3-5 tahun

25 Mei 2020

4 Aktivitas Fisik untuk Menjaga Anak Tetap Bugar selama Pandemi, Yuk Coba!

Moms bisa ajak anak beberes rumah juga, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika para orang tua work from home (WFH) dalam masa pandemi virus corona (COVID-19) ini, maka anak-anak sekolah juga learn from home atau belajar di rumah.

Selama masa belajar di rumah ini, orang tua harus memastikan bahwa aktivitas fisik adalah bagian dari rutinitas untuk anak-anak dan keluarga selama pandemi. Mengapa? Tentu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Si Kecil.

Baca Juga: 5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat WFH

Terlebih lagi, latihan dan aktivitas fisik sehari-hari dapat membantu siswa mengelola stres mereka dan lebih fokus pada pelajaran mereka.

Rekomendasi Aktivitas Fisik untuk Anak

aktivitas fisik untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Apa saja contoh-contoh kegiatan fisik yang bisa anak lakukan di rumah bersama orang tua? Yuk disimak, Moms.

1. Aktivitas di Luar Ruangan

Si Kecil paling suka melakukan aktivitas di luar ruangan. Apalagi selama ini anak pasti sudah banyak berdiam diri di rumah, baik itu untuk belajar maupun bermain dan bersantai. Tidak ada salahnya sesekali Moms ajak Si Kecil ke luar rumah, atau bermain di halaman belakang.

“Kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik misalnya, bermain petak umpet, bermain sepeda, sepak bola, dan atau basket,” jelas dr. Fransiska Farah, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

2. Ajak Anak Beres-beres Rumah

Momen di rumah saja ini bisa Moms manfaatkan untuk mengajari anak bagaimana caranya untuk membereskan rumah. Bahkan hal ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai aktivitas fisik untuk anak juga lho, tentunya dengan ditemani orang tua ya.

Baca Juga: 6 Olahraga Ringan Agar Badan Tidak Pegal Selama #DiRumahAja

Menurut dr. Fransiska, anak-anak dapat dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari Moms di rumah, seperti merapikan kamar, membantu ayah mencuci mobil, membantu ibu membersihkan ruangan rumah atau menanam tanaman obat di halaman. Pasti Si Kecil akan menyukainya.

3. Olahraga Keluarga

Moms juga bisa ajak anak untuk olahraga. Anak-anak akan lebih termotivasi untuk berolahraga jika seluruh keluarga berpartisipasi.

Jalan-jalan di sekitar taman kompleks, naik sepeda, badminton, sesi yoga di ruang tamu, atau bermain sepak bola di halaman belakang adalah beberapa contoh aktivitas fisik yang bisa dilakukan bersama keluarga.

4. Ikuti Kelas Online

Alternatif lainnya untuk memberikan kegiatan fisik bagi Si Kecil adalah dengan mempertimbangkan untuk mengikutisertakan anak dalam studio kebugaran atau pelatih pribadi dengan mendaftar kelas olahraga online atau sesi pelatihan.

Beberapa pelatih pribadi bahkan akan menyelenggarakan "kelas olahraga" virtual pribadi atau sesi pelatihan khusus olahraga untuk atlet muda yang ingin berolahraga di rumah.

Aktivitas yang cukup dalam waktu yang singkat, namun dilakukan setiap hari, dan juga bervariasi, akan membuat anak banyak bergerak dan sehat serta menghindari rasa jenuh ketika di rumah.

Baca Juga: 6 Kelas Online yang Bisa Moms Ikuti Selama PSBB, Jangan Takut Bosan!

Berapa Lama Anak Harus Melakukan Aktivitas Fisik?

aktivitas fisik untuk anak

Foto: soccertoday.com

Mengutip Department of Education New York City, anak-anak dan remaja harus aktif secara fisik setidaknya 60 menit setiap hari. Pendidikan jasmani dan aktivitas fisik penting karena mereka membantu anak muda tetap sehat dan waspada, dan dapat meningkatkan prestasi akademik.

Aktivitas dengan intensitas tinggi setidaknya 3 hari seminggu. Sedangkan aktivitas yang menguatkan otot dan tulang setidaknya 3 hari seminggu. Jadi pastikan Moms mengajak Si Kecil tetap bergerak ya.

Nah Moms, belajar di rumah tidak berarti Si Kecil tidak melakukan aktivitas fisik. Yuk ajak Si Kecil untuk tetap aktif bergerak demi kesehatannya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait