Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Persiapan Melahirkan | Jan 25, 2019

4 Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan di Trimester Ketiga Kehamilan

Bagikan



Memasuki trimester ketiga adalah hal yang cukup menegangkan. Untuk menyiapkan kelahiran bayi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di trimester ketiga.

Selain buruk untuk tumbuh kembang janin, ada banyak risiko bahaya yang mengintai mengingat perut Moms yang semakin membesar.

Baca Juga : Rahasia tetap Aman dan Sehat Babymoon di Trisemester Akhir Kehamilan

1. Tidur Telentang

giantmommy.com

Moms pasti punya posisi tidur yang nyaman. Ketika Moms sedang mengandung dan dalam masa trimester ketiga posisi terlentang merupakan posisi yang kurang direkomendasikan bahkan cenderung berbahaya.

Menurut America Pregnancy Association (APA), posisi tidur terbaik untuk Moms yang sedang dalam trimester ketiga kehamilan adalah posisi miring ke sisi kiri dengan kaki ditekuk. Hal ini bisa membantu asupan darah dan nutrisi untuk Si Kecil.

Meletakkan bantal ekstra di bawah kaki, bawah perut, dan bagian atas juga bisa dilakukan untuk kenyamanan Moms saat istirahat.

Hasil Riset APA mengatakan posisi terlentang sangat berbahaya untuk Moms karena bisa menyebabkan sakit punggung, gangguan pernapasan, gangguan sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah dan penurunan sirkulasi ke jantung dan janin.

2. Mengangkat Beban Berat

newkidscenter.com

Hentikan kebiasaan mengangkat beban yang berat. Ternyata, mengangkat dan menggeser benda berat dapat menyebabkan nyeri punggung bawah yang pasti juga Moms sudah alami ketika dalam masa trimester ketiga kehamilan. Libatkan suami atau asisten rumah tangga untuk membantu pekerjaan di rumah.

Moms yang sudah punya anak pertama, pasti ingin sekali menggendong Si Kakak. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini di trimester ketiga.

Berikan penjelasan pada anak bahwa Moms sedang mengandung adik tercinta. Moms bisa mengganti momen menggendong anak dengan menemani ia bermain atau tidur. Hal ini akan membuat anak tetap merasa dekat.

Baca Juga : Mau Traveling Saat Hamil? Ikuti 5 Persiapan Berikut Agar Tetap Sehat

3. Makan Berlebihan

mirror.co.uk

Moms pasti udah sering mendengar anggapan bahwa perempuan hamil harus makan dua kali lebih banyak karena memberikan makanan untuk janin.

Pernyataan tersebut tidak selebihnya salah tapi janin butuh asupan yang tepat bukan asupan yang banyak.

Jaga makanan agar tak berlebih supaya berat badan tidak melonjak drastis. Jangan takut jika janin tidak kebagian makanan karrna tubuh kita akan menyuplai makanan sesuai dengan apa yang sudah Moms makan.

Makanan dengan aturan gizi yang tepat dan tidak berlebihan merupakan hal yang benar. Jangan lupa untuk mengikuti anjuran dari dokter karena kebutuhan gizi setiap orang mungkin berbeda.

4. Olahraga Berat

parents.com

Olahraga adalah hal yang penting. Moms yang sedang dalam trimester ketiga kehamilan jangan takut untuk berolahraga.

Namun perlu diingat jangan sampai melakukan olahraga terlalu berat. Lakukan olahraga ringan seperti perbanyak jalan di sekitar komplek.

Olahraga ringan akan memberikan supali oksigen yang baik untuk janindan memperlancar peredaran darah. Yang harus diperhatikan adalah keselamatan Moms dan juga janin. Olahraga ringan juga bisa membantu pernapasan Moms agar siap untuk melahirkan.

Nah itu dia tadi deretan hal yang tidak boleh dilakukan di trimester ketiga. Moms tetap harus mengikuti saran-saran dokter karena setiap kehamilan pasti berbeda.

Kalau Moms melakukan apa agar kehamilan tetap sehat di trimester ketiga?

(GSA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.