Kesehatan

21 Agustus 2021

Cara Mencegah Kanker Payudara, Ini 21 Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Jaga pola makan agar tetap sehat ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang ditakutkan oleh wanita. Tidak mengherankan, kanker payudara dapat membahayakan kondisi tubuh pengidapnya dan bahkan bisa berakibat pada kematian. Untuk itu, Moms harus tahu beberapa cara mencegah kanker payudara.

Menurut studi yang diterbitkan oleh Nutrients, kanker payudara menjadi kanker paling umum dan ganas kedua di dunia, dengan lebih dari 2 juta kasus baru didiagnosis pada tahun 2018.

Masih dari jurnal yang sama menunjukkan beberapa faktor risiko penyebab kanker payudara, seperti faktor usia yang sudah tua, faktor genetik, menopause, usia kehamilan pertama di atas 30 tahun, penggunaan obat-obatan hormonal setelah menopause, tidak pernah menyusui, dan infertilitas.

Hal ini membuat banyak wanita yang ingin mengetahui cara mencegah kanker payudara.

Begini Cara Mencegah Kanker Payudara

Makanan untuk Cegah Kanker Payudara-1.jpg

Foto: wellness.com

Pencegahan kanker payudara bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Nah, menurut studi yang diterbitkan oleh World Cancer Research Fund/American Institute for Cancer Research, cara mencegah kanker payudara adalah mempertahankan berat badan yang sehat, aktif secara fisik, mengikuti diet kaya serat dan kedelai, dan membatasi asupan lemak khususnya lemak jenuh.

Menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu pencegahan kanker payudara yang efektif.

Faktanya, beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, lemak jenuh, daging merah, dan makanan olahan dianggap sebagai faktor risiko potensial alami kanker payudara.

Untuk itu, biasakan memiliki pola makan yang sehat agar terhindar dari penyakit kanker payudara.

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Mama Tahu

Daftar Makanan dalam Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara mencegah kanker payudara bisa mengganti makanan Moms dengan makanan plant-based, setidaknya itu menurut jurnal yang diterbitkan oleh Canadian Cancer Society.

Makanan yang berbasis pada nabati ini menekankan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Makanan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral serta phytochemical untuk melawan kanker.

Selain itu, pola makan plant-based ini juga rendah kalori dan lemak sehingga dapat membantu mengatur berat badan agar tetap ideal.

Moms, jangan lupa juga untuk memilih makanan yang diproses secara minimal agar tetap segar dan sehat dikonsumsi setiap hari.

Makanan dan minuman untuk cara mencegah kanker payudara adalah yang mengandung antioksidan yang tinggi.

Apa saja? Yuk, disimak di bawah ini!

Baca Juga: IUD, Kontrasepsi Aman untuk Wanita Tinggi Resiko Kanker Payudara

1. Kopi

Makanan untuk Cegah Kanker Payudara 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Para ilmuwan di Universitas Fudan di China, menemukan bahwa dengan minum satu cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hingga 3 persen

Cara mencegah kanker payudara dengan kopi sebaiknya tanpa gula ataupun tambahan susu ya, Moms.

Kopi juga memberikan efek lebih besar pada wanita yang menggunakan obat terapi hormon tamoxifen, yaitu pengobatan standar untuk pasien kanker payudara reseptor-positif estrogen.

Sebuah studi dari Lund University di Swedia, juga menunjukkan bahwa wanita yang minum dua atau lebih cangkir kopi per hari sambil minum obat, mampu mengurangi kemungkinan kambuhnya kanker payudara kedua.

2. Apel

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya bisa dengan mengonsumsi buah apel yang sudah matang bersama kulitnya, karena mengandung senyawa untuk melawan kanker.

Menurut penelitian Cornell University, triterpenoid dan phytochemical merupakan senyawa dalam kulit apel yang dapat menghambat atau membunuh pertumbuhan tumor dalam sel kanker payudara.

Baca Juga: Selain Kemoterapi, Inilah Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

3. Ikan Salmon

Makanan untuk Cegah Kanker Payudara 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Salmon adalah jenis ikan kaya omega-3 yang populer dan mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Peneliti China telah mengkaji 21 studi dan menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak tak jenuh (omega 3), mampu mengurangi hingga 14 persen risiko kanker payudara.

Hal ini dikarenakan, asam lemak omega 3 mempunyai sifat antiradang, yang bisa menurunkan kepadatan payudara pada wanita pascamenopause dan obesitas.

Hal ini sangat penting karena payudara yang padat bisa 6 kali lebih mungkin terkena kanker.

Berkat kualitas-kualitas tersebut, ikan salmon termasuk ke dalam makanan sebagai cara mencegah kanker payudara.

Baca Juga: Heboh Krisdayanti Suntik DNA Salmon, Ternyata Manfaatnya Segudang Lho!

4. Brokoli

Brokoli adalah keluarga sayuran silangan, yang juga termasuk kangkung, bok choy, kol, lobak dan kembang kol.

Nutrisi utama dalam kelompok sayuran ini mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Tetapi sebuah studi dari Roswell Park Cancer Institute menunjukkan bahwa makanan ini termasuk cara mencegah kanker payudara pada wanita premenopause.

Baca Juga: Bersiap untuk Indonesia Goes Pink, Waspada Kanker Payudara

5. Wortel

Makanan untuk Cegah Kanker Payudara 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga masuk ke daftar makanan cara mencegah kanker payudara.

Sejumlah besar karotenoid, sejenis pigmen pada wortel dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 28 persen.

Menurut sebuah studi dari International Journal of Cancer, alfa-karoten dan beta-karoten dalam wortel dapat menurunkan risiko pertumbuhan kanker payudara kedua dan kematian akibat kanker payudara sebanyak 68 persen.

6. Peterseli

Peterseli mengandung senyawa tanaman yang disebut apigenin.

Profesor Universitas Missouri, Salman Hyder menemukan tikus yang mendapat apigenin, mengembangkan lebih sedikit tumor dan mengalami keterlambatan signifikan dalam pembentukan tumor.

Sebenarnya para ilmuwan masih belum yakin berapa dosis apigenin yang tepat bagi manusia sebagai cara mencegah kanker payudara.

Namun, mereka merekomendasikan makan sedikit setiap hari.

Baca Juga: Ini Biaya yang Bisa Dihemat Jika Kanker Payudara Terdeteksi Sejak Dini

7. Teh Hijau

cara mencegah kanker payudara

Foto: Orami Stock Photos

Minuman yang bisa Moms konsumsi dalam sebagai cara mencegah kanker payudara adalah teh hijau.

“Minum tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara sebanyak 50 persen,” ungkap Dr. Kristi Funk, yang juga pernah menulis buku berjudul Breasts: The Owner's Manual.

Mengutip dalam Breast Cancer, teh hijau telah terbukti membatasi pertumbuhan sel kanker payudara dan jenis sel kanker lainnya.

Satu studi terhadap wanita Asia-Amerika menemukan bahwa mereka yang minum lebih banyak teh hijau lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker payudara.

8. Susu Kedelai

Susu kedelai juga efektif untuk cara mencegah kanker payudara lho, Moms. Cobalah konsumsi 2-3 porsi susu kedelai per hari atau bisa mendapatkan nutrisi yang sama dari tempe, miso, dan tamari.

Angka kanker prostat dan payudara lebih rendah di negara-negara Asia di mana makanan kedelai merupakan bagian rutin dari diet sehat secara keseluruhan.

Kedelai dalam bentuk pangan alami seperti tahu, edamame, dan susu kedelai aman dikonsumsi, bahkan bagi penderita kanker.

Cara mencegah kanker payudara ini bisa dicoba ya, Moms.

9. Makanan Tanpa Gula

Makanan untuk Cegah Kanker Payudara.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Standford Health Care berpendapat bahwa gula berlebih “memberi makan kanker”.

Meskipun hanya satu sendok gula saja untuk menambah rasa pada kopi hitam, lebih baik untuk konsumsi makanan atau minuman tanpa gula ya, Moms.

Direkomendasikan untuk tetap bijaksana memperhatikan seberapa banyak menambahkan gula ke pola makan.

Selain untuk cara mencegah kanker payudara, mengurangi makanan gula juga bantu mencegah obesitas dan diabetes yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 7 Makanan Rendah Kalori dan Lemak Tanpa Takut Gemuk

10. Gandum

Studi dalam National Center for Biotechnology Information menemukan makanan yang mengandung pati resisten (roti gandum utuh) dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Moms bisa memilih gandum hitam, jagung, bulgur, beras, dan barley ke dalam makanan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara lebih kecil.

Makanan ini memiliki nutrisi yang disebut fitokimia yang dapat menurunkan kemungkinannya kembali sel kanker.

Gandum juga dapat membantu melindungi dari penyakit kardiovaskular, lho.

Cara mencegah kanker payudara bisa dengan konsumsi biji-bijian lebih dari 7 kali seminggu.

11. Hindari Alkohol

menghindari alkohol

Foto: Orami Stock Photos

Alkohol merupakan faktor risiko yang kuat untuk pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara.

Terlepas dari manfaat resveratrol, fitokimia dalam anggur merah dan alkohol, para ahli merekomendasikan untuk menghindari alkohol dalam cara mencegah kanker payudara.

Disarankan untuk membatasi alkohol tidak lebih dari 2 porsi per minggu atau lebih bagusnya tidak sama sekali.

12. Suplemen Kalsium dan Vitamin D

Penting bagi wanita dari segala usia untuk mengonsumsi kalsium dan Vitamin D dalam jumlah yang cukup untuk cara mencegah kanker payudara.

Ini juga untuk menjaga kesehatan tulang, terutama bagi wanita pascamenopause karena peningkatan risiko osteoporosis.

Vitamin D sendiri memiliki manfaat kesehatan yang menjanjikan untuk tubuh.

Selain suplemen, kadar nutrisi yang sehat ini dapat dicapai dengan:

  • Mengkonsumsi produk susu rendah lemak, susu kedelai, ikan salmon, dan telur
  • Berjemur 10-15 menit sinar matahari langsung setiap hari sebagai tambahan suplemen kalsium

Karena kekurangan vitamin D sering terjadi dapat meningkatkan risiko kanker, Moms mungkin ingin meminta dokter untuk memeriksa tingkat darah kadar vitamin D dan kalsium dalam tubuh.

Sekitar 35-40 ng / mL dianggap sebagai tingkat yang optimal.

Baca Juga: Payudara Sakit Saat Hamil Berapa Minggu? Simak Jawabannya Berikut Ini!

13. Gaya Hidup Sehat

jalani gaya hidup sehat

Foto: runtastic

Cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan menjaga pola makan sehat yang sebaiknya dibarengi dengan gaya hidup yang sehat juga.

Alasannya, aktivitas fisik mampu mempertahankan berat badan yang ideal sehingga membantu mencegah kanker payudara.

Umumnya, orang dewasa harus melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit seminggu atau 75 menit aktivitas aerobik yang kuat setiap minggu, serta ditambah latihan kekuatan setidaknya 2 kali seminggu.

Selain itu, hindari paparan radiasi dan pencemaran lingkungan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

14. Membatasi Makanan Tinggi Lemak

Cara mencegah kanker payudara tak kalah penting dengan membatasi kadar lemak dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan ada beberapa makanan tinggi lemak yang sebaiknya dihindari untuk cara mencegah kanker payudara, antara lain:

  • Mentega
  • Produk susu lemak penuh
  • Kulit unggas
  • Daging berlemak
  • Minyak terhidrogenasi

Sebaliknya, sertakan lemak sehat seperti:

  • Minyak zaitun
  • Alpukat
  • Biji-bijian
  • Biji rami bubuk
  • Ikan berlemak (seperti salmon, mackerel, sarden)

Baca Juga: 17 Manfaat dan Jenis Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit

15. Sayuran Organik

manfaat sayuran organik dalam cara mencegah kanker payudara-2.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Apakah Moms pernah mencoba makan sayuran organik?

