Jalan-jalan

31 Mei 2019

5 Wisata di Jalur Mudik Selatan yang Menarik Dikunjungi

Pernah mampir ke kebun bunga matahari di Jogja Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kalau kemarin kita sudah membahas wisata di jalur pantura, kali ini Orami akan membahas wisata apa saja yang bisa Moms dan keluarga datangi saat mudik ke kampung halaman lewat jalur selatan.

Wisata di jalur mudik selatan nggak kalah menarik dari wisata di jalur pantura lho Moms. Apalagi seperti yang kita tahu, kalau di jalur selatan ini medan jalannya naik turun pegunungan. Sudah terbayang ya Moms udara sejuk yang akan menyambut kita saat berwisata di kawasan selatan.

Mau tahu apa saja wisata di jalur mudik selatan yang menarik dikunjungi? Simak ya Moms.

1. Tasikmalaya – Kampung Naga

wisata mudik

Foto: sky-adventure.com

Setelah melewati Kota Bandung, kita akan sampai di Kota Tasikmalaya, di mana di kota ini terdapat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Kampung Naga. Kampung Naga terletak di perbukitan Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Kampung Naga merupakan kawasan desa adat yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik dan penduduknya masih mengikuti adat istiadat serta kearifan lokal dari para leluhurnya. Di Kampung Naga, Moms dan Si Kecil bisa melihat sekaligus merasakan betapa nyaman dan harmonisnya penduduk yang hidup di sini.

Oh iya Moms, berhubung kawasan Kampung Naga di Tasikmalaya ini masih merupakan tempat tinggal masyarakat setempat, Moms dan keluarga tetap harus menghormati dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan di sini ya.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Jika Mudik Pakai Mobil

2. Purwokerto – Baturraden

wisata mudik

Foto: travelingyuk.com

Memasuki provinsi Jawa Tengah, kota pertama yang akan dilewati adalah Purwokerto. Di kota ini, Moms dan Si Kecil bisa mampir ke objek wisata Baturraden yang terletak di kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas.

Selain kita bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah dan udara pegunungan yang sejuk, di Baturraden juga terdapat aktivitas yang cukup populer dan menarik untuk Moms coba yaitu berendam air hangat. Selain itu, di sini juga ada pijat refleksi dengan menggunakan belerang, cocok banget nih Moms bagi suami yang masih harus menyetir perjalanan jauh.

Harga tiket masuknya Rp15.000, namun belum termasuk biaya berbagai permainan di dalamnya ya Moms, seperti flying fox, pancuran telu, pancuran pitu, dan berbagai aktivitas permainan lainnya di sini.

Baca Juga: 5 Makanan Praktis Jika Terpaksa Buka Puasa di Jalan Saat Mudik

3. Kebumen – Goa Jatijajar

wisata mudik

Foto: travelspromo.com

Kebumen menjadi kota selanjutnya yang akan dilewati jika Moms dan keluarga mudik lewat jalur selatan. Di Kebumen, terdapat objek wisata yang juga menarik untuk dikunjungi oleh Moms dan Si Kecil saat mudik ke kampung halaman, yaitu Goa Jatijajar.

Di sini Moms dan Si Kecil bisa melihat keindahan goa yang luar biasa menakjubkan. Ratusan stalaktit dan stalagmit yang dihiasi cahaya lampu berwarna-warni akan membuat kesan yang tidak terlupakan saat melihatnya. Apalagi, harga tiket masuknya hanya Rp12.500 saja lho Moms per orangnya.

4. Yogyakarta – Kebun Bunga Matahari

wisata mudik

Foto: wedangkopiprambanan.com

Setelah sampai di Daerah Istimewa Yogyakarta, coba ajak Si Kecil untuk mampir sebentar ke Kebun Bunga Matahari yang berada di kawasan Pantai Samas. Lokasi tepatnya berada di Jalan Lintas Selatan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Di sini Moms dan Si Kecil bisa berfoto-foto dengan bunga matahari yang sedang bermekaran cantik. Moms pun hanya perlu merogoh kocek untuk biaya retribusi sebesar Rp5.000 saja untuk masuk ke dalam kebunnya. Murah kan Moms?

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Titipkan Dulu Hewan Peliharaan Di Sini

5. Pacitan – Pantai Banyu Tibo

wisata mudik

Foto: phinemo.com

Memasuki Provinsi Jawa Timur, coba sempatkan mampir ke Pantai Banyu Tibo yang ada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Walaupun pantai ini cukup jauh dari pusat Pacitan, sekitar 40 km dan butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan, namun terbayar dengan apa yang kita dapatkan di sini lho Moms.

Itu dia 5 wisata di jalur mudik selatan yang bisa Moms dan keluarga datangi saat melewatinya. Sebenarnya masih banyak wisata lainnya yang ada di jalur mudik selatan ini, tapi nggak mungkin dijabarkan satu per satu di sini ya Moms. Nah, jika Moms tahu, coba share di bawah ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait