02 Desember 2020

11 Inspirasi Nama Bayi Lahir Jumat Menurut Islam, Masya Allah Indahnya!

Temukan inspirasi memberikan nama bayi lahir hari jumat di sini!
11 Inspirasi Nama Bayi Lahir Jumat Menurut Islam, Masya Allah Indahnya!

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti masih ingat saat melahirkan Si Kecil. Apa yang Moms kenakan, seperti apa cuacanya, dan bahkan pandangan pertama ke wajah bayi yang mungil. Selain cuaca, Moms juga pasti ingat hari saat melahirkan.

Pengalaman melahirkan ini pasti tidak bisa dilupakan bagi ibu baik anak pertama, kedua atau seterusnya. Setiap kelahiran memiliki proses yang berbeda pastinya.

Jika melahirkan di hari Jumat, berarti Si Kecil memasuki dunia yang sudah siap untuk memulai akhir pekan. Setiap hari memiliki arti yang berbeda menurut Islam.

Konon, anak yang lahir hari Jumat adalah sosok yang jujur. Mereka tipe yang suka mengungkapkan pikiran sesuai hati nuraninya. Menurut Islam, anak yang lahir Jumat, mereka cukup teguh dalam pendirian serta butuh penyesuaian untuk menerima pendapat orang lain yang berbeda dengannya.

Meskipun demikian, mereka setia dan murah hati terhadap orang-orang yang dicintainya. Mudah simpati dan membantu orang lain adalah salah satu ciri sifat seseorang yang lahir Jumat.

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Perempuan dengan Arti yang Indah

Nama Bayi Lahir Jumat Legi

inspirasi-nama-bayi-yang-lahir-di-hari-jumat-menurut-Islam
Foto: inspirasi-nama-bayi-yang-lahir-di-hari-jumat-menurut-Islam (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Legi artinya hari pertama menurut Jawa. Kepribadian seseorang yang lahir pada Jumat legi sosok yang memiliki hati yang lembut dan mudah tersinggung. Ia juga sosok yang pandai dan pekerja keras.

Menurut hadist Abu Lubabah bin Abdul Mundzir, “Sesungguhnya hari Jumat adalah Sayyidul Ayyam (pimpinan hari-hari), keagungannya ada pada sisi Allah, dan dia lebih agung di sisi Allah dibanding hari Idul Adha dan Idul Fitri,”

Padanya ada lima hal istimewa: pada hari itu Allah menciptakan Adam, pada hari itu Allah

menurunkan Adam ke bumi, pada hari itu Allah mewafatkan Adam, pada hari itu ada waktu yang tidaklah seorang hamba berdoa kepada Allah melainkan akan dikabulkan selama tidak

meminta yang haram, dan pada hari itu terjadinya kiamat,”

Tidaklah malaikat muqarrabin, langit, bumi, angin, gunung, dan lautan, melainkan mereka ketakutan pada hari Jumat,””(HR. Ibnu Majah)

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki yang Lahir Bulan Juli, Keren!

Bayi yang lahir di hari Jumat, punya alasan untuk bangga dengan hari kelahirannya. Kalimat "Anak Jumat penuh cinta dan memberi" adalah potongan puisi lama tentang hari Jumat dan anak.

Jumat juga dianggap sebagai hari yang sangat baik dalam seminggu bagi umat Islam.

Menurut situs Power of Positivity, bayi yang lahir pada hari Jumat adalah sosok yang kreatif, intuitif, sensitif, dan selalu mencari harmoni.

Nama yang diberikan untuk bayi tentunya memiliki arti yang mengandung doa. Berikut ini adalah beberapa inspirasi nama bayi yang lahir di hari Jumat, lho.

Baca Juga: 20 Nama Bayi Laki-laki dari Bahasa India, Tidak Pasaran Lho!

Inspirasi Nama Bayi Lahir Jumat Menurut Islam

inspirasi-nama-bayi-lahir-jumat-legi
Foto: inspirasi-nama-bayi-lahir-jumat-legi

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms merasakan itu semua, tidak ada salahnya memilih inspirasi nama bayi dengan nama yang bertema Jumat. Apalagi Jumat mengandung arti yang baik untuk sebuah nama. Apalagi Jumat adalah hari terbaik dalam seminggu menurut Islam.

Berikut ini nama bayi lahir Jumat menurut Islam. Yuk simak!

1. Kofi

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang pertama adalah Kofi. Kofi memiliki arti anak yang lahir di hari Jumat. Nama ini salah satu nama anak laki-laki yang lahir di hari Jumat. Kofi berarti seseorang menjadi seseorang pemimpin dan baik hati.

Nama Kofi berasal dari Afrika. Kofi ini dipakai oleh seorang tokoh asal Afrika yang bernama “Kofi Annan” yang menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB.

Seseorang yang memakai nama ini diharapkan dapat menjadi pemimpin dan teladan bagi temannya.

2. Zuhr

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Zuhr. Zuhr adalah nama yang indah dan mungil yang tidak hanya mudah diucapkan, tetapi juga terdengar simpel. Maknanya adalah bersinar, bercahaya dan cemerlang.

Zuhr adalah nama yang baik untuk seorang bayi yang lahir pada hari Jumat dalam Islam, karena sholat Jum'at diadakan di dalam sholat Zuhr.

3. Adiba Shakila Atmarini

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Adiba Shakila Atmarini. Seorang anak bayi yang lahir Jumat adalah sosok yang rupawan dan cerdas.

Ia dapat memimpin dan memiliki prinsip hidup yang tajam. Pendirian yang keras dan percaya akan keahliannya membuat sosok ini dipercaya untuk memimpin.

Anak yang lahir Jumat Legi dapat memilih nama ini untuk salah satu inspirasinya.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Dengan Arti Matahari

4. Imamu Jimoh Naldo

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Imamu Jimoh Naldo. Nama Imamu Jimoh Naldo merupakan salah satu rangkaian nama bayi laki laki yang lahir di hari Jumat. Nama ini juga memiliki harapan agar kelak sang anak tumbuh menjadi seorang penguasa yang kuat, baik, bijak.

Imamu berarti seseorang yang dapat memimpin, Jimoh artinya hari Jumat tepat di kelahirannya dan Naldo seseorang laki-laki yang kuat.

5. Raul Juma Khairullah

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Raul Juma Khairullah. Rangkaian nama yang satu ini memiliki kandungan doa yaitu anak laki laki yang sangat bijaksana, lahir pada hari jumat dan mempunyai sifat yang baik.

Selain itu juga arti nama ini adalah harapannya ia memiliki akhlak yang baik. Serta mendapat kebaikan dari Allah SWT.

6. Salah

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Salah. Salah adalah nama muslim yang untuk bayi yang lahir Jumat, karena shalat Jumat memiliki makna yang sangat besar di kalangan umat Islam.

Salah berasal dari bahasa Persia yang berarti kesetiaan dan kemurnian. Nama ini juga menjadi popular berkat salah satu pemain bola professional, Mohammed Salah.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dari Bahasa Jepang

7. Daffa Jalil Shofwanul

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Daffa Jalil Shofwanul. Seseorang yang diberikan nama Daffa Jalil Shofwanul adalah sosok yang membela kebenaran dan sosok yang rendah hati.

Ia memiliki hati yang bersih dan mulia. Serta dipercaya dapat memiliki teman yang baik dan bermanfaat.

8. Adira Azzahra

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Adira Azzahra. Jika Moms mencari nama perempuan yang mengandung arti lahir di hari Jumat, Adira Azzahra bisa menjadi pilihan.

Nama ini artinya seorang mulia yang memiliki kekuatan besar yang sangat baik dan cerdas.

Maksud dari nama Adria adalah seseorang yang juga kuat dan bersemangat dalam menjalani hidup. Energik dan pantang menyerah adalah sifat yang dimiliki seorang Adira Azzahra.

9. Asfa

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Asfa. Jika Moms termasuk orang yang menyukai nama pendek dan langka, Asfa adalah salah satu inspirasi nama bayi di hari Jumat yang bisa menjadi pilihan.

Berasal dari bahasa Arab, Asfa berarti paling murni dan merupakan salah satu nama Islam terbaik untuk bayi yang lahir pada hari Jumat.

Asfa artinya adalah suci. Diharapkan anak yang bernama Asfa memiliki perilaku yang dapat dicontoh oleh orang lain. Asfa adalah seseorang yang disenangi orang lain.

10. Marwa Najma

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Marwa Najma. Marwa Najma mengandung arti seorang anak yang lahir di hari Jumat. Arti nama ini adalah seseorang yang selalu berpikiran positif.

Dengan berpikir positif, maka segala aktivitas akan diberikan kelancaran dan masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan baik.

Seorang Marwa Najma juga diharapkan menjadi sosok perempuan yang lemah lembut dan disukai orang lain.

11. Muhammad Jamal Alfarezel

Nama bayi lahir jumat menurut Islam yang selanjutnya adalah Muhammad Jamal Alfarezel. Muhammad kerap dipakai anak laki-laki karena mengandung arti yang mulia. Nama yang diambil dari Nabi Muhammad SAW ini memiliki arti sosok yang teladan.

Selain itu, nama ini juga mengandung arti selalu membuat kebajikan, rajin beribadah dan memiliki paras yang indah.

Akhlak yang terpuji juga mensosokan anak laki-laki yang lahir di hari Jumat Legi ini.

Baca Juga: Ini 50 Nama Jawa Bayi Laki-Laki yang Tampan dengan Arti yang Indah!

Hari Jumat menurut Islam memang mengandung beribu arti yang baik dan mulia. Ibadah yang dilakukan di hari Jumat lebih baik dibandingkan hari lainnya. Begitu juga dengan nama anak yang lahir di hari Jumat ini.

Semoga deretan inspirasi nama bayi lahir Jumat ini dapat menginspirasi ya Moms.

Nah, bila Moms masih belum menemukan nama yang cocok untuk Si Kecil, dan ingin mencari inspirasi nama bayi lainnya, yuk gunakan fitur Baby Name Finder di aplikasi Orami Parenting. Di fitur Baby Name Finder ini, Moms bisa menemukan ribuan nama bayi menarik dengan ragam tema dan arti yang bisa Moms pilih. Yuk, coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini ya, Moms!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb