Kesehatan

KESEHATAN
9 Januari 2020

4 Jenis Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Hati-hati! Jika tak ingin bau mulut setelah minum, hindari jenis minuman ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Waspadai minuman yang menyebabkan bau mulut berikut ini. Saat kita bicara dan teman-teman mulai menjauh dengan mimik muka yang mencurigakan, sadarlah! Bisa jadi, napas kita bau.

Kebanyakan, orang sibuk menghindari makanan tertentu, seperti bawang putih dan bawang bombai, yang dapat menyebabkan bom bau di mulut. Tetapi, ada juga minuman yang bisa membuat bau mulut setelah minum.

“Bau mulut biasanya berasal dari salah satu dari tiga hal: Refluks asam dari perut; infus pasca hidung dari saluran udara; dan zat yang disebut senyawa sulfur volatil (VSC - Volatile Sulphate Substance), di dalam mulut.,” jelas Drg. Gigi Meinecke, dari Akademi Kedokteran Gigi Umum di Potomac, Maryland, AS.

Mulut adalah rumah bagi spesies bakteri yang bertahan hidup dengan mengonsumsi bekas makanan yang Moms makan. Saat bakteri mencerna sisa makanan itu, mereka menghasilkan VSC yang berbau busuk dan bertanggung jawab atas bau mulut kita.

Jenis Minuman yang Menyebabkan Bau Mulut

Jenis Minuman Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut 02 freepik com.jpg

Foto: freepik.com

Tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup (kurang lebih 2 liter per hari) adalah cara menjinakkan bau mulut yang ampuh. Tetapi, asal tahu saja, tidak semua cairan diciptakan sama.

Beberapa minuman malah akan memberi bakteri yang menghasilkan VSC dan mengintensifkan bau mulut. So, minuman apa saja yang justru bisa mengakibatkan bau mulut setelah minum?

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Bau Mulut saat Hamil di Sini

1. Kopi

Dosis Kopi yang Boleh Dikonsumsi Setiap Harinya - dosis aman.jpg

Foto: pixabay.com

Jutaan orang mungkin menyukainya, tapi banyak yang tidak suka efek bau mulut setelah minum kopi. Sebut saja, nafas kopi! Kopi mengandung sulfur tinggi, yang bisa berkontribusi menimbulkan bau mulut.

2. Teh

Obat kolesterol alami tradiional - teh.jpg

Lantas, bagaimana kalau kita menukar kopi dengan teh? Editor nutrisi kesehatan NBCnews, Cynthia Sass, MPH, RD, malah mengajak untuk berpikir lagi. Sebab, ia juga mengandung kafein.

"Terlalu banyak kafein dapat mengeringkan mulut Anda. Saat mulut kering, bau meningkat. Karena, air liurlah yang membantu membersihkan bakteri dan partikel makanan yang menyebabkan bau mulut, " ungkapnya.

Baca Juga: Bingung Menegur Suami Bau Badan atau Bau Mulut? Begini Caranya!

3. Alkohol dan Soda

Jenis Minuman Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut! 02.jpg

Foto: freepik.com

Dalam sebuah penelitian pada bulan April 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Microbiome, para peneliti memeriksa bakteri dari sampel ludah yang diambil dari lebih dari 1.000 orang sukarelawan sehat antara usia 55 dan 84 tahun. Dari sana, mereka menemukan konsentrasi bakteri "jahat" yang menimbulkan bau mulut dan beberapa penyakit gusi. Pemicunya adalah minum alkohol.

“Selain mengubah bakteri di mulut, alkohol juga dapat memicu refluks asam, yang menyebabkan asam lambung merayap naik ke tenggorokan. Dan, semua juga tahu, asam itu memiliki bau," tambah Sass.

4. Soda

Minum soda.jpg

Minuman lain yang juga bisa memicu bau mulut adalah soda. Sebab, soda mengandung gula dalam kadar tinggi yang menjadi makanan bakteri dan asam.

“Selain dalam alkohol, asam juga terdapat di dalam soda dan minuman bergula lainnya yang membuat bakteri menggila. Tetapi asam adalah pemain utama dalam bau mulut. Keasaman mengeringkan mulut Anda, dan akhirnya menyebabkan bau mulut, kata Drg Meinecke.

Baca Juga: Harap Diperhatikan, Ini Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut!

Nah, itulah aneka minuman yang bisa menyebabkan bau mulut, Moms. Coba dikurangi dan lebih bijaksana lagi dalam mengonsumsinya, yuk.

(RYO/DIN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait