2-3 tahun

2-3 TAHUN
8 April 2019

Balita Kepedasan? Coba Redakan Dengan 5 Cara Ini, Moms

Jangan salah kaprah, minum atau berkumur dengan air malah akan membuat rasa pedas terasa semakin hebat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat balita kepedasan, kebanyakan orang tua biasanya langsung refleks memberikan segelas air untuk menghilangkan rasa panas dan pedas di mulut Si kecil. Apa Moms juga begitu?

Sebelum membahas cara meredakan kepedasan, Moms harus tahu dulu kalau menurut Chris Gulgas, profesor kimia dari University of Cincinnati, rasa pedas berasal dari kandungan capcaisin dalam cabai.

Sayangnya tidak banyak yang tahu kalau minum dan berkumur dengan air putih, kopi, teh, atau soda untuk meredakan kepedasan justru akan membuat capcaisin menyebar dan membuat mulut tambah panas.

Lalu bagaimana cara cepat untuk meredakan kepedasan yang dirasakan balita? Yuk, baca sampai selesai untuk tahu jawabannya.

1. Minum Susu

balita kepedasan coba redakan dengan 5 cara ini, moms 1

Romper.com

Menurut American Chemical Society, kasein atau protein susu akan membantu memecahkan ikatan capcaisin dengan reseptor saraf di dalam mulut, sehingga rasa pedas cepat hilang.

Pilihan yang terbaik untuk mengatasi balita kepedasan adalah susu full fat dingin, tapi Moms juga bisa memberikan produk susu lain seperti yogurt atau es krim.

Baca Juga: 6 Kiat Dukung Perkembangan Kepribadian Balita

2. Makan Gula

balita kepedasan coba redakan dengan 5 cara ini, moms 2

Nutrino.co

Asupan gula memang harus dibatasi kalau tidak mau Si kecil rentan terkena obesitas dan diabetes, tapi gula bisa jadi penyelamat di situasi darurat saat balita kepedasan lho, Moms.

Untuk meredakan kepedasan, letakkan satu sendok gula di lidah balita lalu minta dia untuk mengemutnya selama beberapa saat sebelum ditelan atau dikeluarkan lagi.

Bila tidak ada gula, Moms juga bisa memberikan madu atau agave untuk menyerap capcaisin dan meredakan rasa pedas yang dirasakan Si kecil.

3. Makan Roti

balita kepedasan coba redakan dengan 5 cara ini, moms 3

Cloudninecare.com

Tidak ada susu atau gula? Berikan balita sepotong roti untuk dikunyah agar bisa menyerap capcaisin dan menghilangkan rasa pedas dan panas dengan cepat.

Nasi yang juga tinggi karbohidrat sebenarnya bisa jadi pengganti roti, tapi karena teksturnya yang kecil nasi tidak bisa menyerap capcaisin seefektif roti.

4. Berkumur dengan Minyak

balita kepedasan coba redakan dengan 5 cara ini, moms 4

Womansday.com

Capcaisin yang memiliki tekstur berminyak bisa lebih mudah dilepaskan dari reseptor syaraf dalam mulut bila berkumur dengan minyak nabati atau mengunyah bahan makanan berminyak seperti mentega atau selai kacang.

Baca Juga: Tangguh Sejak Kecil, Ini 4 Kiat Ajarkan Balita Belajar Dari Kegagalan

5. Kunyah Coklat

balita kepedasan coba redakan dengan 5 cara ini, moms 5

Parenting.firstcry.com

Nah, cara meredakan kepedasan yang terakhir ini dijamin tidak akan ditolak oleh balita yang kebanyakan pasti suka dengan coklat.

Saat balita kepedasan, berikan coklat batangan yang umumnya mengandung lemak dalam kadar cukup tinggi.

Menurut United States Department of Agriculture, coklat susu lebih efektif mengusir rasa pedas dan panas dalam mulut karena memiliki kandungan kasein dan lemak yang lebih tinggi ketimbang dark chocolate.

Itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan saat Si Kecil kepedasan. Apa Moms punya cara lain untuk mengatasi balita kepedasan?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait