamur.

Karena unik, tempat ini sering dijadikan lokasi prewedding atau syuting berbagai judul film. Jika sedang berada di Ciwidey jangan lupa untuk mengabadikan momen di lokasi ini ya Moms.

Lokasi: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

Baca juga: 5 Penginapan Instagramable di Bandung untuk Libur Akhir Tahun, Recommended Banget!

10. Taman Kelinci Ciwidey

wisata ciwidey taman kelinci ciwidey

Foto: instagram.com/tamankelinciciwidey

Taman Kelinci Ciwidey merupakan tempat wisata yang dapat Moms kunjungi saat sedang berada di daerah ini. Lokasi ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak. Mereka juga dapat berinteraksi langsung kelinci yang ada di lokasi ini.

Setidaknya terdapat 100 ekor di sini. Terdiri 50 jenis lokal dan sisanya jenis kelinci luar seperti Lion Head, Dutch, Rex, New Zealand white dan masih banyak yang lainnya.

Fasilitas di sini juga cukup lengkap untuk anak-anak dan orang tuanya. Ada toilet yang bersih dan luas dan juga tempat parkir yang memadahi. Selain itu, terdapat pula penjual makanan dan minuman yang tidak jauh dari lokasi wisata Ciwidey ini sehingga memudahkan Moms saat akan piknik di sana.

Lokasi: ikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

11. Palalangon Park

wisata ciwidey palalangon park

Foto: instagram.com/palalangonpark

Palalangon Park merupakan lokasi wisata Ciwidey yang wajib dikunjungi oleh Moms. Disini terdapat hamparan kebun bunga penuh warna yang sangat instagramable lho Moms.

Selain itu, tempay ini juga memberikan fasilitas yang memadai untuk pengunjung. Untuk mencapai lokasi ini Moms dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jaraknya sekitar satu jam dari kota Bandung.

Lokasi: Jl PPTK Jl. Gambung, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

12. Sunan Ibu Sunrise Point

wisata ciwidey sunan ibu sunrise point

Foto: instagram.com/teguhdewanto

Di Ciwidey Moms juga bisa menikmati keindahan matahari terbit pada pagi hari. Moms hanya perlu mengunjungi Sunan Ibu Sunrise Point sebelum matahari terbit.

Jika ingin merasakan pengalaman tersebut, Moms harus datang sekitar pukul 5 pagi atau sebelum matahari terbit. Karena lokasi wisata Ciwidey ini akan sangat ramai jika Moms datang terlalu dekat dengan waktu matahari terbit.

Uniknya, tempat ini tidak seperti kebanyakan lokasi wisata matahari terbit lain yang harus melewati rute manandang. Di sini, Moms hanya perlu berjalan beberapa meter karena tempatnya cukup luas dan mudah dijangkau.

Lokasi: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

Baca juga: 17 Tempat Wisata Bandung yang Baru dan Tak Kalah Seru

Demikian rekomendasi wisata Ciwidey yang bisa jadi referensi saat Moms sedang berada di Bandung. Semoga bermafaat ya.

  • https://allindonesiatourism.com/attraction/west-java/things-to-do-in-ciwidey
  • https://www.exploresunda.com/ciwidey.html
  • https://www.indonesia.travel/gb/en/destinations/java/bandung/ciwidey
  • http://itrip.id/tempat-wisata-ciwidey-bandung
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait