14 Maret 2018

6 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Perkuat Tulang

Bukan hanya susu yang mengandung kalsium
6 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Perkuat Tulang


Kesehatan tulang memang penting dijaga baik di usia muda ataupun usia lanjut. Agar tulang tetap kuat dan terhindar dari bahaya osteoporosi atau pengeroposan tulang yang membahayakan, Moms wajib menjaga mulai dari makanan.

Ya! Apa yang Moms konsumsi hari ini memang bisa menentukan kesehatan Moms di masa mendatang. Berikut jenis-jenis makanan yang bagus untuk tulang.

1. Susu

Kita semua sudah tahu, kandungan di dalam segelas susu memang sangat baik bagi kesehatan tulang. Kalsium dan vitamin D bisa membantu pertumbuhan tulang apalagi untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Susu murni dengan rasa alami lebih bagus untuk anak-anak dibandingkan susu dengan berbagai jenis rasa dan warna. Tapi sesekali boleh juga sih, Moms.

2. Kacang Almond

Si kecil sedang suka ngemil Moms? Coba gantikan cemilannya dengan makanan penguat tulang yang juga menyehatkan seperti kacang almond. Tidak hanya enak untuk camilan, ternyata kacang almond juga mengandung kalsium, magnesium, zinc dan zat besi.

Baca Juga : Menguatkan Tulang, 1 dari 5 Khasiat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan

3. Ikan Teri

Jangan anggap remeh manfaat ikan teri lho Moms. Bentuknya yang kecil tapi kaya manfaat terlebih untuk kesehatan tulang. Karena pada 100 gram ikan teri terdapat kandungan kalsium sebanyak 500-972 mg.

Untuk Moms yang sedang hamil, wajib memenuhi asupan kalsium dua kali lebih banyak dari biasanya, salah satunya dengan mengkonsumsi ikan teri. Dari segi harga pun masih cukup terjangkau. Jadi, untuk hidup sehat tidak selalu mahal.

4. Telur

Telur bisa dijadikan sumber protein hewani pengganti ayam ataupun daging sapi. Tapi selain itu, telur juga makanan yang baik untuk penguat tulang.

Dalam satu butir telur terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang yaitu vitamin D yang bisa membantu penyerapan kalsium lebih maksimal. Telur juga mengandung asam amino yang sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil.

5. Edamame

Makanan pendamping yang biasanya tersedia di restoran Jepang ini juga punya bagus untuk tulang. Moms juga bisa mengganti camilan di rumah dengan edamame yang banyak manfaat ini. Selain kalsium tinggi, edamame juga bekhasiat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh, sampai mencegah kanker Moms.

6. Ikan Salmon

Selama ini mungkin Moms beranggapan kandungan utama ikan salmon yang bermanfaat hanyalah omega 3. Tapi tahukah Moms? Ternyata salmon baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Mencampurkan sedikit ikan salmon di menu MPASI Si Kecil juga sangat baik lho Moms.

Makanan mana yang jadi kesukaan Si Kecil Moms?

(LMF)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb