15 September 2018

Perlukah Anak Berbahasa Asing Sejak Usia Dini?

Kapan waktunya anak belajar bahasa asing?
Perlukah Anak Berbahasa Asing Sejak Usia Dini?

Bahasa adalah jendela dunia. Terlebih dalam era yang serba modern ini, jika Anda tidak mampu bersaing dengan lulusan dari luar negeri, Anda akan tersisih.

Saat ini, banyak sekali orangtua yang menyekolahkan anaknya di sekolah internasional, tidak sampai di situ saja, anak-anak juga didaftarkan pada lembaga Bahasa Inggris untuk memperlancar percakapannya. Oleh sebab itu, Bahasa Inggris sudah menjadi sebuah kewajiban untuk dipelajari. Namun, kapan anak sebaiknya belajar bahasa asing?

Kenalkan sejak usia 6 bulan

Pada usia ini, anak sudah mulai tertarik dengan gambar. Anda dapat membelikannya sebuah buku dengan banyak gambar yang didalamnya terdapat kosakata dasar Bahasa Inggris. Misalnya, mengenal bermacam-macam warna dalam Bahasa Inggris.

Tidak perlu buku yang mahal dengan kosakata yang banyak, karena pada usia ini anak belum tertarik belajar menghafal kosakata, mereka lebih cenderung memasukan buku-buku itu ke dalam mulutnya. Jadi, cukup yang paling dasar saja agar anak terbiasa mendengar dan mengenal warna terlebih dulu.

Utamakan Bahasa Ibu

Meskipun bahasa asing sangat penting, Anda jangan sampai melupakan bahasa ibu (Bahasa Indonesia). Terlebih jika anak Anda tinggal di sekitar orang yang masih menggunakan Bahasa Indonesia.

Hal ini justru akan membuatnya mengalami mental block (hambatan mental) saat mereka ingin mengungkapkan keluh kesahnya, namun kosakata yang dimilikinya sangat terbatas.

Tetap gunakan bahasa ibu saat berbicara dengan Anda dan orang-orang sekitar agar kosakatanya pun tidak hilang. Kemampuan Bahasa Inggrisnya masih terus berkembang seiring sejalan dengan kosakata yang dapat diajarkan pada anak seusianya.

Hindari percakapan dengan bahasa asing di usia balita

Untuk menghindari bingung bahasa, Anda harus berkomunikasi dengan bahasa ibu. Di usia balita, sebaiknya tidak perlu mengenalkan abjad dan membaca dalam bahasa asing.

Anda dapat membeli buku-buku bergambar dengan kalimat sederhana agar anak merasa kenal dan terbiasa dengan kalimat tersebut. Apabila anak-anak sudah dapat berbahasa ibu dengan baik, barulah Anda boleh menggunakan percakapan dengan bahasa asing dalam kalimat-kalimat yang sederhana.

Berikan buku-buku berbahasa Inggris

Semakin bertambah usianya, Anda dapat memberinya buku cerita dalam Bahasa Inggris, jika dia tidak mengerti artinya, jangan langsung memeritahukannya.

Mintalah dia untuk membuka kamus, dengan begitu kosakatanya akan lebih banyak atau membiasakan anak menonton film dalam Bahasa Inggris tanpa subtitle lalu tanyakan bagaimana jalan ceritanya. Jangan terkejut jika dia mengetahui alur ceritanya dengan baik.

Belajar bahasa asing sangat perlu, terlebih Bahasa Inggris karena hampir semua pekerjaan yang bagus membutukan kemampuan berbahasa Inggris yang bagus pula. N

amun, Anda tidak perlu mahal-mahal mendaftarkan anak-anak untuk ikut kursus Bahasa Inggris dengan menambah beban pr-nya dan menghafal 16 tenses yang membingungkan. Dengan teknik dan membiasakan anak mengenal kosakata sedikit demi sedikit sejak kecil, anak-anak akan mampu menguasainya.

(DA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb