05 Juli 2017

Yuk Intip 5 Fitur Andalan Android O!

Performa makin ngebut!

Google sebagai empunya system operasi Android sudah mengumumkan kehadiran dari sistem operasi terbaru mereka, Android O. Meski masih dalam versi beta, tapi Google menjamin kalau kemampuan Android O jauh lebih super daripada seri pendahulunya.

Teknologi baru, fitur juga baru. Itulah yang akan dibawa Android O pertama kali diperkenalkan versi alpha pada 21 Maret 2017 lalu. Ada banyak pembaharuan yang dibawa Android O, mulai dari tampilan, perubahan antarmuka, perbaikan sistem, hingga banyak fitur baru yang keren.

1. Gesture pemindai sidik jari

Android O punya fitur paling ekslusif, yaitu Fingerprint Scanner Gesture. Pada praktiknya, pemilik perangkat Android O hanya perlu mengusap layar untuk memeriksa notifikasi pada saat ponsel terkunci.

Pengguna tidak perlu lagi harus menekan tombol on/of atau membuka kunci layar untuk melihat tiap notifikasi yang masuk. Cukup usap layar ponsel!

2. Hemat baterai

Hingga saat ini, beragam cara menghemat baterai ponsel masih sebatas mitos. Pada OS Android O, hemat baterai bukan sekedar wacana lagi berkat Background Execution Limit.

Mudahnya, fitur ini mirip Background Restriction pada seri sebelumnya, tapi lebih canggih. Fitur ini akan bekerja dengan mengontrol tiap aplikasi di belakang layar agar tidak ‘liar’, bukan dengan membatasi.

3. Mode Picture-in-Picture

Fungsinya mirip Split-Screen di Android Nougat, tapi mode Picture-in-Picture milik Android O lebih istimewa lagi. Split-Screen punya kemampuan terbatas, hanya bisa dipakai melihat aplikasi yang statis.

Adapun pada Picture-in-Picture, pengguna bisa melakukan dua task sekaligus, seperti mengetik pesan sambil menonton video YouTube.

4. Tidak ada lagi ‘Unknown Sources’

Android merupakan sistem operasi paling rentan, dan tak ada yang menyangkalnya. Salah satu celah keamanan yang dipakai pintu masuk program jahat yaitu melalui Unknown Source pada saat install aplikasi.

Khusus untuk Android O, fitur ini dimatikan supaya smartphone Android lebih aman dari kemungkinan disusupi program tak jelas dan terkena malware.

5. Smart Text Selection

Yang juga baru dari Android O yaitu fitur Smart Text Selection. Biasanya, pengguna harus menyalin tulisan secara manual lalu menutup dan membuka aplikasi lain.

Nah, Android O bisa melakukan hal berbeda tergantung dari teks yang dipilih. Saat menyeleksi link, maka muncul pilihan browser. Menyeleksi nomor telepon, maka ikon telepon akan muncul, dan seterusnya.

Memang, belum ada nama resmi untuk penerus Android Nougat ini. Namun, sesuai dengan tradisi, sepertinya Google akan kembali memakai nama kudapan manis untuk Android O. Dua nama yang santer terdengar adalah Oreo dan Oatmeal Cookie. Rencananya, Android O akan rilis secara resmi pada Agustus mendatang.

(RIA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb