Di atas 5 tahun

25 Mei 2020

5 Alasan Anak Kesulitan Belajar Membaca, Wajib Tahu!

Belum tentu karena masalah kecerdasan lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tahukah Moms, kalau ada banyak faktor yang bisa menjadi alasan anak kesulitan belajar membaca? Selain karena kecepatan perkembangan setiap anak yang tidak sama, juga bisa disebabkan perbedaan dalam cara kerja otak dan kondisi fisik.

5 Alasan yang Membuat Anak Kesulitan Belajar Membaca

Yuk Moms, cari tahu lebih banyak tentang berbagai alasan yang membuat anak kesulitan belajar membaca supaya bisa segera dicari solusinya.

1. Disleksia

5 Alasan Anak Kesulitan Belajar Membaca, Wajib Tahu! 1.jpeg

Foto: Homeschoolingwithdyslexia.com

Salah satu satu alasan anak kesulitan belajar membaca yang paling sering ditemui adalah disleksia, sebuah kondisi gangguan belajar spesifik yang mempengaruhi kemampuan anak untuk mengenali suara wicara dan menghubungkannya dengan huruf atau kata.

Menurut Child Mind Institute, anak disleksia memiliki kecerdasan normal tapi saat belajar mengalami kesulitan seperti sering tertukar huruf dan angka, kesulitan menyebutkan kata baru, tidak bisa menyebutkan kata dengan rima yang sama, atau kesulitan meniru tulisan.

Baca Juga: 5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Membaca

2. Optileksia

5 Alasan Anak Kesulitan Belajar Membaca, Wajib Tahu! 2.jpg

Foto: Scholastic.com

Sekitar 70% anak yang kesulitan belajar membaca juga rupanya memiliki kebiasaan optileksia atau whole-word sight-reading, dimana Si Kecil menebak kata berdasar ingatan dan bukan membacanya dengan mengeja.

Ciri khas anak yang membaca dengan optileksia adalah sering salah membaca kata pendek (terdiri dari satu atau dua suku kata), tapi bisa membaca kata panjang (lebih dari dua suku kata) dengan akurat.

3. ADHD

5 Alasan Anak Kesulitan Belajar Membaca, Wajib Tahu! 3.jpg

Foto: Educomics.org

Mengutip understood.org, karakteristik anak ADHD yang memiliki kesulitan dalam fungsi eksekutif seperti memori kerja, atau kemampuan untuk menyimpan dan menggunakan informasi dalam jangka pendek, juga seringkali menjadi kendala dalam belajar membaca.

Pasalnya, masalah pada memori kerja membuat anak kesulitan mengingat kata dan kalimat yang baru saja dibacanya.  

Baca Juga: Kapan Waktu Paling Tepat untuk Mulai Belajar Membaca?

4. Slow Processing Speed

5 Alasan Anak Kesulitan Belajar Membaca, Wajib Tahu! 4.jpg

Foto: Momjunction.com

Tahukah Moms, kalau otak setiap anak memiliki kecepatan berbeda dalam menerima dan mengolah informasi yang diterimanya?

Nah, anak dengan slow processing speed atau kecepatan pengolahan lambat sebenarnya memiliki kecerdasan normal, tapi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengolah informasi huruf saat belajar dasar membaca.

5. Gangguan Visual

5 Alasan Anak Kesulitan Belajar Membaca, Wajib Tahu! 5.jpg

Foto: Aucklandeye.co.nz

Kemungkinan lain yang jadi alasan anak kesulitan belajar membaca adalah adanya masalah visual, baik dalam bentuk masalah penglihatan maupun gangguan proses visual.

Anak yang mengalami masalah penglihatan seperti miopia atau rabun jauh akan menunjukkan tanda seperti membaca buku atau menonton TV terlalu dekat, memicingkan mata atau memiringkan kepala untuk melihat lebih jelas, atau sering mengucek mata.

Di sisi lain, kesulitan belajar membaca bisa pula disebabkan oleh gangguan proses visual yang membuat otak kesulitan mengolah informasi visual yang diterimanya. Contohnya: Sering tertukar antara huruf dengan bentuk yang mirip, sulit membedakan huruf besar dan kecil, atau kesulitan menelusuri kalimat di buku dengan jari.

Baca Juga: Mengenal Metode Fonik Untuk Bantu Balita Belajar Membaca

Untuk tahu secara pasti alasan anak kesulitan belajar membaca, sebaiknya Moms membawa anak ke psikolog atau terapis bahasa wicara untuk dilakukan evaluasi lebih akurat. Dengan begitu, bisa segera dicari intervensi yang efektif untuk mengatasi masalahnya.

Bagaimana menurut Moms, adakah kendala di atas yang ditemui Si Kecil saat belajar membaca?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait