Tren

TREN
5 April 2018

4 Trik Sederhana Membuat Ruang Belajar yang Nyaman

Ruangan belajar yang nyaman membuat anak lebih mudah berkonsentrasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Ruangan belajar menjadi faktor penting bagi proses belajar anak di rumah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk diperhatikan bagaimana membuat ruangan belajar yang nyaman bagi anak.

Adanya ruangan belajar yang nyaman, membuat anak bersemangat dan rileks saat belajar, sehingga mereka jadi lebih mudah menyerap berbagai pelajaran. Nah, ini dia 4 trik sederhana membuat ruangan belajar yang nyaman.

1. Meja Belajar yang Sesuai Tinggi Anak

shutterstock 298069817

Salah satu furnitur penting yang harus ada di ruangan belajar anak adalah meja dan kursi. Namun tidak sembarangan meja belajar bisa kita gunakan. Moms harus memerhatikan ukuran dan tinggi meja yang akan dipakai anak untuk menulis atau mengerjakan PR.

Pastikan tinggi meja setidaknya seukuran dada anak saat mereka duduk. Dengan ukuran ini, posisi mereka jadi tegap dan tidak perlu menunduk. Sediakan juga meja khusus yang menyediakan rak untuk keyboard komputer agar tangannya tidak pegal saat mengetik.

Baca juga: Agar Rumah Tak Berantakan, Yuk Ciptakan Tempat Bermain Anak di Rumah!

2. Rak Buku yang Menarik

shutterstock 265074335

Di dalam ruangan belajar, perlu juga menyediakan rak untuk menyimpan buku-buku. Moms bisa mengajak anak untuk memilih rak buku yang mereka inginkan agar mereka lebih semangat belajar.

Jika ruangan belajar tidak terlalu luas, Moms dapat memilih rak buku gantung agar menghemat tempat. Namun perlu diingat untuk menyesuaikan tinggi rak gantung dengan tinggi anak. Agar mereka bisa meraih buku sendiri kapanpun mereka butuh tanpa harus meminta bantuan orang lain.

3. Sirkulasi Udara

shutterstock 259834514

Saat anak belajar, mereka membutuhkan asupan oksigen yang banyak. Oleh sebab itu, ruangan belajar perlu sekali disediakan ventilasi agar perputaran udaranya lancar. Sirkulasi udara yang baik, dapat membuat tubuh dan otak anak bekerja dengan baik juga.

Baca juga: 8 Perabot yang Perlu Ada di Kamar Tidur Bayi

4. Sofa untuk Beristirahat Sejenak

shutterstock 298070159

Jangan memaksa anak untuk belajar dalam waktu yang lama karena akan membuat mereka tertekan dan kehilangan fokus. Oleh karena itu, perlu sekali mengarahkan anak untuk beristirahat sejenak saat pikiran mereka mulai lelah.

Nah, inilah kenapa keberadaan sofa di ruangan belajar menjadi berguna. Setiap kali anak merasa lelah, mereka bisa mengistirahatkan tubuh sebentar di atas sofa sebelum melanjutkan aktivitas belajar lagi.

Sudah siap menata ruang belajar untuk Si Kecil?

(OMI)

Artikel Terkait