Di atas 5 tahun

1 Juli 2021

5+ Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan pada Anak, Lakukan Perlahan dan Jangan Panik!

Ingat, hanya untuk tulang ikan berukuran kecil dan tidak tajam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jadi orang tua itu terkadang memang harus serba tahu dan serba bisa, termasuk juga cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak.

Walau rasanya Moms sudah membersihkan duri dari ikan dengan teliti, terkadang memang masih ada saja yang tak terlihat dan tertinggal sehingga menyangkut di tenggorokan Si Kecil. Dan seperti yang Moms tahu, keselek duri itu rasanya sakit dan sangat tidak nyaman.

Menurut temuan sebuah studi yang dilansir National Institutes of Health, duri ikan adalah benda asing yang paling sering masuk ke dalam tubuh anak secara tidak sengaja. Umumnya, duri ikan menyangkut di sekitar amandel.

Jika Moms mencari cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak yang tepat, berikut ini rangkumannya.

Baca Juga: Bahaya Tersedak Bagi Otak dan Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan pada Anak

Jika Si Kecil menelan duri ikan dan merasa baik-baik saja, maka Moms tidak perlu ke dokter.

Jika tulang duri tidak menggores tenggorokan saat turun, maka dapat dipastikan kondisi Si Kecil tidak memiliki masalah lebih lanjut. Karena duri ikan akhirnya akan dihilangkan dan dikeluarkan dari tubuh oleh proses pencernaan alami. Jadi jangan panik ya, Moms.

Tetapi jika kondisi tersebut tidak nyaman, Moms juga bisa membantu Si Kecil untuk mengeluarkan duri ikan tersebut.

Yuk Moms, perhatikan dulu berbagai cara mengatasi anak keselek duri berikut:

1. Menelan Kepalan Nasi

3 Cara Mengatasi Anak Keselek Duri 1.jpg

Foto: Freepik.com

Cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak yang satu ini memang sudah tidak asing, dan mungkin sudah dilakukan secara turun temurun sejak jaman kakek dan nenek Moms dahulu.

Untuk melakukannya, ambil nasi secukupnya lalu kepal hingga menjadi berbentuk bola yang agak padat tapi ukurannya tidak terlalu besar. Setelah itu minta Si Kecil menelan kepalan nasi sekaligus tanpa dikunyah.

Kepalan nasi akan memberikan berat pada tulang, sehinga bisa dengan mudah terdorong turun ke bawah. Selain dengan nasi, Si Kecil juga bisa menelan roti yang sudah sedikit dicelupkan ke dalam air.

Baca Juga: Tersedak Duri Ikan, Ini Cara Mengatasinya

2. Menelan Potongan Pisang

3 Cara Mengatasi Anak Keselek Duri 2.jpg

Foto: Freepik.com

Tekstur pisang yang agak keras dan lengket setelah dikunyah juga dikatakan menjadi cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak yang ampuh.

Melansir Healthline, layaknya marshmallow, pisang memiliki tekstur legit yang bisa meraih tulang ikan dan menariknya ke dalam perut.

Cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak dengan pisang cukup mudah, ambil satu gigitan besar pisang dan tahan di mulut setidaknya selama satu menit. Ini akan memberinya kesempatan untuk menyerap air liur. Kemudian menelannya dalam satu tegukan besar.

Baca Juga: Bahaya Tersedak Bagi Otak dan Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

3. Minum Minyak Zaitun

3 Cara Mengatasi Anak Keselek Duri 3.jpg

Foto: Freepik.com

Minyak zaitun bisa berfungsi sebagai lubrikan atau pelumas alami, yang akan melapisi tenggorokan dan tulang ikan sehingga dapat menjadi cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak berikutnya.

Untuk mengatasi keselek duri pada anak, Si Kecil bisa menelan 1-2 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, lakukan gerakan menelan atau batuk supaya tulang ikan bisa bergerak dan lepas dari tempat tersangkutnya.

Baca Juga: Mengagumkan! Anjing Ini Selamatkan Nyawa Bayi Tersedak

4. Menelan Marshmallow

marhsmallow.jpg

Foto: Freepik.com

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi marshmallow yang lengket dan besar mungkin adalah solusi yang Momms utuhkan sebagai cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak.

Si Kecil hanya perlu kunyah marshmallow secukupnya untuk melunakkannya, lalu telan dalam satu tegukan besar. Zat lengket dan manis itu meraih tulang dan membawanya ke perut sehingga membuat tenggorokan nyaman kembali.

5. Minum Air Garam

o-SALT-facebook.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Minum air garam juga bisa menjadi cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak. Si Kecil dapat minum segelas air hangat yang telah ditambahkan sejumput garam.

Apabila tulang ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan.

Akan tetapi, jangan terlalu banyak minum air garam, ya.

Jika sekali teguk duri tulang ikan masih menyangkut di tenggorokan, coba cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan dengan cepat yang lain.

Baca Juga: 8 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan, Lho!

6. Menelan Roti dan Air

roti keset.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menelan roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga menjadicara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak dengan cepat.

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan ini akan membuat tulang ikut menempel pada roti yang lengket. Menelan roti akan mendorong duri masuk ke dalam saluran pencernaan.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Jika berbagai cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak tidak berhasil, Moms harus menemui dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk mengatasi hal ini.

Mengutip Medical News Today, jika tulang tetap tersangkut di kerongkongan, dapat menyebabkan beberapa komplikasi, termasuk robeknya kerongkongan. Pada kesempatan langka, komplikasi ini dapat mengancam jiwa.

  • Jika Si Kecil mengalami salah satu dari berikut ini, mereka harus mencari perhatian medis segera:
  • nyeri di dada
  • bengkak atau memar
  • tidak bisa lagi makan dan minum
  • meneteskan air liur

Umumnya, dokter dapat mengangkat tulang dengan cepat. Dalam beberapa kasus, mungkin dibutuhkann endoskopi untuk menemukan tulang dan mengeluarkannya. Selama endoskopi, dokter menggunakan tabung tipis panjang dengan kamera di salah satu ujungnya untuk memeriksa tenggorokan.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Ingat ya Moms, semua cara mengatasi anak keselek duri di atas hanya boleh dilakukan untuk duri yang berukuran kecil dan tidak tajam saja. Kalau Moms menduga duri yang tersangkut berukuran besar, tajam, atau keras, sebaiknya langsung bawa Si Kecil ke rumah sakit.

Menurut saran pencegahan dari Dr. Gan Eng Cern, dokter spelsialis THR dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Si Kecil harus diajarkan untuk memakan nasi dengan ikan berduri secara terpisah, tidak makan atau tertawa saat makan ikan, dan menyiangi duri ikan di piring sebelum menyuapkan ke mulut.

Apa Moms pernah mencoba cara menghilangkan duri di tenggorokan pada anak lainnya?

  • https://www.healthline.com/health/fish-bone-stuck-in-throat
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/326739#complications
  • https://journals.lww.com/em-news/fulltext/2001/08000/fish_bones_in_the_throat.7.aspx
  • https://healthcare.utah.edu/healthfeed/postings/2019/08/fishbone.php
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait