Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Feb 11, 2019

6 Sayuran Berwarna Kuning yang Baik Untuk Kesehatan

Bagikan


sayuran berwarna kuning

Selain sayuran hijau, ternyata sayuran yang berwarna kuning juga baik untuk kesehatan. Sayuran berwarna kuning mengandung antioksidan, vitamin, serta komponen penambah kesehatan lainnya bagi tubuh. Tidak kalah menyehatkan kan Moms?

Apa saja sayuran berwarna kuning yang baik untuk kesehatan? Mari simak di bawah ini!

1. Jagung

Foto: digitaltrends.com

Tanaman berwarna kuning ini merupakan bahan pokok di banyak negara di seluruh dunia. Jagung kaya akan vitamin A, B dan E, serta banyak mineral. Biji kuning kaya seratnya membantu tubuh mencegah masalah pencernaan atau penyakit termasuk sembelit, wasir, dan kanker kolorektal.

Tak hanya itu, biji yang menempel juga mengandung phytochemical yang dapat menghentikan karsinogen dari menginfeksi sel. Biji jagung juga mengandung phytochemical yang menghentikan perubahan sel seperti kanker. 

Baca Juga: Yuk Makan 6 Buah Warna Merah Ini Supaya Makin Sehat!

2. Paprika Kuning

Foto: natureandnurtureseeds.com

Sebenarnya paprika kuning termasuk buah yang mengandung sejumlah kecil karbohidrat, protein, dan lemak. Paprika adalah sumber nutrisi, serat, antioksidan, serta folat yang merupakan zat pendukung fungsi sel darah merah.

Vitamin K yang ditemukan dalam paprika kuning jugasangat penting untuk membekukan darah. Selain itu, paprika juga kaya akan vitamin C yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh, energi, kesehatan kulit, perlindungan penyakit, dan penyembuhan luka.

3. Kentang

Foto: lovepotatoes.co.uk

Kentang bukan hanya makanan yang mengenyangkan, tetapi juga sangat baik untuk tubuh. Tak usah khawatir karena meskipun mengenyangkan, kentang tidak memiliki jumlah kalori yang tinggi. Kentang mengandung banyak nutrisi, termasuk niasin, asam pantotenat, vitamin C dan B6, mangan, dan fosfor.

Fosfor sendiri sangat penting bagi tubuh. Fosfor diperlukan untuk menjaga struktur membran sel dan produksi energi serta mineralisasi tulang.

4. Labu

Foto: snaped.fns.usda.gov

Labu mengandung lebih dari 200 persen dari jumlah vitamin A harian yang dianjurkan. Vitamin A baik untuk tubuh dan membantu menjaga penglihatan tetap tajam.

Seporsi labu yang sama juga mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Kacang Kuning

Foto: mypregnancytoolkit.com

Kacang yang satu ini mengandung sejumlah besar bahan kimia nabati yang melawan kanker, termasuk isoflavon. Selain itu, kacang kuning ini juga mengandung pitosterol yang menghalangi penyerapan kolesterol yang mengakibatkan penurunan kadar kolesterol darah serta membantu pengurangan risiko kanker.

Baca Juga: Tidak Disangka, 7 Sayuran Ini Sebenarnya Adalah Buah

6. Bit Kuning

Foto: pekareksproduce.wordpress.com

Sayuran akar berwarna kuning ini bukan hanya lebih bergizi tetapi juga lebih manis daripada bit yang berwarna merah mereka. Bit kuning dapat membantu ginjal membersihkan racun, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, bahkan mengobati kelelahan.

Seperti banyak buah dan sayuran berwarna kuning, bit kuning penuh dengan beta-karoten. Di dalam tubuh, beta-karoten diubah menjadi vitamin A. Vitamin A adalah nutrisi penting yang melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan.

Rupanya kandungan yang menyehatkan dalam sayuran kuning tak kalah ya Moms dengan sayuran hijau. Salah satu sayuran kuning di atas tentu favorit Moms, bukan?

(MDP)

 

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.