ADVERTISEMENT

KESEHATAN UMUM
27 Januari 2016

Tips Diet ala Vegetarian

Penasaran dengan pola makan vegetarian? Yuk, cobain!
Artikel ditulis oleh (ninda)
Disunting oleh (ninda)

Para vegetarian sangat menyukai makanan sehat seperti kacang-kacangan, sayuran, buah, dan beberapa juga mengonsumsi makanan mengandung susu atau dairy food dan telur. Penelitian menunjukkan bahwa diet ala vegetarian yang memakan makanan alami seperti ini lebih sehat dan mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe II. Jika Anda ingin menjalani diet ala vegetarian, yuk, coba lihat apa saja menu makanan setiap hari yang harus dikonsumsi.

Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan hal terpenting untuk memulai hari Anda. Tanpa sarapan, gula darah Anda akan rendah dan nantinya malah berujung pada pilihan makan siang yang salah. Untuk sarapan yang simple, Anda bisa memilih roti bakar, bubur, atau sereal sehat dari Seitenbacher. Namun jangan lupa juga sediakan telur sebagai asupan proteinnya. Selain memiliki kandungan protein dan lemak yang seimbang, kuning telur juga mengandung vitamin D yang berfungsi untuk tulang dan gigi. Konsumsi juga yoghurt sebagai sarapan penutup.

Snack Pagi Menjelang Siang

Pastikan pilihan snack Anda selalu penuh gizi dan menyuplai nutrisi zat besi atau vitamin D bagi tubuh. Ganti biskuit Anda dengan roti dan topping pisang, muffin buah, atau buat jus buah dan sayur yang segar untuk menemani aktivitas Anda.

Foto: makan siang

ADVERTISEMENT

Makan Siang

Pada jam makan siang, pilih makanan yang mengandung campuran protein seperti buncis, kacang-kacangan, produk susu dengan karbohidrat. Anda butuh asupan karbohidrat yang cukup banyak pada siang hari agar tidak 'khilaf' saat mengonsumsi snack sore nanti. Saat diet, tubuh masih memerlukan lemak, namun kuncinya tidak mengonsumsinya terlalu banyak dan memilih jenis lemak yang tepat, yakni lemak tidak jenuh. Misalnya alpukat, olive oil, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan-makanan ini tidak mengandung lemak jenuh dan mengandung omega-3, lho.

ADVERTISEMENT

Snack Sore

Untuk snack sore, Anda bisa memakan makanan gurih yang tidak terlalu manis atau asin. Ganti camilan keripik Anda dengan kacang pedas, popcorn renyah, kue kering low-fat cream cheese atau crunchy salad.

ADVERTISEMENT

Makan Malam

Jangan menolak karbohidrat untuk makan malam. Selain rendah lemak, karbohidrat akan mengenyangkan Anda sampai sarapan. Kombinasikan karbohidat dengan lemak esensial yang sehat seperti kacang-kacangan, labu kuning (baca di sini resep mengolah labu kuning), dan protein dari telur atau makanan yang mengandung susu seperti keju dan yoghurt. Nutrisi dari makanan-makanan ini akan digunakan tubuh Anda saat jam tidur untuk regenerasi dan memperbaiki kesehatan kulit dan rambut agar tetap sehat.

Photo Source: simplyscratch, purious

Sebelumnya

6 Hal Simple untuk Hidup Lebih Sehat
(ninda) • 25 Jan 2016

Selanjutnya

6 Posisi Yoga yang Mudah untuk Pemula
(ninda) • 01 Feb 2016

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT