Newborn

23 April 2019

5 Pose Yoga yang Bisa Moms Lakukan Bersama Bayi

Mulai dengan gerakan paling mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Moms ingin mencoba melakukan yoga bersama bayi di rumah? Berikut adalah beberapa pose yoga bersama bayi di bawah 1 tahun yang dapat Moms lakukan bersama Si Kecil.

Namun, akan lebih baik jika Moms melakukannya di bawah pengawasan dan panduan dari pelatih yoga berpengalaman, yang dapat membantu memastikan pose yoga yang Moms lakukan bersama Si Kecil sudah benar dan aman.

Baca Juga : Faktor Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah dan Pencegahannya

1. Child pose (Balasana)

xx pose yoga yang bisa moms lakukan bersama si kecil 1
foto: feelgoodyogavictoria.com

1. Duduk berlutut (Vajrasana)

2. Tempatkan bayi di depan Moms

3. Membungkuklah sambil menghirup dan menarik otot-otot tubuh Moms

4. Regangkan lengan ke depan sambil menyentuh bayi

5. Pertahankan posisi selama sepuluh detik

6. Ulangi sebanyak lima kali. Secara bertahap dapat ditambah frekuensinya hingga 30 detik

“Pose yoga sangat mudah dan ringan ini dapat meringankan sakit kepala, leher, dan dada. Termasuk membuka dasar panggul, pinggul, dan punggung bagian bawah,” kata Val Minos, praktisi dan pelatih yoga bersertifikat di Flagstaff, Arizona, seperti dikutip dari Aaptiv.com.

“Pose ini juga membantu menghilangkan sakit punggung yang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Menambahkan latihan Kegel selama pose ini juga menjadi cara yang bagus untuk memperkuat kembali panggul yang melemah setelah proses persalinan.”

2. Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)

xx pose yoga yang bisa moms lakukan bersama si kecil 2
foto: shethriveswellness.com

1. Letakkan Si Kecil di perut atau paha depan Moms

2. Bergulinglah ke belakang

3. Tekan kaki ke tanah

4. Gunakan lengan Moms untuk menopang tubuh

5. Angkat pinggul tinggi-tinggi kemudian lepaskan dengan lembut

6. Ulangi

“Bridge pose sangat bagus untuk menghilangkan ketidaknyamanan tulang belakang,” kata Minos.

Menurutnya, pose ini dapat membuat kaki lebih kuat, meregangkan fleksor pinggul dan membuka bahu serta dada.

Pose ini juga dapat mengencangkan bagian-bagian tubuh itu setelah melahirkan sambil menghabiskan banyak waktu untuk duduk atau berbaring bersama Si Kecil yang baru lahir.

"Pose ini juga dapat membantu menghilangkan kecemasan yang dirasakan kebanyakan ibu baru," ujar Minos.

Baca Juga : Penting, Ini Dampak Bayi Lahir Berat Badan Rendah dan Penanganannya

3. Single Leg Lift (Uttanpadasana)

xx pose yoga yang bisa moms lakukan bersama si kecil 3
foto: lentavamatto.fi

1. Berbaring telentang di matras yoga atau permukaan lembut

2. Tekuk lutut Moms dan biarkan kaki Moms sejajar dengan lantai

3. Tempatkan Si Kecil di kaki Moms dan pegang tangannya

4. Angkat pundak Moms dari lantai dan cium Si Kecil

5. Ulangi gerakan ini 5-10 kali

Pose yoga ini sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat otot-otot inti di tubuh Moms.

4. Balancing table (Dandayamana Bharmanasana)

xx pose yoga yang bisa moms lakukan bersama si kecil 4
foto: insydo.com

1. Rebahkan Si Kecil di matras yoga

2. Posisikan tubuh Moms menghadap Si Kecil

3. Rentangkan tangan kanan Moms ke depan dan kaki kiri ke belakang

4. Lihat ke bawah, pandang dan lakukan kontak mata dengan Si Kecil

5. Ucapkan halo sambil mengubah posisi (tangan kiri ke depan dan kaki kanan ke belakang)

Pose ini bukan hanya membantu Moms melakukan peregangan seluruh tubuh, tetapi juga memperkuat ikatan dengan bayi.

Selain itu, dilansir dari Mother.ly, di tahun pertamanya bayi cenderung belajar bahwa dunia tidak hanya dipenuhi dengan cahaya dan suara.

Mereka belajar bahwa senyuman dapat memperoleh respons yang dapat diprediksi, terutama dari orang tua.

Sehingga menatap dan mengucapkan ‘halo’ pada bayi saat melakukan pose ini juga bermanfaat untuk membantu perkembangan keterampilan sosialnya.

Baca Juga : Tips Efektif Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

5. Boat Pose (Naukasana)

xx pose yoga yang bisa moms lakukan bersama si kecil 5
foto: babycastanonboard.com

1. Duduklah di lantai dengan kaki ditekuk di depan tubuh Moms

2. Pangku Si Kecil dengan posisi menghadap Moms

3. Bersandar atau berbaringlah telentang di matras yoga

4. Mulailah menghirup napas dan saat mengeluarkannya angkatlah dada dan kaki Moms dari lantai, sehingga kaki Moms sejajar dengan lantai

5. Jika perlu tekuklah lutut Moms dan jika Si Kecil tidak meresponsnya, regangkan lengan ke depan sejajar dengan mata dan kaki Moms

Pose ini sangat bermanfaat untuk membantu membuat perut Moms kembali langsing setelah melahirkan dan membantu memperkuat otot-otot punggung, jika dilakukan secara
teratur.

Nah, itulah beberapa rekomendasi pose yoga bersama bayi di bawah 1 tahun yang dapat Moms lakukan bersama bayi.

Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum Moms melakukan yoga bersama bayi dan lebih baik lakukan bersama bimbingan pelatih yoga berpengalaman.

(RGW/CAR)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait