Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Bayi | Apr 2, 2018

3 Indera yang Berkembang Pesat di Tahun Pertama Bayi

Bagikan


Bayi di tahun pertamanya tumbuh dan berkembang sangat cepat. Di tahun pertama, seorang bayi akan mengalami perkembangan di kemampuannya melihat, mendengar, dan merasakan sentuhan secara bertahap.

Semua itu pastinya merupakan hal yang sangat baru untuknya. Ketika bayi masih berusia di bawah 1 tahun, akan sulit baginya untuk mengenal siapa saja yang sudah menyentuhnya dan apa saja yang sudah ia dengarkan.

90% percakapan yang Moms lakukan dengan bayi di usia tersebut pasti akan dengan segera ia lupakan. Melihat kenyataan itu, Moms tidak perlu mengurangi intensitas berinteraksi dengan Si kecil. Secara batiniah, Si Kecil akan senantiasa mengenal semua candaan Moms.

Ketika ia sudah berusia 1 tahun dan menginjak usianya yang 2 tahun, seorang bayi akan mengalami perkembangan pesat untuk melihat dunia di sekitarnya. Buah hati Moms akan dengan cepat mengenal banyak sekali detil dari benda-benda yang berada di sekitarnya.

Baca juga: 10 Aktivitas Sederhana Untuk Bayi 0-6 Bulan

Bantu Si Kecil Menajamkan Indera Pengelihatan

Ketika ia sedang mengalami perkembangan pesat melihat segala sesuatu di lingkungan terdekatnya, Moms bisa membantu Si Kecil dengan menyediakan beberapa mainan yang aman serta gambar-gambar yang memiliki variasi warna.

Fasilitas lain yang bisa Moms berikan adalah dengan mengajaknya keluar rumah dan melihat lingkungan di sekitarnya. Taman bermain merupakan salah satu pilihan yang baik untuk perkembangan buah hati.

Selain taman, orang tua juga bisa bersama-sama dengan Si Kecil pergi mengunjungi toko bahan pangan yang memiliki banyak sekali benda dan warna untuk dilihat. Hal ini akan membantunya menyimpan banyak pengetahuan tentang bentuk dan warna.

Baca juga: Di Usia Berapa Karakter Bayi Mulai Muncul?

Indera Pendengaran Akan Makin Tajam

Hal kedua yang dialami anak di 1 tahun pertamanya adalah perkembangan fungsi dari indra pendengaran yang pesat. Si Kecil akan dengan cepat melafalkan kata-kata yang ia dengarkan dengan cepat. Tidak hanya kata-kata, ia juga akan mampu menirukan suara alam seperti angin dan bahkan suara hewan.

Pada usianya yang ke-18 bulan, Moms akan tercengang dengan kemampuan buah hati yang bisa mengucapkan beberapa kata yang berbeda. Meskipun kemampuannya untuk berkata-kata sudah meningkat drastis, ia pastinya masih akan menggunakan bahasa tubuh untuk mengungkapkan apa yang ingin ia utarakan.

Baca juga: Jangan Kaget, Ini 10 Hal yang Perlu Diketahui tentang Bayi Baru Lahir

Indera Perasa Berkembang Pesat

Indera pengecap anak juga akan mengalami perkembangan yang cepat. Hal tersebut bisa dilihat ketika ia memiliki ketertarikan untuk memilih makanan apa yang ingin ia santap dan yang tidak.

Namun jangan salah ketika Si Kecil menolak makanannya, bukan berarti ia tidak suka. Banyak dokter anak yang mengungkapkan bahwa seorang anak membutuhkan waktu lebih dari tiga kali untuk mengenal rasa tertentu dari suatu makanan. Jadi, tolakan tersebut bukan berarti bahwa ia tidak menyukainya.

Bayi juga akan mengalami perkembangan yang pesat untuk mengenal tekstur dari benda di sekitarnya. Mereka akan terlihat sibuk menyentuh, menginjak, menggigit semua benda kecil maupun besar. Jadi selalu jaga dan lihat apa saja benda yang ia pegang dan gigit setiap harinya ya Moms.

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.