13 September 2020

Ini 8 Jenis Keju Enak, Tak Hanya Cheddar Saja

Ada banyak jenis keju populer lainnya
Ini 8 Jenis Keju Enak, Tak Hanya Cheddar Saja

Ada banyak jenis keju yang tersedia, Moms mungkin mengenal beberapa jenisnya seperti keju cheddar dan mozzarella, yang biasa digunakan sebagai bahan memasak seperti resep pasta atau sekadar isian roti.

Tetapi, masih banyak tipe keju lainnya yang biasanya digunakan untuk jenis masakan lain. Moms mungkin baru pertama kali mendengarnya karena masakannya tidak begitu umum di Indonesia.

Ragam Jenis Keju yang Populer

Mengutip So Delicious, berikut ini merupakan jenis keju yang populer dan digunakan di sebagian besar resep masakan Italia. Moms mungkin bisa menemukannya di supermarket.

1. Keju Mozzarella

jenis keju-mozzarella.jpg
Foto: jenis keju-mozzarella.jpg (zingermanscreamery.com)

Foto: zingermanscreamery.com

Keju mozzarella mungkin merupakan jenis keju yang paling populer. Keju ini berasal dari Italia selatan yang secara tradisional dibuat dari susu kerbau.

Mozzarella yang segar umumnya berwarna putih, biasanya digulung menjadi bola dengan ukuran yang berbeda. Ada juga mozzarella dengan kelembapan rendah, yang memiliki tekstur lebih keras dan warna lebih kekuningan.

Baca Juga: Kapan Boleh Memberikan Keju Pada Bayi?

2. Keju Parmesan

jenis keju-parmesan.jpg
Foto: jenis keju-parmesan.jpg (insider.com)

Foto: insider.com

Keju Parmesan, atau Parmigiano-Reggiano, dianggap sebagai salah satu jenis keju terbaik oleh penikmat keju. Keju ini bertekstur keras, memiliki butiran dengan rasa yang kuat, pedas, dan pahit.

Penyajian parmesan biasanya dengan diparut di atas pasta, atau digunakan dalam sup dan risotto. Moms juga bisa langsung memakannya sebagai camilan atau saus keju.

3. Keju Cheddar

jenis keju-cheddar.jpg
Foto: jenis keju-cheddar.jpg (goldenagecheese.com)

Foto: goldenagecheese.com

Keju cheddar adalah jenis keju yang paling banyak dijual di Indonesia dan tentunya sudah tidak asing lagi didengar. Keju ini memiliki tekstur yang kering dan rapuh.

Warnanya bervariasi dari warna kuning gading, jerami hingga kuning tua. Keju cheddar digunakan untuk burger, dan juga jenis sandwich lainnya. Tetapi keju ini juga bisa digunakan sebagai saus keju atau membuat pai sayuran.

Baca Juga: Resep Salad Buah Lemon Keju, Segar!

4. Keju Feta

jenis keju-feta.jpg
Foto: jenis keju-feta.jpg (thespruceeats.com)

Foto: thespruceeats.com

Keju feta merupakan jenis keju dari Yunani yang dibuat dari domba dan susu kambing. Ini adalah keju putih yang diasinkan, punya cita rasa tajam, dan lembap, dengan tekstur yang bisa berubah dari agak rapuh menjadi agak krem.

Keju feta biasanya digunakan dalam sajian salad dan sayuran panggang, atau untuk dihidangkan bersama sandwich, taco, dan hidangan Meksiko lainnya. Keju feta dapat disajikan bersama zaitun, paprika, minyak zaitun, dan roti lapis.

5. Keju Edam

jenis keju-edam.jpg
Foto: jenis keju-edam.jpg (heavenly-holland.com)

Foto: heavenly-holland.com

Edam adalah keju semi-keras Belanda, yang secara tradisional dijual dalam bentuk bulat dengan interior berwarna kuning pucat dan lapisan lilin parafin warna merah.

Jenis keju ini memiliki rasa yang sangat ringan, sedikit asin, dan hampir tidak berbau jika dibandingkan dengan keju lainnya. Tetapi seiring bertambahnya usia keju, rasanya semakin tajam.

Keju edam cocok dengan hidangan ayam atau kentang, dalam pasta, souffle, salad, sup, dan saus.

Baca Juga: Gurih, Coba Resep Singkong Keju Merekah untuk Camilan Liburan Ini

6. Blue Cheese

jenis keju-blue cheese.jpg
Foto: jenis keju-blue cheese.jpg (msmarket.coop)

Foto: msmarket.coop

Terakhir ada blue cheese yang dibuat dengan susu sapi, susu domba, atau susu kambing. Jenis keju ini disebut "blue" karena dibuat dengan cetakan yang ditambahkan Penicillium.

Hasilnya menciptakan kesan urat nadi warna kebiruan, biru keabuan, biru-hijau, atau biru-cokelat di dalamnya.

Blue cheese juga memiliki aroma berbeda, yang bagi sebagian orang terasa tidak menyenangkan. Rasanya seperti ragi, tetapi teksturnya lembut seperti mentega.

7. Emmental

yuk kenali berbagai jenis keju emmental
Foto: yuk kenali berbagai jenis keju emmental

Foto: Orami Photo Stocks

Emmental diproduksi di distrik pusat Swiss dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi. Teksturnya keras dan kulitnya yang tipis biasanya dibungkus kertas, dengan nama pabrikan disebutkan di atasnya.

Emmental biasanya dipasangkan dan disajikan dengan anggur dan buah-buahan, berkat aroma manis dan rasa buahnya.

Ini juga memiliki semburat keasaman.

Dibandingkan dengan keju lainnya, ada lubang gas yang lebih besar pada keju ini. Terbentuknya lubang-lubang tersebut selama proses fermentasi menjadikannya salah satu keju yang paling sulit diproduksi.

8. Gouda

Keju Gouda
Foto: Keju Gouda

Foto: cheesemaking.com

Diucapkan sebagai 'How-da', keju Belanda ini adalah salah satu keju paling populer di dunia.

Itu telah dinamai kota Gouda di Belanda. Ini adalah keju yang kaya, beraroma, dan semi-keras yang dibuat dari susu sapi, tetapi beberapa varian pengrajin menggunakan susu domba atau kambing untuk membuat keju yang akan didiamkan untuk waktu yang lama.

Varietas Gouda yang berbeda diklasifikasikan berdasarkan usianya. Graskass masih muda, sedangkan Overjarig lebih tua dan penuh rasa.

Di antara keduanya adalah Jong, Jong Belegen, Belegen, Extra Belegen, dan Oud. Boerenkaas adalah terbuat dari susu sapi yang belum dipasteurisasi yang sedang merumput di padang rumput Belanda.

Gouda muda cocok dengan bir, yang sedang melengkapi anggur buah, dan Gouda dewasa paling cocok dipadukan dengan anggur beraroma mendalam seperti Merlot dan Shiraz.

Gouda dapat disajikan dengan irisan, potong dadu atau dilelehkan, dan dapat digunakan sebagai keju meja atau keju pencuci mulut.

Baca Juga: 5 Manfaat Keju Untuk Kesehatan, Mengusir Penyakit Jantung dan Penyakit Kronis Lainnya

Itu dia Moms, jenis keju yang populer disajikan dalam hidangan dari beragam negara.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb