Parenting Islami

14 Mei 2021

10 Manfaat Silaturahmi, Baik untuk Kesehatan Mental dan Menambah Pahala

Jangan sampai putus tali persaudaraan, inilah manfaat silaturahmi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sebentar lagi, hari raya Idul FItri akan tiba. Inilah momen yang sangat dinanti-nanti setiap orang.

Tidak hanya sebagai ajang untuk makan berbagai makanan lezat khas Lebaran, tapi momen Idul Fitri merupakan waktunya berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga dekat.

Sebenarnya, silaturahmi bisa dilakukan kapan saja. Namun bagi umat muslim, silaturahmi merupakan salah satu amalan untuk menyambung tali persaudaraan.

Itulah sebabnya, silaturahmin menjadi salah satu agenda utama saat momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Di Indonesia, umat muslim akan menjaga tradisi tahunannya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Hal ini dilakukan untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara.

Dilansir dari laman NU Online, manfaat silaturahmi secara syariat juga merupakan amalan utama karena mampu membantu menyambungkan berbagai hal yang putus.

Pengampunan dosa di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala lebih mudah bila dibandingkan dengan pengampunan dosa akibat kesalahan antarmanusia.

Menurut Wikipedia.org, Subhanahu Wa Ta'ala adalah sebuah lafaz yang berarti "Mahasuci dan Mahatinggi".

Salah satu upaya menjauhkan diri dari berbagai kekhilafan antarmanusia adalah dengan membangun silaturahmi. Oleh karena itu, silaturahmi memiliki keutamaan yang luar biasa.

Namun tahukah Moms, di balik itu semua, ada berbagai manfaat silaturahmi yang tak kalah hebat untuk kesehatan mental dan hubungan manusia dan Sang Pencipta?

Baca juga: Mencari ART Infal Untuk Lebaran? Ini Tipsnya!

Manfaat Silaturahmi

aplikasi-video-call-untuk-silaturahmi-lebaran-di-tengah-pandemi--Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apa saja manfaat silaturahmi yang dapat kita rasakan? Simak yuk di bawah ini.

1. Membantu Meminimalisir Stres dan Cemas

Bagi kesehatan jiwa, manfaat silaturahmi adalah meredakan stres dan cemas berlebihan.

Tak dipungkiri, beberapa tahun ini (apalagi mulai dari tahun 2020 lalu), banyak dari kita yang mengalami banyak masalah secara bertubi-tubi dalam kehidupan.

Berbagai masalah inti bisa saja membuat kita mudah stres dan merasa cemas dalam memikirkan jalan keluarnya.

Dilansir dari laman tsln.com, stres atau rasa cemas yang dirasakan oleh dewasa dalam sebuah keluarga akan memengaruhi kondisi mental anggota keluarga yang paling muda.

Dalam kondisi Moms yang sudah berkeluarga dan punya anak, anggota keluarga termuda yang dimaksud adalah anak-anak.

Nah, para ahli setuju bahwa bersosialisasi dan bersilaturahmi dengan keluarga atau teman dekat dapat membantu Moms dalam beresiliensi.

American Psychological Association, resiliensi merupakan kemampuan umum yang melibatkan kemampuan penyesuaian diri yang tinggi dan luwes saat dihadapkan pada tekanan internal maupun eksternal.

Jadi, tidak ada salahnya Moms melakukan silaturahmi dan berhubungan dengan orang lain hingga keluarga.

Dengan berbincang dan bersosialisasi membicarakan berbagai hal seru, secara tidak langsung dapat meringankan beban Moms serta mengurangi rasa stres.

2. Meningkatkan Daya Ingat dan Mencegah Demensia

Manfaat silaturahmi selanjutnya adalah membantu menjaga dan meningkatkan daya ingat sehingga mencegah demensia.

Journal of Biomedical Science yaitu Impact of Social Relationship on Alzheimer’s Memory Impairment: Mechanistic Studies menyatakan bahwa banyak manfaat positif sosialisasi bagi kesehatan otak manusia.

Hal ini karena, seseorang yang sering bersilaturahmi dan aktif secara sosial, memiliki daya ingat serta kemampuan kognitif lebih baik.

Dengan bersosialisasi, seseorang pastinya akan berlatih untuk mengingat wajah, mengingat nama, mengingat berbagai memori yang tersimpan di otak.

Kebiasaan ini akan membantu meniminalkan risiko terkena demensia dalam jangka panjang.

Baca juga: 5 Aktivitas yang Harus Dilakukan Agar Panjang Umur

3. Meningkatkan Imun Tubuh dan Memperpanjang Usia

panjang umur

Foto: Orami Photo Stock

Saling berinteraksi dengan manusia lain sebenarnya memiliki keterkaitan dengan peningkatan sistem imun tubuh. Ini juga merupakan manfaat silaturahmi.

Hal ini karena saat bersilaturahmi, ada banyak hormon dalam tubuh yang saling bereaksi. Salah satunya adalah hormon bahagia.

Hormon merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang diproduksi oleh berbagai kelenjar dalam tubuh.

Salah satu fungsi hormon adalah mengatur suasana hati seseorang dan meningkatkan berbagai perasaan positif.

Dalam bahasa awam, hormon ini dikenal dengan “hormon bahagia”.

Menurut healtline.com, hormon bahagia ini terdiri dari beberapa hormon, yaitu:

  • Hormon Dopamin

Hormon ini adalah hormon penting dari sistem penghargaan otak. Hormon dopamin dikaitkan dengan sensasi menyenangkan yang berhubungan erat dengan memori hingga sistem kerja motorik.

Tak heran jika dopamin juga disebut sebagai hormon perasaan baik.

  • Hormon Oksitosin

Inilah yang dikenal sebagai hormon cinta. Hormon oksitosin sangat erat kaitannya dengan persalinan, menyusui, hingga perasaan atau ikatan hubungan orangtua dengan anak.

Kadar oksitosin akan meningkat seiring dengan meningkatnya kasih sayang fisik seperti pelukan erat, ciuman, hingga bercinta.

  • Hormon Endorfin

Saat Moms sedang dalam keadaan stres, cemas, atau tidak nyaman terhadap suatu hal, endorfin merupakan hormon pereda nyeri dalam tubuh.

Nah, kadar endorfin akan cenderung meningkat ketika Moms sedang melakukan aktivitas yang menimbulkan perasaan puas. Sebut saja mulai dari makan makanan lezat, berolahraga, atau setelah mencapai orgasme saat bercinta.

  • Hormon Serotonin

Hormon serotonin dan neurotransmitter akan membantu mood seseorang.

Hormon ini pun berperan saat Moms tidur, mempelajari suatu hal yang baru, mendapatkan ilmu baru, dan mengembalikan daya ingat. Hormon yang sama juga bekerja aktif saat Moms makan, bahkan mengatur area pencernaan.

Saat bersosialisasi dan bersilaturahmi, pastinya hormon bahagia ini akan bereaksi dan bekerja aktif.

Dengan demikian bekerjanya hormone bahagia, manfaat silaturahmi dapat dirasakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak hanya itu saja, selain membantu meningkatkan imun tubuh, bersosialisasi dipercaya oleh banyak ahli dapat membantu seseorang berumur panjang dibanding seseorang yang cenderung gemar mengisolasi dirinya sendiri.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga yang Bisa Hilangkan Depresi

4. Membantu Memecahkan Masalah

Hidup di usia dewasa memang tidak mudah. Itulah sebabnya Moms perlu bersosialisasi dengan orang lain.

Dengan demikian, hal ini bisa menjadi ajang curcol (curahan hati colongan) sebagai upaya mendapatkan pencerahan.

Hal ini karena saat bersilaturahmi di Hari Raya, Moms akan berkumpul dengan sanak saudara, teman dekat, atau rekan sejawat.

Berbagai pembicaraan menarik dan seru pun pasti menjadi topik utama. Sebut saja mulai dari berita terkini yang dibahas di televisi, vaksin anak, hingga peralatan dapur paling canggih atau malah dongkrak mobil.

Well, di antara sekian banyak perbincangan tersebut, siapa tahu salah satunya terselip suatu hal yang bisa menjadi ide baru untuk memecahkan masalah Moms atau bahkan ide bisnis yang menjanjikan.

Jadi, manfaat silturahmi yang bisa Moms rasakan lebih luas dari sekedar memperbaiki suasana hati, kan?

Tapi ingat Moms, saat bersosialisasi atau bersilaturahmi, hindari bergosip, ya! Terutama membicarakan berbagai hal-hal “miring” seputar keluarga. Seperti misalnya mengapa ada yang belum menikah, belum memiliki anak, dan belum menikah. Atau bahkan membicarakan mengapa Si A akhirnya bercerai.

Hal-hal di atas tentulah menjadi suatu isu yang sangat sensitif dan malah dapat merusak suasana Lebaran yang penuh kehangatan.

Manfaat Silaturahmi Dalam Hal Keagamaan

Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha untuk Melancarkan Rezeki, Yuk Hafalkan!

Foto: Orami Photo Stock

Setelah Moms mengetahui beberapa manfaat silaturahmi untuk keluarga dan kesehatan mental Moms, mari kita membahas beberapa manfaat silaturahmi dari segi keagamaan.

5. Membuat Semua Orang Menjadi Lebih Dekat dengan Penciptanya

Moms tentu percaya bahwa apa yang diperbuat oleh seseorang ke sesamanya, juga berarti melakukan hal yang serupa kepada penciptanya. Hal ini juga sama dengan silaturahmi.

Manfaat silaturahmi bagi seseorang yang pertama adalah menyambung tali silaturahmi yang sama seperti menyambung hubungannya dengan Allah SWT.

Lagipula, disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW dengan sabda:

“Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan mahkluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: “ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan.” Dia berfirman: “Benar, apakah engkau rida jika aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: Iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu”

Jadi, selalu lakukan silaturahmi, ya!

6. Silaturahmi Membuat Gembira Sanak Saudara

Ketahui Hukum Suami Lebih Mementingkan Keluarganya daripada Istrinya

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang dilansir dari laman nu.or.id, silaturahmi merupakan suatu langkah terpuji karena manfaat silaturahmi bisa membuat gembira sanak saudara.

Syeh Sholeh yang juga merupakan Mutasyar PCNU Brebes ini menyatakan bahwa sesungguhnya amal yang paling utama adalah membuat gembira orang mukmin.

7. Silaturahmi Akan Membantu Memperluas Rezeki

Manfaat silaturahmi untuk keagamaan selanjutnya adalah dengan bersilaturahmi, kita bisa mendapat keutamaan untuk mendapatkan rezeki yang lebih luas.

Hal ini karena silaturahmi dapat membantu meningkatkan keharmonisan antara anggota keluarga besar, antar orangtua, hingga antar anggota keluarga yang lebih tua dan dihormati.

Bersyukurlah dengan apa yang Moms miliki yang telah diberikan oleh Tuhan hingga detik ini.

Selain doa syukur yang dipanjatkan kepada Allah SWT, berbuat baik dan saling kunjung dengan mencurahkan perhatian menjadi cara tersendiri untuk kita mensyukuri nikmat waktu dan usia yang masih kita miliki.

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim).

Maksud dipanjangkan umurnya yaitu senantiasa mendapatkan bimbingan, taufik dan berkah Allah SWT selama umurnya itu, bukan berarti tambahan umur yang telah ditetapkan.

8. Manfaat Silaturahmi Agar Terhindar dari Api Neraka

Syeh Soleh juga menyebutkan bahwa manfaat silaturahmi adalah menjadikan iblis laknatullah menjadi sulit untuk menggoda manusia. Dengan demikian, manusia akan terhindar dari api neraka.

Lagipula, manfaat silaturahmi ini juga telah dijanjikan dalam salah satu hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Engkau menyembah Allah Swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim).

9. Sebagai Konsekuensi Iman Kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Makhluk Mulia

Manfaat silaturahmi juga tak hanya sekedar untuk membantu memperluas rezeki, terhindar dari api neraka, hingga mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

Silaturahmi merupakan tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT dan menjadi makhluk mulia di hadapan-Nya.

Menyambung silaturahmi dengan orang yang telah memutuskan tali silaturahmi merupakan akhlak terpuji yang sangat disukai oleh Allah.

Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ali bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayaimu, sambung silaturahmi orang yang memutuskanmu dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu."

Sedangkan seseorang yang suka memutus tali silaturahmi maka dianggap sebagai “perusak” kehidupan.

Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam salah satu surat Al-Quran berikut ini, Allah SWT berfirman:

"Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan tali silaturahmi (kekeluargaan)? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan penglihatan mereka".(QS. Muhammad:22-23)

Karena menyambung tali silaturahmi merupakan salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, maka dengan menjalankan perintahnya dan taat kepada Allah SWT, menjalin silaturahmi juga merupakan salah satu cara meningkatkan akhlak yang terpuji.

10. Menambah Pahala Setelah Meninggal

Manfaat silaturahmi yang selanjutnya adalah menambah pahala ketika kita sudah meninggal.

Syeh Sholeh pun menyatakan bahwa dengan kita melakukan silaturahmi, sanak kerabat akan mengingat budi baik kita ketika hidup dan selalu mengingat jasa silaturahim.

Dengan demikian, saat meninggalpun kita akan akan diberi kiriman doa oleh orang-orang yang mengenal kita.

Itulah beberapa manfaat silaturahmi untuk kesehatan dan keagamaan yang Moms perlu ketahui. Ayo lakukan dan contohkan bagi kehidupan keluarga dan Si Kecil.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5764000/
  • https://www.nu.or.id/post/read/69744/inilah-sepuluh-hikmah-silaturahim
  • https://www.nu.or.id/post/read/24690/dahsyatnya-silaturahim
  • https://www.tsln.com/opinion/spend-time-with-family-to-manage-stress/
  • https://www.helpguide.org/articles/stress/quick-stress-relief.htm
  • https://dictionary.apa.org/resilience
  • https://www.healthline.com/health/happy-hormone
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait