13 July 2021

10 Manfaat Buah Kelapa, Dapat Mengurangi Stres, lho!

Air hingga dagingnya semuanya punya manfaat
10 Manfaat Buah Kelapa, Dapat Mengurangi Stres, lho!

Sudah sejak lama manfaat buah kelapa diakui oleh dunia. Hampir seluruh bagian tanaman yang banyak tumbuh di negara tropis ini dapat dimanfaatkan.

Mulai dari akar, batang pohon, daun, hingga buahnya baik kelapa muda maupun kelapa tua. Bicara soal manfaat buah kelapa, seluruh bagian buahnya pun dapat dikonsumsi dan diolah.

Seperti air kelapa yang menyegarkan dan dapat diminum langsung hingga daging buahnya.

Daging buah kelapa muda biasanya dinikmati langsung bersama air kelapa, namun tak jarang diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Sedangkan daging buah pada kelapa tua biasanya diolah menjadi santan.

Lalu, apa saja yang menjadi manfaat buah kelapa? Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: 5 Resep Lupis dengan Taburan Kelapa dan Gula Merah

Nutrisi Buah Kelapa

Buah Kelapa Kaya Nutrisi (Unsplash.com)
Foto: Buah Kelapa Kaya Nutrisi (Unsplash.com)

Manfaat buah kelapa tak luput dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Tidak seperti kebanyakan buah lain yang mengandung karbohidrat tinggi, sebagian besar kelapa terdiri dari lemak.

Buah kelapa juga mengandung protein, sejumlah mineral penting, dan sebagian kecil vitamin B. Namun, mereka bukanlah sumber utama dari sebagian besar vitamin lainnya.

Mineral dalam kelapa mempunyai banyak fungsi untuk tubuh kita.

Seperti salah satunya kandungan mangan yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol.

Buah kelapa juga kaya akan mineral tembaga dan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah, serta selenium yaitu antioksidan penting yang berperan melindungi sel-sel tubuh.

Sebagai gambaran, berikut adalah daftar nutrisi untuk 1 cangkir atau 80 gram daging kelapa mentah berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60% dari Angka Kebutuhan Gizi (AKG)
  • Selenium: 15% dari AKG
  • Tembaga: 44% dari AKG
  • Fosfor: 13% dari AKG
  • Kalium: 6% dari AKG
  • Zat besi: 11% dari AKG
  • Seng: 10% dari AKG

Sebagian besar lemak dalam buah kelapa berbentuk medium-chain triglycerides (MCT).

Metabolisme MCT di dalam tubuh berbeda dari jenis lemak lainnya, yakni dengan menyerapnya langsung dari usus kecil dan dengan cepat menggunakannya sebagai sumber energi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam MDPI tentang manfaat MCT pada orang dengan obesitas menemukan bahwa lemak ini dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh saat dimakan sebagai pengganti lemak jenuh rantai panjang dari makanan hewani.

Selain itu, daging buah kelapa kaya akan beberapa mineral penting, terutama mangan dan tembaga. Mangan mendukung fungsi enzim dan metabolisme lemak, sedangkan tembaga membantu pembentukan tulang dan kesehatan jantung.

Baca Juga: Yuk Mengenal Ketogenic, Diet Karbo dan Tinggi Lemak!

Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

Selain rasanya yang nikmat dan mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, ternyata daging buah kelapa menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan, lho.

Bahkan sudah banyak penelitian yang dilakukan terhadap buah kelapa menunjukkan hasil positif, seperti 10 manfaat buah kelapa di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kelapa selanjutnya adalah membantu memelihara kesehatan organ jantung, terutama ekstrak minyak kelapa.

Hal ini ditunjukkan oleh beberapa penelitian, salah satunya studi yang dipublikasikan BMJ Open.

Penelitian ini melibatkan 91 orang yang diminta untuk mengonsumsi 50 ml dari salah satu jenis minyak di antara minyak zaitun, minyak kelapa, atau unsalted butter.

Hasilnya, kelompok orang yang mengonsumsi minyak kelapa menunjukkan peningkatan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Studi lainnya dilakukan oleh Journal of Nutrition and Metabolism selama delapan minggu.

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi 200 gram bubur santan menunjukkan penurunan signifikan pada kadar kolesterol jahat (LDL) dan kenaikan pada kadar kolesterol baik (HDL), dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi bubur dengan susu kedelai.

Secara keseluruhan, penelitian-penelitan tersbeut menyimpulkan bahwa buah kelapa memiliki efek untuk menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Studi berbeda yang dilakukan Nutrition Reviews pada 1.837 wanita Filipina, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak minyak kelapa tidak hanya memiliki tingkat kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi, tetapi juga tingkat kolesterol dan trigliserida (LDL) yang lebih tinggi.

Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Baik untuk Jantung!

2. Kaya Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Kelapa Kaya Antioksidan (Unsplash.com)
Foto: Kelapa Kaya Antioksidan (Unsplash.com)

Manfaat buah kelapa lainnya adalah kaya akan antioksidan. Daging kelapa mengandung senyawa fenolik, yaitu antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Senyawa fenolik utama yang diidentifikasi oleh International Journal of Food Properties terdapat dalam daging buah kelapa meliputi asam galat, asam caffeic, asam salisilat, dan asam p-kumarat.

Tes laboratorium pada daging kelapa menunjukkan bahwa buah ini memiliki aktivitas antioksidan dan pembasmi radikal bebas.

Polifenol yang ditemukan di dalam buah kelapa dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan plak di arteri yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menggunakan tabung dan hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif dan kemoterapi.

3. Baik untuk Diet dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang terkontrol adalah manfaat buah kelapa lainnya yang bisa Moms dapatkan.

Berdasarkan hasil studi para peneliti dari University of Quebec at Montreal, mengkonsumsi minyak kelapa murni yang diekstrak dari daging kelapa diketahui dapat mengurangi lemak perut.

Minyak kelapa diklaim baik untuk diet karena salah satunya mengandung medium-chain triglycerides (MCT).

MCT dalam buah ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak, yang semuanya dapat mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, kandungan serat daging kelapa yang tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.