Scroll untuk melanjutkan membaca

PROGRAM HAMIL
30 Januari 2020

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil, Simak di Sini!

Posisi ini membawa sperma sedekat mungkin dengan leher rahim.
4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil, Simak di Sini!

Simak berbagai posisi seks yang bisa membantu program hamil Moms dan Dads di sini, yuk.

Dikutip dari dr. David Mayndra Utama, Sp.OG dari Klinik Fertilitas Bocah Indonesia, pada prinsipnya posisi hubungan seksual terbaik dalam program hamil adalah posisi yang membawa sperma sedekat mungkin dengan leher rahim sehingga mempermudah sel sperma mencapai sel telur dari wanita.

Berbagai Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil? 01

Foto: 4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil? 01

Berikut ini adalah posisi seks terbaik untuk program hamil yang bisa Moms dan Dads coba.

1. Posisi Misionaris

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 02

Foto: 4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 02

Pada posisi ini pria berada di atas dan berhadapan dengan sang wanita yang tidur di posisi telentang.

Dengan posisi telentang setelah ejakulasi sperma, maka diharapkan lebih banyak sel sperma yang tertahan di dalam dan masuk ke dalam rongga rahim.

Baca Juga: Tak Selalu dengan Hadiah, Coba 5 Posisi Seks Ini untuk Merayakan Ulang Tahun Suami

2. Posisi Seks dengan Kaki Wanita Terangkat

Posisi ini merupakan modifikasi dari posisi misionaris dimana pada posisi ini sama seperti posisi misonaris di mana pria dan wantia saling berhadapan dengan posisi wanita telentang.

Namun, kaki si wanita diangkat ke atas bersandar kepada bahu si pria sehingga posisi panggu wanita ikut sedikit terangkat ke atas.

Dengan posisi ini hasil akhir setelah ejakulasi, cairan sperma secara gravitasi akan tertahan di dalam liang vagina dan mempermudah masuknya sperma kedalam rahim.

3. Spooning

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 03

Foto: 4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 03 (goodfon.com)

Pada posisi ini, sang wanita berbaring miring dengan posisi panggul membentuk sudut hamir 90 derajat, sedangkan sang pria menghampiri dari belakang dalam posisi yang sama.

Dengan posisi ini, setelah cairan sperma diejakulasikan, posisi tubuh ibu yang miring akan membuat sudut gravitasi sedikit miring ke arah rahim, sehingga cairan sperma akan lebih lama bertahan dalam liang vagina dan gaya gravitasi akan mempermudah sperma masuk ke dalam rongga rahim.

4. Doggy Style

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 04

Foto: 4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 04

Pada posisi ini pria dalam posisi berlutut dengan sang wanita di posisi membungkukkan badan membelakangi sang pria.

Dengan posisi ini pada setelah ejakulasi sperma maka terdapat sudut vagina yang mengarah ke rongga rahim sehingga gaya gravitasi bisa membantu mempermudah sel sperma masuk ke dalam rongga rahim dan mencegah cairan sperma keluar dari rongga vagina.

Baca Juga: Ini Posisi Seks yang Tepat untuk Lebih Dekat dengan Pasangan

Faktor Lain yang Membantu Program Hamil

Posisi seks dan gaya gravitasi bukanlah merupakan satu-satunya faktor dalam mendapatkan kehamilan. Namun merupakan tahapan yang berkesinambungan dengan faktor-faktor lain yang bisa dicoba.

1. Orgasme pada Wanita

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 05

Foto: 4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 05

Meski masih merupakan kontroversi, namun secara teori orgasme pada wanita akan menimbulkan relaksasi pada otot rahim yang diharapkan akan mempermudah sel sperma masuk ke dalam rongga rahim.

Karena itu sebisa mungkin hubungan seksual mengutamakan sentuhan dan rangsangan yang bisa merangsang terjadinya orgasme.

2. Penghitungan Masa Subur

4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 06

Foto: 4 Posisi Seks yang Bisa Membantu Program Hamil 06

Selain teknik berhubungan seksual, maka waktu berhubungan seksual merupakan faktor yang sangat penting karena masa subur atau masa dilepaskannya sel telur dari indung telur hanya terjadi satu kali dalam setiap siklus menstruasi.

Waktu masa subur bervariasi antara hari ke 12 sampai dengan ke 16 dari siklus menstruasi.

Masa subur ini bisa ditandai dengan lendir serviks yang menyerupai putih telur lebih banyak di produksi, gairah seksual yang meningkat, suhu tubuh yang sedikit meningkat, maupun bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kesuburan dari kencing.

Baca Juga: Takut Menganggu? Ini 5 Posisi Seks Tenang Agar Tidak Terdengar Tetangga

3. Psikologi

Di samping semua teknik dan waktu yang telah disampaikan di atas, psikologi dalam berhubungan seksual atau bercinta merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya.

Pastikan setiap hubungan seksual didasari ketertarikan seksual dan romantisme yang tinggi dan bukan sekedar mencapai target mendapatkan kehamilan.

Sehingga, seluruh tubuh dan metabolisme hormonal di dalamnya benar-benar dipersiapkan untuk mengalami pengalaman seksual yang maksimal dan hormon-hormon yang mendukung tercapainya kepuasan seksual serta kesuburan benar-benar dilepaskan secara maksimal.

Itulah posisi seks yang bisa membantu program hamil Moms dan Dads serta hal-hal yang mampu mendukungnya. Yuk, Moms dan Dads, segera coba.

(*)

Artikel ini ditulis bekerja sama dengan Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.