Parenting Islami

14 Januari 2022

Amalan Penarik Tamu dan Rezeki, Insya Allah Mendatangkan Hal Baik!

Salah satu amalan penarik tamu dan rezeki adalah dengan salat malam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Islam mengajarkan tentang keutamaan memuliakan tamu, sehingga terdapat pula amalan penarik tamu dan rezeki. Sebab, memuliakan tamu erat kaitannya dengan rezeki dan juga akhlak yang baik.

Penelitian IAIN Bengkulu mengungkapkan bahwa ada kaitan antara pendidikan Islam dengan memuliakan tamu. Yaitu akhlak yang baik, meningkatkan kepribadian yang bisa menghormati sesama muslim.

Sebab, saat menjadi tamu akan menunjukkan akhlak yang baik kepada tuan rumah sebagai ucapan terima kasih karena sudah diberikan jamuan.

Begitupun sebaliknya, saat menjadi tuan rumah diharuskan menyenangkan hati tamu. Itulah hal yang dicontohkan dalam pendidikan Islam menurut ajaran Rasulullah SAW.

Baca Juga: Rekomendasi Keramik Lantai untuk Ruang Tamu dan Dapur, Hunian Jadi Sedap Dipandang!

Memuliakan Tamu Akan Mendatangkan Rezeki

Amalan Penarik Tamu dan Rezeki -1.jpg

Foto: Alhasanah.sch.id

Memuliakan tamu menjadi amalan yang sangat disukai oleh Rasulullah SAW. Sebab, bertamu adalah bagian dari cara mempererat silaturahmi yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

Artinya: “Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR Bukhari)

Islam telah mengatur apapun yang dilakukan manusia, termasuk di dalamnya tentang memuliakan tamu. Agar bertamu dapat memberikan makna dan mempererat persaudaraan, Islam telah mengajarkan adab-adabnya.

Selain itu, memuliakan tamu juga akan membawa rezeki bagi orang yang melakukannya, oleh karena itu, terdapat pula amalan penarik tamu dan rezeki. Penyebabnya adalah beberapa hal berikut ini:

1. Rezeki Bisa Datang dari Mana Saja

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

(Wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrā)

Artinya: “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At-Talaq: 3)

Rezeki juga bisa datang lewat tamu. Oleh karena itu, saat umat muslim memuliakan tamu, sama saja dengan mengundang rezeki.

Baca Juga: Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Sederhana dan Minimalis Serta Cara Memilihnya

2. Tamu Membawa Rezeki

Rasulullah SAW bersabda: “Tamu datang pada kalian dengan membawa rezeki.” (HR Muslim)

3. Tamu Membawa Kebaikan dan Pulang membawa Hal Buruk dari Rumah

Alkisah, ada seorang lelaki yang senang kedatangan tamu, namun istrinya menunjukkan sikap yang sebaliknya. Setiap kali mereka kedatangan tamu istrinya menunjukkan sikap yang tidak baik.

Orang itu mengadukan halnya kepada Rasulullah SAW. Kemudian beliau berkata pada lelaki itu "Katakan kepada istrimu bahwa hari ini Rasulullah dan beberapa sahabatnya akan bertamu ke rumah kita.”

Rasulullah berpesan pada lelaki itu lagi, "Katakan kepada istrimu agar ia memperhatikan tamu pada saat keluar rumah."

Istri lelaki itu melakukan apa yang diperintahkan Rasulullah SAW. Pada saat tamu masuk, wanita itu melihat mereka membawa daging dan buah-buahan yang banyak dan pada saat keluar mereka membawa pulang ular dan kalajengking yang banyak.

Rasulullah SAW bersabda: “Kedatangan tamu ke rumah mendatangkan karunia yang banyak ke dalam rumah dan pada saat mereka pergi mereka membawa keluar berbagai bencana."

Sejak menyaksikan hal itu istri lelaki itu jadi senang menerima tamu.

Baca Juga: Buat Ruang Tamu Jadi Lebih Nyaman, Ini 5 Tips Memilih Sofa Tamu

4. Tamu Datang Membawa 70 ribu Malaikat

Imam Jafar As Shadiq berkata: "Barangsiapa mengunjungi sahabatnya semata-mata karena Allah SWT, niscaya Allah SWT mengutus 70 ribu malaikat untuk menyertainya. Para malaikat itu berkata, "Surga untuk kamu."

5. Tamu Menjadi Kunci Surga

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata: "Ketika para sahabat Rasul SAW berkumpul untuk menulis tafsir Alquran di masjid, masuk seorang Badui dan berkata: ‘Wahai sahabat Rasulullah, kalian telah mengatakan bahwa tamu itu kuncinya surga?’

Ya, betul, kami mendengarnya dari Rasulullah SAW, dan beliau bersabda: ‘Apabila datang tamu seorang muslim maka bersamanya malaikat yang mencatat untuk tuan rumah kebaikan dan menulisnya untuk setiap sesuap makanan yang dimakan oleh tamu dengan 100.000 kebaikan,

dan juga menghapus 100.000 kejelekan dan juga diangkatr derajatnya dengan 100.000 derajat. Dan tidak ditulis kejelekan baginya kecuali tamu itu telah 40 hari, dan itu semua diberikan oleh Allah SWT.

Baca Juga: 6 Suguhan Lebaran Favorit Tamu Kecil

Amalan Penarik Tamu dan Rezeki

adab-menerima-tamu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nabi Sulaiman AS dapat menjadi contoh yang baik dalam hal menerima tamu dan menjadi tamu. Saat menjadi tamu bagi sarang semut di dalam sebuah perjalanan, dia menghormati semut sebagai penghuni suatu lembah.

Saat mendengar percakapan semut, beliau memerintahkan agar para pasukannya berhati-hati agar tidak menginjak semut atau sarangnya. Ini menunjukkan bahwa saat di tempat orang lain, tidak boleh semena-mena.

Saat menjadi tuan rumah, Nabi Sulaiman AS juga menunjukkan adab yang baik saat memperlakukan Ratu dari Negeri Saba.

Berbicara mengenai rezeki, tidak ada yang dapat menandingi beliau. Dalam Alquran disebutkan doa dari Nabi Sulaiman:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

(Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb)

Artinya: “Dia berkata, ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS Shad: 35)

Artinya, hingga kini belum ada yang menandingi Nabi Sulaiman dalam hal kebesaran kerajaan dan juga jumlah kekayaan.

Terdapat amalan yang juga dapat menjadi amalan penarik tamu dan rezeki dari Nabi Sulaiaman AS, yakni:

  • Baca doa kekayaan dari Nabi Sulaiman dalam surah Shad tersebut sebanyak 21 kali setelah selesai salat fardhu
  • Usahakan untuk bangun setiap malam, lalu menunaikan Salat Tahajud dan salat hajat sebanyak 2 rakaat
  • Usahakan untuk membaca doa kekayaan Nabi Sulaiman dengan khusyuk dan penuh keyakinan untuk mengharap ridho Allah SWT, dengan tujuan agar dimudahkan dalam mencari rezeki

Baca Juga: Mendadak Ada Tamu? Ini Cara Merapikan Rumah dalam Sekejap!

Selain itu, terdapat amalan sederhana dari Almaghfurlah KH. Maimoen Zubair yang bisa mendatangkan rezeki berlimpah, yang juga dapat menjadi amalan penalik tamu dan rezeki berikutnya, yakni:

  • Setiap hendak duduk dan berdiri di lantai rumah, baca salawat satu kali
  • Jangan meludah di depan jendela dan pintu
  • Apabila ada tamu yang masuk, jaga adab. Di antaranya berpakaian menutup aurat dan memberi makan dan minum
  • Apabila makan, minum, dan menghitung uang di dalam rumah, harus menutup aurat. Karena yang dimakan, diminum, serta uang yang dihitung adalah rezeki dari Allah SWT
  • Ketika hendak masuk rumah, ucapkan salam satu kali apabila terdapat orang di dalam. Jika tidak ada orang di dalam rumah itu, maka ucapkan salam satu kali.
  • Setelah itu, sambil berjalan di dalam rumah baca satu kali surat Al-Ikhlas

Itulah amalan penarik tamu dan rezeki beserta hikmah adanya tam uke dalam rumah. Semoga menjadi amalan yang dipraktikkan sehari-hari, sehingga silaturahmi dapat terjalin dengan baik, serta rezeki yang terus mengalir. Aamiin.

  • http://repository.iainbengkulu.ac.id/6558/1/SKRIPSI%20EDO%20BRAMESTA.pdf
  • https://dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/amalan-rezeki-nabi-sulaiman
  • https://www.basis13.com/kronik/pr-1681535516/allah-menjamin-rejeki-orang-yang-memuliakan-tamu
  • https://worldquran.com/
  • https://www.jatimnetwork.com/khazanah/pr-431176584/5-amalan-sederhana-untuk-datangkan-banyak-rezeki-dari-kh-maimoen-zubair?page=all
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait