18 April 2016

5 Cara Mengenyahkan Kantuk Saat Bekerja

Charge kembali tubuh agar lebih berenergi di tengah padatnya aktivitas

Selalu didera kesibukan yang tampaknya tak pernah usai? Mari alihkan sejenak perhatianmu dari rutinitas pekerjaan. Menurut penelitian secara ilmiah, istirahat singkat di kantor dapat memacu kreativitas, meningkatkan fokus, dan juga produktivitas.

Berikut ini adalah beberapa ide untuk melepaskan diri sejenak di sela-sela kesibukan

Take a walk

Dalam sehari, mungkin Anda melakukan marathon meeting selama berjam-jam. Pastilah ini menguras energi. Charging diri Anda dengan beranjak dari kursi dan berjalanlah ke luar gedung selama kurang lebih 15 menit. Kegiatan ini akan lebih menyenangkan jika Anda melakukannya di taman atau area hijau. Manfaatkan pula momen ini untuk meditasi agar otak kembali relaks. Selain itu, berjalan kaki juga merupakan salah satu latihan fisik ringan yang dapat melancarkan peredaran darah. So, let’s take a walk.

Socialize

Untuk satu kali pekerjaan besar yang selesai dituntaskan, hadiahi Anda dengan sedikit berbincang santai dengan rekan kerja. Jangan batasi topic pembicaraan, bisa buku terpopuler, film terlaris, artis paling sensasional, sampai event yang sedang hangat-hangatnya. Selain membuat Anda lebih santai, ini juga dapat meningkatkan ikatan social yang kuat di tempat kerja. Selain itu, kegiatan ini juga bisa meningkatkan produktivitas.

Read a Book or Two

Jika ada waktu senggang, Anda bisa membaca satu bab buku fiksi yang dimiliki. Konon, orang yang gemar membaca buku fiksi dianggap bisa lebih memahami orang lain, memiliki empati besar, dan bisa melihat dunia dari sudut pandang berbeda.

Take a Power Nap

Siapa bilang jika tidur siang hanya membuang waktu? Nyatanya, tidur siang justru akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dan kabar baiknya, power nap ini cukup dilakukan selama 20 menit sebelum pukul dua siang. Pilih tempat yang sunyi, tenang, dan redup. So, jangan lakukan ini di atas meja kerja Anda ya atau akan terkena tegur atasan.

Coffee time

Kapankan puncak kantuk biasa menyerang? Biasanya pukul tiga sore, bukan? Nah, untuk menyegarkan mata dan tubuh secara instan, Anda memerlukan seduhan teh atau kopi. Double up the freshness dengan berjalan ke coffee shop dekat kantor bersama teman. Saat kembali kerja, pikiran dijamin sudah segar kembali.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb