Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Aug 1, 2018

5 Skill Kebersihan Diri Yang Harus Dikuasai Balita

Bagikan


Balita yang selalu aktif bergerak memang harus selalu dijaga kebersihan dirinya agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Mungkin akan terasa lebih mudah bila semua urusan kebersihan diri balita dilakukan oleh Moms, tapi menumbuhkan skill kebersihan diri balita juga tidak kalah pentingnya, lho.

Menurut Brett R. Kuhn, seorang psikolog anak dari Universty of Nebraska Medical Center, usia balita adalah waktu yang tepat untuk menumbuhkan kebiasaan menjaga kebersihan diri balita dengan baik.

Nah, berikut adalah beberapa skill kebersihan diri yang bisa Moms ajarkan pada balita.

Mencuci Tangan

Skill Kebersihan Diri Yang Harus Dikuasai Balita, anak mencuci tangan

joshysoapbars.com

Moms, salah satu skill kebersihan diri balita yang paling mendasar adalah mencuci tangan dengan bersih. Pastikan Moms terus mengingatkan balita untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, terutama setelah selesai buang air dan bermain di luar ruangan.

Menurut Center for Disease Control, mencuci tangan dengan air dan sabun jauh lebih baik ketimbang menggunakan hand sanitizer, karena bisa menghilangkan lebih banyak kuman dan lebih efektif ketika tangan terlihat kotor.

Moms perlu mengajarkan balita cara untuk mencuci tangan secara menyeluruh, termasuk bagian bawah kuku dan sela jari. Supaya lebih mudah, siapkan pijakan khusus untuk tempat berdiri Si Kecil, serta gunakan sabun cuci tangan berwarna cerah dan beraroma menyenangkan.

Baca Juga : Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

Mandi

Skill Kebersihan Diri Yang Harus Dikuasai Balita, anak mandi

bathfitternw.com

Demi alasan keamanan, balita memang sebaiknya tetap mandi dengan didampingi orang tua. Tapi Moms sudah bisa mulai mengajarkan Si Kecil tata cara mandi dan keramas yang benar, seperti membasuh badan dengan air, menggosokkan sabun ke seluruh bagian tubuh, lalu membilasnya.

Selain membiarkan Si Kecil membawa mainan yang tahan air, mandi sambil bermain dan bernyanyi juga akan membuat balita merasa bahwa menjaga kebersihan diri adalah kegiatan yang menyenangkan.

Menggosok Gigi

Skill Kebersihan Diri Yang Harus Dikuasai Balita, anak menggosok gigi

techinasia.com

Sejak berusia dua atau tiga tahun, balita sebenarnya sudah bisa diajari cara menggosok gigi secara lembut dengan gerakan sederhana seperti berputar, atas bawah, dan maju mundur. Moms, biasakan buah hati untuk menggosok gigi dan lidah setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu saat mandi pagi dan sebelum tidur.

Supaya semakin semangat, Moms bisa mengajak balita memilih sikat gigi berbulu halus serta pasta gigi anak dengan rasa dan aroma buah yang disukainya. Jangan lupa, tunjukkan takaran pasta gigi yang pas serta cara berkumur setelah menyikat gigi ya, Moms.

Baca Juga : 4 Tips Mengajarkan Balita untuk Gosok Gigi Sendiri

Menyisir Rambut

Skill Kebersihan Diri Yang Harus Dikuasai Balita, anak menyisir rambut

haakaa.co.nz

Sama seperti mandi dan gosok gigi, menyisir rambut juga menjadi bagian tak terpisahkan dari ritual kebersihan diri balita di pagi dan sore hari ya, Moms.

Dengan menggunakan sisir anak yang berujung lembut, ajarkan balita untuk menyisir rambutnya secara perlahan, sesuai dengan potongan rambutnya.

Sebagai langkah awal, Moms bisa memberikan contoh dengan menyisir rambut balita di hadapan cermin sambil menjelaskan setiap langkah yang dilakukan.

Etika Bersin dan Batuk

Skill Kebersihan Diri Yang Harus Dikuasai Balita, etika bersin dan batuk

romper.com

Meski terlihat sepele, etika bersin dan batuk juga penting untuk kebersihan diri balita. Moms bisa menunjukkan cara bersin dan batuk yang baik, yaitu menutupi mulut dan hidung dengan tisu agar kuman tidak berterbangan.

Ajarkan juga cara mengeluarkan ingus dari hidung dengan benar, yaitu menutup salah satu lubang hidung sambil secara perlahan menghembuskan udara dari lubang satunya, dan kemudian di lap dengan menggunakan tisu. Jangan lupa Moms, ingatkan balita untuk selalu membuang tisu di tempat sampah.

Menanamkan skill kebersihan diri balita memang tidak bisa dilakukan dalam semalam, tapi prosesnya akan semakin cepat kalau Moms rajin mengingatkan dan memberikan contoh.

Diantara semua skill kebersihan diri diatas, mana yang sudah bisa dilakukan oleh buah hati kesayangan Moms?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.