2-3 tahun

2-3 TAHUN
10 Desember 2019

3 Cara Menenangkan Balita Tantrum Tanpa Perlu Memberikan Gadget

Sebab, pemakaian gadget oleh anak perlu dibatasi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak cara menenangkan balita tantrum tanpa gadget berikut ini. Sebab, kejadian anak mengamuk atau tantrum saat sedang berada di tempat umum memang bisa bikin orang tua bingung. Biasanya, orang tua akan berusaha mencari cara paling mudah dan cepat untuk menenangkan balita tantrum, salah satunya dengan memberikan gadget.

Padahal, pemakaian gadget oleh anak perlu dibatasi. Dalam artikel berjudul The Impact of using Gadgets on Children yang diterbitkan di Journal of Depression and Anxiety, menatap layar gadget terus-menerus dalam waktu yang cukup lama bisa justru bisa memicu kecemasan berlebih pada anak.

Tantrum sendiri merupakan peristiwa yang lazim dialami oleh anak balita usia 1–4 tahun. “Pada rentang usia tersebut, anak biasanya belum memiliki keterampilan coping (cara mengatasi masalah dan beradaptasi dengan perubahan). Akhirnya mereka [mengungkapkan perasaan dengan cara yang mereka tahu,] berteriak dan menangis saja,” terang Ray Levy, PhD, psikolog klinis di Dallas yang juga salah satu penulis buku Try and Make Me! Simple Strategies That Turn Off the Tantrums and Create Cooperation.

Sebenarnya ada lho, sejumlah cara yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk menenangkan balita tantrum tanpa memberikan gadget.

Baca Juga: Patut Disimak dan Diikuti, Ini 3 Cara Mengatasi Tantrum pada Anak Autis

Cara Menenangkan Balita Tantrum Tanpa Memberikan Gadget

1. Latih Anak Mengenali Jenis-Jenis Emosi

3 Cara Menenangkan Balita Tantrum Tanpa Perlu Memberikan Gadget 01.jpg

Foto: trendhunter.com

Moms bisa melakukan ini dengan cara mengutarakan perasaan yang dirasakan anak saat ia sedang kesal atau tantrum. Misalnya, si Kecil marah karena Moms tidak mengizinkannya jajan. Ia kemudian berteriak-teriak “Mama jahat! Pokoknya aku mau jajaann!”.

Moms dapat menenangkan balita tantrum dengan membantu si Kecil mengenali jenis emosi yang sedang ia rasakan. Misalnya, katakan, “Iya, Mama tahu adik kesal karena Mama tidak izinkan jajan” atau “Enggak apa-apa adik kesal karena Mama tidak izinkan jajan, yang penting adik tidak batuk-batuk lagi”.

Menurut Robin Gurwitch, Ph.D., dosen bidang psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University School of Medicine, di mata anak, tindakan ini menunjukkan Moms memahami amarah atau frustrasi yang tengah ia rasakan. Ia akan merasa tidak perlu terus berteriak-teriak untuk membuat Moms memahami apa yang dia rasakan.

Baca Juga: Tidak Hanya Anak Kecil, Ini 5 Cara Mengatasi Tantrum pada Orang Dewasa

2. Bicara dengan Nada Lembut

3 Cara Menenangkan Balita Tantrum Tanpa Perlu Memberikan Gadget 02.jpeg

Foto: telegraph.co.uk

Ahli psikoterapi dari Kids in the House, Dr. Tina Payne Bryson, mengatakan, saat anak sedang tantrum, orang tua harus menahan emosi. Hindari menimpali ungkapan frustrasi si Kecil dengan nada tinggi, membentak, atau memarahinya.

Moms dan Dads dapat menenangkan balita tantrum dengan memahami alasan ia marah, bersikap tenang, dan berbicara secara lembut. Tindakan ini akan membantu si Kecil meredam emosinya.

3. Beri Anak Ruang untuk Mengungkapkan Amarahnya

3 Cara Menenangkan Balita Tantrum Tanpa Perlu Memberikan Gadget 03.jpg

Foto: focusonthefamily.com

Terkadang anak tantrum karena ia ingin mengekspresikan amarahnya. Menurut Linda Pearson, perawat dan penulis buku The Discipline Miracle, orang tua dapat memberi anak ruang untuk melakukan ini [untuk menenangkan balita tantrum].

“Setelah kemarahannya keluar, anak akan merasa lebih baik dan bisa mengendalikan emosinya,” ujar Pearson. Yang penting, menurut Pearson, orang tua tetap mengawasi anak dan memastikan si Kecil tidak melakukan tindakan yang dapat melukai dirinya sendiri ataupun orang lain.

Nah, Moms. Itulah 3 cara tepat untuk menenangkan balita tantrum tanpa memberikan gadget. Semoga berhasil, ya, Moms!

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Redakan Tantrum Balita, Moms Mau Coba?

(AN/DIN)

Artikel Terkait