Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
25 Mei 2020

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Anak

Ada manfaat apa di balik keunikan rasa rumput laut?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Intan Aprilia

Di balik rasanya yang khas, berbagai manfaat rumput laut rupanya sangat baik untuk tubuh dan kesehatan anak lho, Moms.

Menurut studi yang dilansir National Institutes of Health, lingkungan tempat tumbuh rumput laut memberikan kombinasi kandungan nutrisi yang istimewa, seperti mineral, asam lemak omega-3, asam amino esensial, vitamin A, B, C, dan E, serta lainnya.

Manfaat Rumput Laut untuk Anak

Yuk Mom, baca sampai selesai untuk tahu lebih banyak tentang manfaat rumput laut.

1. Mendukung Kesehatan Otak

5 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak 1.jpg

Foto: thesimpleketo.com

Rumput laut adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 non-hewani, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh anak yang menjalankan pola makan vegan atau vegetarian.

Asam lemak omega-3 telah diketahui berperan penting dalam mendukung kesehatan dan fungsi otak anak yang masih dalam masa perkembangan.

Selain itu, asupan omega-3 juga diketahui bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala ADHD dan asma, serta meningkatkan kualitas tidur Si Kecil.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Makan Rumput Laut di Usia 6-12 Bulan?

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

5 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak 2.jpg

Foto: ohmyfoodrecipes.com

Studi lain dari Journal of Applied Phycology melaporkan kalau makanan jenis algae seperti rumput laut memiliki kandungan serat pangan yang tinggi, sekitar 23%-64% berat keringnya.

Ditambah dengan kandungan sejenis gula bernama sulfated polysaccharide, menjadikan rumput laut salah satu sumber makanan yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di usus sekaligus mendukung fungsi pencernaan yang sehat.

Dengan pencernaan yang sehat, sistem kekebalan tubuh akan berfungsi dengan optimal dan nutrisi dari makanan bisa diserap dengan maksimal.

3. Membantu Menjaga Berat Badan

5 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak 3.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Menambahkan rumput laut ke dalam makanan anak beberapa hari dalam satu minggu bisa membantu mencegah obesitas dan menjaga berat badan idealnya lho, Moms.

Terutama karena ada kandungan serat pangan yang tinggi dalam rumput laut untuk membantu Si Kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak gampang lapar dan banyak ngemil.

Beberapa penelitian, termasuk yang dilansir National Institutes of Health, bahkan menyebut kandungan senyawa bernama fucoxanthin membuat rumput laut memiliki efek anti obesitas.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sushi, Perhatikan 3 Hal Ini!

4. Melindungi Fungsi Jantung

rumput laut

Foto: dawn.com

Rutin makan rumput laut rupanya juga bisa melindungi Si Kecil dari risiko berbagai penyakit jantung saat ia tumbuh dewasa nanti.

Selain karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, kandungan sejenis karbohidrat bernama fucan dalam rumput laut juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Melindungi Tubuh Secara Menyeluruh

5 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak 5.jpg

Foto: pickledplum.com

Manfaat rumput laut yang satu ini juga tidak kalah penting, Moms. Sebagai salah satu makanan yang mengandung beragam vitamin (A, C, dan E) dan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan fucoxanthin, rutin makan rumput laut dapat melindungi sel tubuh anak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh Si Kecil bisa bekerja dengan optimal dan ia lebih terlindungi dari berbagai penyakit yang bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Baca Juga: 3 Aturan Memberikan Camilan untuk Anak Supaya Tetap Sehat

Ingat ya Moms, karena kandungan iodinnya yang tinggi, rumput laut sebaiknya disajikan dengan makanan lain yang mengandung goitrogen seperti tahu, tempe, susu kedelai, serta sayuran renyah dan berdaun hijau (brokoli, kembang kol, bok choy, dan semacamnya).

Untuk mendapatkan manfaat rumput laut yang optimal, selalu pilih produk rumput laut yang organik dan tidak mengandung banyak MSG.

Nah, apa Moms punya resep hidangan lezat berbahan rumput laut?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait