Tren

17 Januari 2018

5 Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Bekerja

Yuk, ubah kebiasaan buruk menjadi kebiasan baik!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Lingkungan kerja adalah tempat yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitas diri. Di mana kita bisa bekerja secara maksimal di dalam pekerjaan, baik di depan bos atau pun di depan rekan kerja.

Namun, sadar atau tidak sadar, ada juga karyawan yang melakukan kebiasaan buruk dalam pekerjaan. Kebiasaan ini bermacam-macam bentuknya serta bisa merugikan diri sendiri dan perusahaan.

Di bawah ini ada 5 jenis kebiasaan buruk pekerja yang sebaiknya dihindari agar tidak menghambat karir kita di kemudian hari.

1. Tidak Tepat Waktu

5 kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan saat bekerja 1

Sering datang terlambat atau mengerjakan tugas kantor dengan terburu-buru hingga melewati batas waktu merupakan kebiasaan yang harus dihindari.

Jauhkan diri dari berbagai alasan yang dibuat-buat, seperti macet padahal terlambat bangun karena begadang atau tidak cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan padahal waktunya dihabiskan untuk mengerjakan hal yang tidak penting dan tidak fokus.

Sering terlambat dan tidak tepat waktu membuat kita sulit dipercaya bos atau atasan untuk mengerjakan pekerjaan yang penting.

2. Hobi Bergosip

5 kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan saat bekerja 2

Sering bergosip atau menyebarkan berita burung dalam pekerjaan merupakan tindakan yang tidak produktif dan tidak ada gunanya. Ini malah akan membuang-buang waktu yang harusnya bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Gosip-gosip yang tersebar juga dapat membuat lingkungan kerja tidak nyaman, karena kebenaran informasi yang beredar belum bisa dipastikan kebenarannya.

Baca Juga : 5 Cara Mengenyahkan Kantuk Saat Bekerja

3. Membawa Urusan Pribadi dalam Pekerjaan

5 kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan saat bekerja 3

Selalu membawa urusan pribadi sebagai alasan untuk tidak mengerjakan pekerjaan kantor dapat membuat kita kelihatan tidak profesional. Ini juga menunjukkan bahwa kita tidak fokus di pekerjaan.

4. Sering Mengeluh

5 kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan saat bekerja 4

Hampir setiap karyawan pasti pernah merasakan lelah, sakit, dan mood yang tidak baik. Namun, bukan berarti kita bebas mengeluhkan hal tersebut kapan saja di depan orang lain.

Kalaupun ingin mencurahkan perasaan-perasaan tadi, ceritakanlah pada orang yang terdekat untuk sedikit meringankan beban kita. Tetapi perlu diingat, ya, daripada menyampaikan keluh kesah, lebih baik kita menebarkan semangat positif kepada orang lain.

5. Tidak Bertanggung Jawab

5 kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan saat bekerja 5

Jangan lari dari tanggung jawab. Melakukan kesalahaan dalam pekerjaan memang wajar, asal setelahnya kita belajar untuk menjadi orang yang lebih baik. Jangan sampai demi melindungi diri sendiri, kita jadi melimpahkan kesalahan kepada orang lain.

(OMI)

Sumber Foto: Freepik.com

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait