Parenting

2 Juli 2021

3 Tantangan Orang Tua Baru di Masa Pandemi dan Cara Mengatasinya, Catat!

Komunikasi adalah kunci terpenting dalam berumah tangga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Menjadi orang tua baru tentu bukan hal yang mudah. Ditambah di tengah era pandemi ini, tantangan orang tua baru kian bertambah dan terkadang menimbulkan permasalahan baru.

Sudah lebih dari satu tahun pandemi melanda Indonesia. Saat ini, pemerintah tengah menggencarkan berbagai program dan inisiatif berskala nasional guna mendorong kembali aktivitas ekonomi dan sosial hingga akhir 2021.

Tetapi, sebagai orang tua, berbagai skenario akan post-pandemic new normal seperti kembali bekerja di kantor, kegiatan bersosialisasi yang masih serba terbatas, hingga rencana bersekolah tatap muka, menjadi jajaran hal yang tentunya menyita perhatian dan menimbulkan dilema.

Lalu bagaimana cara Moms dan Dads harus mengatasi tantangan orang tua baru dari berbagai aspek? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Ketahui 8 Tips Mengasuh Anak di Tengah Pandemi COVID-19

Tantangan Orang Tua Baru

concerned-new-parents-holding-rocking-crying-baby.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lia Kurtz selaku VP of FMCG Category, Lazada Indonesia, mengungkap bahwa orang tua terus mencari petunjuk cara mengasuh anak yang ideal, terutama di masa transisi menuju post-pandemic new normal.

"Dari survey yang dilakukan Babyologist ke lebih dari 1300 orang tua di Indonesia, 60 persen mengaku khawatir jika anak menjadi sulit berinteraksi dengan orang lain akibat dampak dari minimnya interaksi di luar rumah, sedangkan 40 persen mengaku khawatir anaknya akan mengalami speech delay," katanya dalam webinar pada rangkaian acara LazBaby & Kids Festival, Selasa, 22 Juni 2021.

Tidak hanya permasalahan tumbuh kembang anak, orang tua juga dihadapkan dengan permasalahan hubungan akibat pola komunikasi yang berubah di era pandemi.

Masalah tersebut kian berat bagi para orang tua baru. Akibatnya, banyak Moms dan Dads yang rentan mengalami stres dalam menghadapi tantangan orang tua baru.

Baca Juga: Moms Tidak Sendirian, 4 Kecemasan Ini Biasanya Dialami Orang Tua Baru

Berikut adalah berbagai tantangan orang tua baru dan cara mengatasinya sesuai dengan pendapat ahli.

1. Suami di Rumah Bukan Berarti Tidak Bekerja

Tantangan orang tua baru dan mungkin hampir seluruh orang tua ketika menghadapi pandemi ini adalah terkait perubahan kebiasaan pasangan, terutama para suami.

Karena PSBB, maka kebijakan bekerja berubah menjadi Work From Home (WFH). Ketika suami di rumah saja dan WFH, sering muncul ekspetasi dari para Moms bahwa kini suami juga bisa membantu pekerjaan rumah.

Nah Moms, perlu dipahami kalau para Dads juga masih memiliki tanggung jawab walau di rumah saja, ya.

Kesalahan ekspetasi ini membuat tantangan orang tua baru semakin rumit, ketika Moms juga tidak mengkomunikasikannya dengan suami.

Oleh karena itu, ada baiknya bicarakan tentang apa saja yang suami bisa kerjakan, serta di waktu mana saja. Walau tidak sepenuhnya bisa membantu Moms, setidaknya Dads kini turut serta dalam aktivitas rumah

2. Terus Belajar Menjadi Orang Tua

Tantangan menjadi orang tua baru tentu suatu hal yang ingin Moms dan Dads lewati. Dalam proses mengenal dunia orang tua dan parenting, tidak ada salahnya untuk belajar dari berbagai sumber.

Moms dan Dads bisa membaca buku, mengikuti kelas khusus, hingga konsultasi ke konsultan pernikahan maupun parenting agar tantangan orang tua baru bisa dilewati.

Indra Noveldy, seorang Konsultan Pernikahan, menuturkan beberapa sudut pandang. Salah satunya adalah investasi ilmu untuk membangun keluarga pintar. “Kunci utama dari sebuah hubungan orang tua dan anak adalah mempelajari ilmu parenting yang dimulai dari awal sebelum memiliki anak,” jelasnya.

Ia melanjutkan, umur 0 sampai 7 tahun adalah golden years, dimana pertumbuhan dan perkembangan anak secara fisik dan emosional sangat berpengaruh dari lingkungan keluarga, terutama orang tua. Ini yang harus dipelajari oleh orang tua, jangan sampai ilmu yang belum cukup, emosi yang belum stabil dan aktualisasi diri belum sepadan dengan berkembangnya rumah tangga.

Baca Juga: Apa Itu Hypnoparenting dan Bolehkah Diterapkan pada Anak?

3. Saling Menguatkan di Berbagai Kondisi

Ada banyak perubahan baik secara emosional dan finansial di tengah era pandemi ini. Untuk menghadapi tantangan orang tua baru ini, Moms dan Dads harus saling menguatkan di segala kondisi.

Contoh, Moms yang baru saja melahirkan bisa saja mengalami baby blues syndrome dan tidak ada orang lain yang bisa membantu kecuali Dads.

Maka kehadiran Dads berperan penting, tidak hanya untuk kondisi Moms tetapi juga anak dan keluarga.

Begitu pula permasalahan kantor yang dihadapi Dads. Sepanjang pandemi, sudah ada ribuan kasus tentang cut off salary hingga PHK, yang tentu menjadi ketakutan sendiri bagi kepala keluarga.

Peran Moms sebagai penguat sangat dibutuhkan untuk memberi dukungan emosional.

Baca Juga: 5 Gadget untuk Mempermudah Tugas Orang Tua Baru

Nah itu dia Moms tantangan orang tua baru di masa pandemi. Semoga sebagai orang tua baru, kita selalu diberikan kekuatan ya. Semoga dapat menginspirasi!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait