Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Food Trend | Apr 6, 2018

7 Makanan Legendaris Khas Bandung, Mana Favorit Moms?

Bagikan


Bandung memang memiliki banyak karisma yang membuat turis kembali datang, entah untuk wisata belanjanya, suasanya, atau makanannya.

Keberagaman kuliner Bandung yang dinamis tentu saja Kota Kembang ini sulit dilupakan. Meski banyak makanan modern yang disajikan, namun Moms dan Dads haruslah mencoba beberapa makanan khas Bandung yang legendaris.

Disebut legendaris karena beberapa alasan seperti makanannya sangat khas ala Bandung atau makanan tersebut hadir sudah sejak lama. Berikut makanan khas Bandung yang wajib Moms coba!

1. Roti gempol

foto: sportourism.id

Roti ini sebenarnya adalah roti bakar dengan berbagai topping. Hanya saja, keberadaannya ini sudah ada sejak tahun 60an. Sudah lama sekali ya?

Moms bisa menemukan roti gempol ini di jalan Gempol Wetan. Menu ini sangat cocok dijadikan alternatif sarapan dan diminum bersama teh panas.

Baca juga: Tak Disangka, Ternyata 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakan Pedas!

2. Lotek

foto: goodindonesianfood.com

Lotek memiliki bentuk serupa dengan gado-gado Jakarta, yakni berisi berbagai sayuran rebus yang dicampur dengan kuah kacang kental nan gurih.

Namun ada pembeda yakni isian lotek yang ditambah tempe goreng dan jenis sayuran lainnya. Salah satu yang terkenal dengan sajian loteknya adalah Lotek Kalipah Apo.

3. Mie kocok

foto: goodindonesianfood.com

Mie kocok Bandung berbeda dengan panganan mie lainnya. Mie langsung dicampur dengan kuah kaldu polos serta ditambah isian berupa babat atau sumsum. Meski kaldunya terlihat polos dan ‘bersih’ namun rasanya gurih dan ringan.

Makanan ini cocok disantap saat cuaca dingin atau hujan. Salah satu yang legendaris adalah Mie Kocok Benteng Mang Dadeng.

Baca juga: 10 Jenis Sambal Khas Indonesia, Suka yang Mana?

4. Cuanki

foto: foody.id

Kalau yang ini juga jadi camilan legendaris asli Bandung. Isinya berupa kuah kaldu gurih dengan bakso dan tentu saja cuanki.

Cuanki merupakan batagor yang direndam dalam kuah kaldu, rasanya tidak lagi garing namun jadi lembut. Topping-nya diberikan seledri iris dan bawang goreng. Moms harus mencoba cuanki di Cuanki Serayu, Jalan Riau.

5. Surabi

foto: tribunnews.com

Surabi memiliki rasa gurih ini sangat nikmat dimakan saat baru matang. Biasanya adonannya terbuat dari tepung beras atau terigu yang diaduk bersama telur, kemudian dipanggang.

Surabi original biasa disiram dengan kuah gula merah. Namun saat ini sudah terdapat berbagai topping, seperti cokelat, keju, green tea, telur, sosis, hingga oncom.

Baca juga: 6 Macam Nasi yang Cuma Ada di Indonesia, Sudah Coba Semua?

6. Kue balok

foto: foody.id

Kue balok ini bentuknya serupa dengan roti tawar, hanya saja teksturnya lebih padat. Dimasak menggunakan arang sehingga wangi dan rasanya lebih khas.

Nah, modifikasinya kini sudah bervariasi dengan berbagai topping. Tapi Moms masih bisa menikmati rasa original, yang salah satunya dijual oleh Kue Balok Kang Didit.

7. Lontong kari

foto: travelingyuk.com

Moms bingung mau sarapan apa di Bandung? Harus coba lontong kari nih! Lontong dengan siraman kuah daging yang gurih manis dan sedikit pedas.

Isiannya berupa lontong, telur, potongan daging dengan sedikit lemak, emping dan kacang. Dijamin langsung kenyang!

Tunggu apalagi, selamat berpetualang kuliner di Bandung!

(DNY)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.