30 Maret 2018

5 Makanan yang Menjadi Musuh Ibu Hamil

Harus mengindari makanan-makanan ini saat sedang hamil

Menjalani pola makan sehat adalah hal penting untuk memastikan Moms dan janin mendapatkan nutrisi yang cukup tapi tidak membahayakan kesehatan keduanya. Namun hati-hati, tidak semua makanan yang sekilas tampaknya bernutrisi lantas layak dikonsumsi.

Beberapa jenis makanan justru tergolong tidak aman bagi ibu hamil dan sebaiknya dihindari.
Ibu hamil dan janin memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit yang ditularkan lewat makanan karena segala perubahan yang terjadi dalam tubuh saat hamil.

Sistem kekebalan tubuh juga melemah, sehingga lebih sulit untuk memerangi infeksi. Beberapa jenis bakteri, virus dan parasit memang bisa masuk ke dalam plasenta dan meningkatkan kemungkinan bayi terinfeksi karena sistem kekebalan janin belum sepenuhnya terbentuk untuk bisa memerangi bakteri berbahaya. Simak makanan yang untuk sementara harus Moms hindari selama hamil!

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?

1. Telur mentah atau telur setengah matang

20170728 sunny side up eggs vicky wasik 1500x1125
Foto: 20170728 sunny side up eggs vicky wasik 1500x1125

foto: seriouseats.com

Telur yang tidak diolah sampai matang bisa mengandung bakteri salmonella dan mengandung enzim yang bisa menghambat penyerapan nutrisi. Salmonella juga bisa menyebabkan keluhan demam, muntah, dan diare.

Namun ibu hamil masih bisa mengonsumsi telur jika dimasak benar-benar matang. Hindari juga salad dengan dressing buatan restoran dan adonan kue setengah matang.

2. Sushi

sushi laks nigri 1
Foto: sushi laks nigri 1

foto: theransomnote.com

Jika mengaku penggila sushi, terutama yang mentah, mungkin ini saatnya Moms libur dulu. Soalnya, sushi dari ikan mentah berisiko mengandung parasit.

Baca juga: Kenali Sumber Protein Penting Bagi Ibu Hamil!

3. Susu segar

preservative free raw milk
Foto: preservative free raw milk

foto: shutterstock.com

Minum susu segar saat Moms berada di peternakan memang tampaknya menyehatkan karena alami. Tapi susu yang tidak melalui proses pasteurisasi masih mengandung bakteri dan racun. Pastikan susu yang dikonsumsi sudah melalui proses pasteurisasi, ya.

4. Makanan laut

cold seafood platter 90608 2
Foto: cold seafood platter 90608 2

foto: taste.com.au

Ibu hamil memang membutuhkan omega 3 yang banyak terdapat pada makanan laut untuk perkembangan otak janin. Namun siapa yang bisa memastikan ikan yang kita beli bebas dari polutan?

Ikan, udang kecil, kepiting, dan kerang yang hidup di laut dangkal dan seringkali tercemar merkuri. Konsumsi makanan laut yang telah tercemar akan membuat daya tahan tubuh turun, serta masuknya logam berat akan menyebabkan kecacatan pada bayi.

Menurut panduan FDA, bumil bisa mengonsumsi 12 ons ikan per minggu dari jenis yang mengandung sedikit merkuri, seperti salmon, tuna, lele, dan udang.

Baca juga: Ngidam Makanan Saat Hamil? Begini Caranya Supaya Tetap Sehat

5. Makanan dan minuman instan

cab51a4df07d38c3abbb158c716770cab620a81c
Foto: cab51a4df07d38c3abbb158c716770cab620a81c

foto: thekitchn.com

Mie instan, bubur instan, atau bumbu instan kemasan untuk memasak nasi goreng sebaiknya juga dihindari dulu. Selain memiliki kadar MSG yang tinggi, kita juga tidak pernah tahu akibat dari bahan pengawet yang banyak digunakan dalam bahan makanan tersebut.

Pastikan untuk menghindari makanan-makanan ini selama hamil ya!

(BILNA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb