Parenting Islami

27 Oktober 2021

13 Rekomendasi Game Islami Anak, Belajar Agama lewat Permainan!

Jangan salah, game Islami anak ini membuat Si Kecil cinta agama dan mengasah kemampuannya lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam perkembangan dunia teknologi saat ini, banyak orang tua yang memilih game Islami anak. Salah satunya untuk mengenalkan Islam dengan cara yang lebih menarik.

Cara ini dipilih oleh para orang tua untuk memberikan informasi terkait keislaman, sekaligus juga mengembangkan kemampuan belajarnya.

Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan mencatat, terdapat banyak fitur game yang tidak hanya sebagai hiburan, namun juga dapat untuk mengasah daya pikir dan logika untuk anak usia dini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Game Memasak Seru di iOS dan Android

Rekomendasi Game Islami Anak

anak kecanduan main game coba 5 cara ini untuk mengatasinya 2

Foto: Orami Photo Stock

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini anak memiliki keterkaitan dengan penggunaan gadget, salah satunya untuk mencari hiburan dengan bermain game.

Untuk meminimalisir game yang memberikan konten negatif, orang tua dapat memilihkan dan mengenalkan game Islami anak untuk dimainkan oleh Si Kecil.

Ini tentunya akan memberikan keamanan dan nyaman untuk anak, dan juga tidak membuat orang tua was-was. Malah, anak juga bisa meningkatkan keimanan lewat game ini.

Dapat digunakan secara online dan juga offline, beberapa rekomendasi game Islami anak ini bisa menjadi pilihan bagi pengguna iOS maupun Android.

1. Marbel Muslim Kids

Game ini memiliki konten yang sangat bervariasi dan edukatif untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat belajar cara wudhu, belajar huruf hijaiyah, belajar shalat, hingga mengenal para nabi.

Game ini sangat menarik bagi anak karena dilengkapi dengan animasi, musik, dan narasi yang menarik sehingga akan membantu bahkan anak yang belum lancar membaca.

Ini dapat digunakan untuk melatih ketangkasan, kecerdikan, serta mengasah otak dan daya ingat anak. Game Islami anak ini dapat digunakan untuk anak berusia 2 sampai 8.

Baca Juga: Yuk Moms Ajak Si Kecil Belajar dengan 8 Game Manajemen Waktu!

2. Moslem Kids Puzzle

Permainan puzzle bernuansa ini menghadirkan konten yang sangat menarik bagi anak-anak. Orang tua dapat memilih gambar, tingkat kesulitan dan tingkat permainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Game sederhana ini mudah dioperasikan, dengan lebih dari 20 gambar bertema Islami seperti huruf hijaiyah, masjid, serta gambar lain seperti hewan.

Game ini bertujuan untuk mengasah ketrampilan kognitif, pemecahan masalah, sosial, dan motorik halus anak melalui permainan.

3. Rumah Amalia

Game ini memiliki sub-judul Fastabiqul Khairaat, yaitu sesuai dengan artinya untuk mengajarkan anak berlomba-lomba dalam kebaikan.

Melalui game yang dikembangkan pada tahun 2013 ini, anak akan dilatih untuk melakukan berbagai perilaku yang baik seperti seperti berdoa setiap saat, rajin belajar, merapikan tempat tidur sendiri.

Juga mengajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya, berbakti pada orang tua, dan memiliki akhlak yang baik.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Board Game yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga

4. Game Edukasi Belajar Iqro

Belajar Iqro kini semakin menyenangkan melalui game Islami anak ini. Game ini, memiliki gambar berwarna-warni dan audio untuk memudahkan anak belajar.

Anak juga dapat belajar membaca huruf hijaiyah mulai dari tingkatan yang paling mudah, yaitu Iqro 1 hingga pengenalan awal terhadap Alquran pada Iqro 6.

5. Marbel Doa Islam

Ini adalah game yang dikembangkan oleh Educa Studio yang berisi kumpulan doa dan zikir. Doa yang ada dalam game ini sangat lengkap, mulai dari doa shalat hingga doa dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat lebih dari 30 macam doa termasuk doa makan, doa tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, serta doa-doa lainnya.

Doa-doa tersebut ditampilkan dalam huruf Arab dan huruf latin lengkap beserta artinya. Game ini juga dilengkapi dengan bantuan audio untuk membantu cara pengucapan bagi anak.

6. Game Anak Sholeh

Game Islami Anak -1.jpg

Foto: Tipspintar.com

Berisi permainan edukatif, game ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan anak, dengan metode pembelajaran Islami yang menarik untuk anak.

Game ini berisi berbagai konten mulai dari tata cara wudhu, sholat, mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak, serta konten eduktaif lainnya.

Orang tua tidak perlu khawatir dengan kehadiran iklan-iklan yang tidak layak dilihat anak, karena game ini bebas iklan dan juga dilengkapi dengan fitur pendamping anak saleh.

Baca Juga: 7 Aplikasi Game Penghasil Uang, Wajib Coba!

7. Islamic Girl Puzzle Toddlers

Seperti namanya, game ini dibuat untuk anak perempuan dengan gambar latar belakang yang sangat Islami.

Game ini berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi anak melalui fitur suara dan visual. Dibuat dengan tampilan yang menarik bagi anak, sehingga game ini akan sangat menghibur bagi mereka.

Puzzle ini dapat dimainkan anak usia 2-3 tahun dengan cara yang mudah, yakni melalui petunjuk tombol yang ada dalam permainan.

8. Game Tajwid Petualangan

Game ini dapat membantu anak untuk belajar tajwid agar lebih lancar membaca Alquran dengan cara yang menarik. Dapat dimainkan dengan mudah, ini cocok menjadi sarana belajar sekaligus bermain.

Caranya, baca petunjuk permainan kemudian selesaikan misi. Dalam game ini juga terdapat contoh bacaan yang bisa dikumpulkan dalam menu koleksi.

9. Muslim Millionaire

Jika orang tua ingat kuis Who Wants to be a Millonaire, ada game yang mirip namun dengan versi Islami. Game ini memiliki banyak tentang pertanyaan seputar Islam dan terbagi menjadi 5 level.

Dari Level 1 sampai 3 masing-masing berisi 15 pertanyaan. Selain itu, ada juga level extreme yang terdiri dari 100 pertanyaan dan level 2 extreme yang memiliki 150 pertanyaan.

Baca Juga: Cara Bermain Game Among Us yang Ramai di Era Pandemi

10. Soleh Super Jump

Game Islami Anak -2.jpg

Foto: Googleplay.com

Kalau game Islami anak yang ini lebih besar kepada unsur hiburan dan ketangkasan. Sebab, ini mirip dengan game petualangan yang terkenal, Mario Bros.

Ini adalah game buatan Indonesia bisa dimainkan melalui karakter bernama Soleh. Akan ada berbagai tantangan yang harus dilewati oleh pemain hingga bisa menyelesaikan satu misi.

11. Cerdas Cermat Islami

Game Islami anak selanjutnya ini memuat konten pendidikan yang sekaligus bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendalami agama Islam.

Game ini hadir dengan antarmuka interaktif yang siap mengasah otak anak mengenai Islam melalui lebih dari 1.000 soal.

Beberapa soal yang terdapat dalam game Islami anak ini memiliki tema beragam seperti sholat, tauhid, wudu, puasa, sejarah, zakat, dan fikih.

12. Kuis Agama Islam

Sesuai dengan namanya, game ini menyediakan lebih dari 700 pertanyaan dari 5 kategori yang disediakan untuk dijawab.

Dengan game ini, anak akan dipaksa untuk menjawab dengan cepat karena ada waktu yang telah ditentukan. Menariknya, anak bisa mengetahui nilai sendiri dan nilai pemain lain secara online.

Jadi, jika anak tipe orang yang kompetitif, game anak Islami ini akan menambah semangat untuk bermain game ini sampai mendapatkan peringkat pertama.

13. TTS Islami 2019

Ada juga game TTS Islami 2019 yang akan cocok untuk penggemar Teka-Teki Silang. Meski termasuk game Islami anak, game ini bisa dimainkan untuk semua usia.

Wawasan tentang Islam sangat dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang ada di game ini. Meski begitu, game ini termasuk ringan sekali untuk kapasitas memori handphone.

Dari sederet rekomendasi game Islami anak ini, mana yang akan Moms pilih untuk diberikan kepada Si Kecil? Cerita di kolom komentar yuk!

  • http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/7
  • https://bp-guide.id/AXNn9Voq
  • https://jalantikus.com/tips/game-islami/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait