Rupa-rupa

RUPA-RUPA
29 April 2020

6 Negara yang Sudah Longgarkan dan Hilangkan Lockdown

Negara mana sajakah itu?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pandemi virus corona (COVID-19) di beberapa negara sudah mereda. Karenanya, negara-negara tersebut pun mulai melonggarkan lockdown untuk mencegah penyebaran COVID-19 sebelumnya, bahkan ada yang menghilangkannya.

China adalah negara pertama yang menghilangkan lockdown.di Wuhan. Kota di China ini merupakan yang pertama kali menerapkan lockdown di dunia. Kebijakan lockdown di Wuhan telah dicabut pada 8 April lalu.

Baca Juga: Menekan Penyebaran Virus Corona, 6 Negara Ini Memutuskan Lockdown

Mengikuti Wuhan ada beberapa negara lainnya yang melonggarkan lockdown, sesuai dengan kebijakannya masing-masing.

Negara yang Melonggarkan atau Menghilangkan Lockdown

Siapa saja negara yang kebijakan lockdown-nya dilonggarkan atau dihilanglan? Yuk kita lihat.

1. Italia

negara yang longgarkan lockdown

Foto: reuters.com

Italia merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus positif COVID-19 terbanyak di dunia. Ia pula yang merupakan negara pertama yang menerapkan lockdown di Eropa pada 10 Maret lalu.

Meski begitu, Italia sekarang telah mengizinkan beberapa bisnis untuk dibuka kembali termasuk toko buku dan binatu. Pembukaan akan kembali dilakukan pada 14 April di beberapa daerah.

2. Jerman

negara yang longgarkan lockdown

Foto: bbc.com

Jerman pun mulai mengizinkan beberapa toko kecil untuk dibuka kembali pada Senin (20/04/2020). Lalu sejumlah sekolah akan mulai dibuka kembali pada 4 Mei mendatang secara bertahap.

Meskipun begitu Jerman tetap melarang untuk berkumpul di area publik dan tetap mengedepankan social distancing.

Baca Juga: 3 Negara ASEAN Ini Klaim Kasus Kematian Rendah COVID-19, Ini Langkah yang Dilakukan

3. Belanda

negara yang longgarkan lockdown

Foto: jta.org

Belanja juga masuk dalam daftar negara yang akan melonggarkan lockdown nya. Berdasarkan rencana, negara ini akan mulai membuka kembali aktivitas belajar-mengajar SD disana mulai 11 Mei 2020.

4. Austria

negara yang longgarkan lockdown

Foto: today.line.me

Menyusul setelahnya ada Austria yang juga melonggarkan kebijakan lockdown nya. Ribuan toko dilaporkan dibuka kembali pada Selasa (14/04/2020).

Austria bertindak cepat dengan menutup sekolah, bar, teater, restoran, sejak empat pekan lalu. Mereka juga meminta masyarakat untuk tinggal di rumah. Padahal angkat kematian di Austria akibat COVID-19 lebih kecil dibanding negara-negara Eropa lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Infeksi Virus Corona Novel (COVID-19), Berikut Tipsnya

5. Denmark

negara yang longgarkan lockdown

Foto: cntraveller.com

Pada konferensi pers hari Selasa (14/4/2020) Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen mengatakan secara perlahan kembali membuka pembatasan.

Salah satunya dengan mengizinkan anak untuk sekolah. Sedangkan tempat umum seperti gereja, bioskop, hingga pusat perbelanjaan masih tetap ditutup.

6. Israel

negara yang longgarkan lockdown

Foto: haaretz.com

Pada Minggu (19/4/2020), Israel mengizinkan pembukaan kembali sekolah untuk anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus, toko-toko di jalanan, dan dimulainya lagi pertemuan ibadah dalam skala kecil. Semuanya mulai berjalan kembali perlahan-lahan.

Itu dia Moms beberapa negara yang mulai melonggarkan kebijakan lockdown nya. Kita doakan semoga semua bisa semakin pulih seperti biasa ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait