Program Hamil

PROGRAM HAMIL
29 November 2019

5 Faktor yang Memengaruhi Kehamilan Anak Kembar

Semakin bertambahnya usia Moms, kemungkinan untuk hamil anak kembar juga bisa semakin meningkat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mungkin Moms menyadari beberapa tahun belakangan, kehamilan anak kembar semakin banyak terjadi.

Seperti dari kalangan selebritis mancanegara dan internasional, ada Syahnaz Sadiqah, Beyonce, hingga Amal Clooney.

Namun faktanya, tidak semua pasangan dapat memiliki anak kembar.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kehamilan anak kembar. Berikut ulasannya.

1. Keturunan

yang memengaruhi kehamilan anak kembar

Foto: parents.com

Cek apakah ada keluarga yang pernah memiliki anak kembar, karena hal ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kehamilan anak kembar.

“Jika dari keluarga pernah ada yang memiliki anak kembar, terutama keluarga di tingkat pertama, seperti Ibu dan Ayah Moms, hal ini akan meningkatkan peluang hamil kembar,” ungkap Dokter Kebidanan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Winnie Palmer, Christine Greves, M.D., seperti dikutip dari self.com.

Baca Juga: Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

2. Usia

yang memengaruhi kehamilan anak kembar

Foto: hellomagazine.com

Mungkin Moms sudah sering mendengar bahwa semakin bertambah usia, maka akan semakin sulit untuk hamil. Namun ternyata bertambahnya usia juga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kehamilan anak kembar.

“Saat usia 25 tahun atau memasuki 30 dan 40 tahun, siklus ovulasi tidak lagi teratur. Jika tidak teratur dan sedang ovulasi, maka kamu bisa berovulasi dengan dua folikel di saat yang sama,” ungkap Abdulla Al-Khan, MD, Direktur dan Kepala Pengobatan dan Pembedahan Ibu dan Janin di Hackensack University Medical Center, New Jersey, seperti dikutip dari webmd.com.

Baca Juga: Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Bayi Kembar

3. Perawatan Kesuburan

yang memengaruhi kehamilan anak kembar

Foto: todaysparent.com

Obat kesuburan biasanya bekerja dengan meningkatkan jumlah telur yang dihasilkan ovarium wanita.

“Jika menjalani in vitro fertilization, peluang untuk hamil kembar tergantung pada berapa banyak telur sedang ditanamkan,” ungkap Candice Wood, Dokter kandungan di Banner University Medical Center, Phoenix, Arizona, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Faktor yang memengaruhi kehamilan anak kembar ini bahkan bisa memberikan kesempatan untuk hamil kembar tiga atau lebih. Bahkan kehamilan anak kembar tiga atau lebih pun sebenarnya jarang terjadi secara alami, biasanya dihasilkan dari perawatan kesuburan.

Baca Juga: Apa Saja Faktor yang Memungkinkan Kehamilan Kembar?

4. Tinggi Badan

yang memengaruhi kehamilan anak kembar

Foto: abcnews.go.com

Faktor unik yang memengaruhi kehamilan anak kembar mungkin adalah tinggi badan. Ya, semakin tinggi badan Moms, semakin tinggi kesempatan untuk hamil anak kembar.

Tidak diketahui pasti apa alasan di balik faktor tinggi badan yang memengaruhi kehamilan anak kembar.

Namun sebuah teori dari Gary Steinman di tahun 2006 dalam The Journal of Reproductive Medicine menyebutkan bahwa wanita dengan badan tinggi (sekitar 1,5 meter atau lebih) memiliki faktor pertumbuhan menyerupai insulin yang dapat meningkatkan sensitivitas ovarium terhadap follicle stimulating hormone (FSH).

Hasilnya, Moms berpotensi melepaskan lebih dari satu telur setiap siklus yang memengaruhi kehamilan anak kembar.

Baca Juga: Tips Tetap Sehat Saat Hamil Bayi Kembar

5. Ras

yang memengaruhi kehamilan anak kembar

Foto: babycenter.com

Menurut Johns Hopkins Medicine, wanita dengan ras Afrika-Amerika merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kehamilan anak kembar lebih tinggi dibanding ras lainnya.

Wanita ras kaukasia, terutama yang berusia di atas 35 tahun juga merupakan faktor yang memengaruhi kehamilan anak kembar lebih dari dari dua (kembar tiga atau lebih). Wanita Asia dan penduduk asli Amerika masuk dalam peringkat terendah yang memengaruhi kehamilan anak kembar.

Itulah beberapa faktor yang memengaruhi kehamilan anak kembar. Jika Moms dan Dads berencana memiliki anak kembar, perlu diketahui juga faktor risiko kehamilan anak kembar dan berkonsultasi dengan Dokter.

GS

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait