Parenting

PARENTING
14 Mei 2020

4 Permainan Anak Anti Bosan yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan

Coba dimainkan yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memasuki bulan puasa, aktivitas yang kita lakukan tentu terbatas. Apalagi saat ini kita berhadapan dengan yang namanya pandemi virus corona (COVID-19), yang terjadi di seluruh dunia.

Pandemi COVID-19 ini membuat kita harus melakukan social distancing dan tidak boleh beraktivitas di luar rumah, karena risiko terinfeksi COVID-19.

Baca Juga: 3 Bisnis Laris saat Bulan Ramadan

Mungkin buat kita orang tua, bisa memaklumi kondisi ini, namun untuk Si Kecil, ada kalanya mereka pasti merasa amat bosan karena tidak bisa bermain dengan teman-temannya seperti biasa.

Untuk mensiasatinya, Moms bisa mengajak Si Kecil bermain beberapa permainan yang seru agar Si Kecil tidak bosan.

Rekomendasi Permainan Anak di Bulan Ramadan

Apa saja permainan seru yang bisa kita mainkan bersama Si Kecil di bulan Ramadan ini? Yuk ditengok, Moms.

1. Bola Bekel

permainan anak di bulan Ramadan

Foto: duniamainananak.com

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan tradisional satu ini. Bola bekel bisa dimainkan di bulan Ramadan ini, namun permainan ini dilakukan secara berkelompok, baik itu anak-anak perempuan, anak laki-laki, maupun campuran.

Untuk menentukan urutan pemain biasanya dilakukan melalui gambreng tangan. Agar lebih seru, Moms bisa mengajak Dads untuk ikut bermain juga.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Permainan Anak Usia 2 Tahun, Menyenangkan!

2. Congklak

permainan anak di bulan Ramadan

Foto: tgrcampaign.com

Satu lagi permainan tradisional yang seru dimainkan hingga sekarang, dialah congklak. Siapa yang tidak tahu permainan anak satu ini, bisa dimainkan bersama Si Kecil sebagai penghilang bosan di bulan Ramadan ini lho, Moms.

Permainan ini memerlukan sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak. Jika tidak ada bisa diganti dengan biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil.

3. Monopoli

permainan anak di bulan Ramadan

Foto: giantbomb.com

Board games juga seru dimainkan bersama Si Kecil di rumah Moms. Cobalah bermain monopoli. Permainan papan ini bahkan paling terkenal di dunia, lho. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan, dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Setiap pemain akan melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya. Apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, maka pemain tersebut bisa membeli petak itu sesuai harga yang tertera.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sahur dan Berbuka Bagi Penderita Diabetes

Namun bila petak sudah dibeli pemain lain, maka harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan. Mudah kan?

4. Main Othello

permainan anak di bulan Ramadan

Foto: wikipedia.org

Satu lagi permainan board games yang seru dimainkan bersama anak di bulan Ramadan ini adalah Othello. Permainan asal Jepang ini menggunakan papan serta kepingan bidak hitam dan putih.

Masing-masing pemain Othello akan mewakili satu warna (hitam atau putih) yang akan digunakan dari awal hingga akhir permainan.

Pemenang Othello ditentukan dari jumlah warna batu terbanyak setelah 64 kotak pada papan permainan penuh atau tidak ada lagi batu yang bisa mengubah warna batu lain. Moms bisa mainkan ini berdua saja bersama Si Kecil. Seru banget kan, Moms?

Nah, dari beberapa rekomendasi permainan anak yang bisa dimainkan di bulan Ramadan di atas, permainan mana yang Moms inginkan?

Artikel Terkait