Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
24 Desember 2019

4 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar Anak

Motivasi belajar sangat penting untuk Si Kecil
placeholder

Foto: kqed.org

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Rasa malas seringkali muncul pada anak-anak, terlebih lagi jika Si Kecil sedang memasuki masa-masa ujian, yang mengharuskan mereka untuk terus belajar bahan-bahan pembelajaran yang akan keluar di soal ujian.

Anak seringkali beralasan bahwa mereka sedang lelah dan butuh istirahat sebentar. Para orang tua yang merasa tidak tega pun akhirnya mengiyakan permintaan anak, yang berujung jadi mereka tidak belajar sama sekali.

Dilansir dari jurnal U.S. National Library of Medicine, motivasi akademik mengacu pada berbagai sifat, seperti keyakinan, persepsi, nilai, minat, kesenangan, dan sikap yang relevan secara pendidikan individu, yang terkait untuk prestasi sekolah.

Baca Juga: 4 Latihan Mudah Untuk Si Kecil Yang Baru Belajar Berjalan

Cara Agar Anak Tidak Malas Belajar

Berbagai cara ditempuh orang tua, agar buah harinya mau belajar, bahkan sekedar mengerjakan PR dari guru di sekolah saja. Biasanya para orang tua akan mengikutkan anak pada bimbingan belajar di suatu tempat, atau mendatangkan guru pribadi ke rumah.

Namun sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua, agar anak tidak malas belajar. Bagaimana tips agar anak tidak malas belajar? Simak di bawah ini.

1. Ajukan Pertanyaan Harian

agar anak tidak malas belajar

Foto: yellowpages.ca

Jika Si Kecil malas belajar dan membuka buka, Moms atau Dads bisa menggantinya dengan pertanyaan harian. Pertanyaan harian di sini maksudnya seperti bertanya pada anak apakah sudah mengerjakan PR-nya atau belum?

Meski terlihat sepele, pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang akan merangsang kesadaran anak belajar dan berlatih jujur. Karena jika kita memaksa anak untuk belajar, ujung-ujungnya mereka akan malas belajar dan tidak melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Serial Kartun untuk Si Kecil Belajar Bahasa Inggris

2. Ruang untuk Belajar

agar anak tidak malas belajar

Foto: extraspace.com

Moms atau Dads pasti memiliki ruang khusus untuk bekerja di rumah, yang memang membuat kita lebih produktif dalam bekerja. Melihat dari hal ini, agar anak tidak malas belajar ada baiknya kita membuatkan anak sebuah ruang khusus untuk belajar.

Ruangan ini pastinya harus memiliki meja dan kursi belajar yang nyaman, lalu peralatan menulis lengkap, rak buku, dan sesuatu yang disukai anak. Jangan lupa untuk mengecat ruangan tersebut dengan warna yang menarik juga agar anak tidak malas belajar, malah bersemangat.

3. Menjadi Teladan bagi Si Kecil

agar anak tidak malas belajar

Foto: todaysparent.com

Ada pepatah mengatakan “like son, like father”, yang artinya anak adalah cerminan diri kita sendiri. Makanya, sebelum meminta anak untuk belajar, kita sebagai orang tua harus terlebih dahulu memberikan contoh.

Biasakan untuk melakukan aktivitas belajar di hadapan Si Kecil. Misalnya membaca, menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, mencuci mobil, atau apapun itu yang bisa menjadikan kita sebagai contoh yang baik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pekerjaan Untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Harus Meninggalkan Rumah

4. Jelaskan Pentingnya Belajar

agar anak tidak malas belajar

Foto: kiasuparents.com

Agar anak tidak malas belajar, penting bagi kita untuk menjelaskan terlebih dahulu apa tujuan dari belajar itu sebenarnya, manfaat dari belajar yang bisa didapatkan, dan apa yang terjadi jika malas belajar.

Dengan begitu anak akan paham sedikit demi sedikit bahwa hal ini kita lakukan untuk masa depan mereka sendiri juga.

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak tidak malas belajar. Selamat mencoba!

Artikel Terkait