Sayur organik bisa jadi alternatif dalam cara mencegah kanker payudara lainnya.

Biasanya, sayuran organik ditanam tanpa menggunakan pestisida atau pembasmi gulma.

Satu studi menemukan, dengan mengonsumsi sayuran organik dan sehat, dapat mengurangi risiko kanker lebih rendah.

Hal terpenting lainnya adalah mencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan residu bahan kimia apa pun.

16. Teh Chamomile

Antioksidan yang ditemukan dalam teh chamomile telah dikaitkan dengan risiko kanker jenis tertentu yang lebih rendah.

Kamomil mengandung antioksidan apigenin.

Dalam penelitian, apigenin telah terbukti dapat melawan sel kanker, terutama dalam cara mencegah kanker payudara, saluran pencernaan, kulit, prostat, dan kanker ovarium.

Chamomile juga dikenal memiliki antiradang yang baik untuk kesehatan.

17. Biji Labu

Resep Sup Labu.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Fitoestrogen, kandungan dalam biji labu yang meniru hormon estrogen manusia dapat membantu cara mencegah kanker payudara menurut sebuah penelitian.

Sayuran labu rendah kalori dan merupakan sumber nutrisi yang mengurangi risiko obesitas, faktor utama penyebab kanker payudara.

Konsumsi biji labu telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker perut, payudara, paru-paru, prostat dan usus besar.

Jurnal Food Research International, menemukan bahwa ini adalah cara mencegah kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Baca Juga: November Jadi Bulan Kanker Paru, Kenali Gejala dan Jenisnya Berikut Ini

18. Terong

Polifenol dalam terong dapat membantu melindungi tubuh dari kanker.

Antosianin dan asam klorogenat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dalam jangka panjang, ini dapat membantu sebagai cara mencegah kanker payudara ataupun sel non kanker.

Tak hanya itu, terong adalah bahan yang sempurna untuk makanan rendah karbohidrat!

Ini tidak hanya rendah karbohidrat, tetapi juga tinggi serat, dan nutrisi tinggi.

19. Timun

manfaat-timun-rebus.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Timun (Cucumis sativus) termasuk dalam makanan cara mencegah kanker payudara selanjutnya. Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori.

Daging mentimun mengandung beberapa vitamin C dan vitamin A. Serta merupakan sumber lupeol dan lutein yang baik, keduanya telah terbukti memiliki risiko mengurangi pertumbuhan sel kanker.

20. Hindari Makanan Mentah

Makan makanan mentah dapat membuat jumlah sel darah putih menurun.

Tanpa cukup sel darah putih yang melawan infeksi tubuh, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Hindari makanan mentah seperti sushi dan daging merah sebagai cara mencegah kanker payudara.

Masak semua daging, ikan, dan produk hewani lainya ke suhu yang aman sebelum dikonsumsi, ya.

21. Diet Keto

diet keto - cara mencegah kanker payudara.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Diet ketogenik atau diet keto, adalah pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat yang belakangan ini cukup populer.

Tubuh secara dramatis mengurangi karbohidrat di mana ia dipaksa untuk membakar lemak yang tersimpan untuk energi.

Beberapa penelitian menunjukkan diet keto adalah langkah dalam cara mencegah kanker payudara, meski belum terbukti dapat mengobati kanker payudara.

Diet apa pun yang Moms coba harus mengandung keseimbangan nutrisi, protein, kalori, dan lemak yang sehat.

Terlalu ekstrim juga bisa berbahaya. Sebelum mencoba gaya diet apa pun, tanyakan kepada ahli diet dan dokter untuk memastikannya aman, ya.

Baca Juga: 4+ Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Itulah jenis-jenis makanan cara mencegah kanker payudara.

Jika Moms ingin menghindari penyakit ini, sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, ya.

Yuk, mulai hidup sehat untuk mencegah kanker payudara!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait