2-3 tahun

4 April 2021

Terapkan Cara Ini untuk Anak Grow Happy Sejak Dini

Apa saja kunci membuat anak bahagia?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kebahagiaan anak adalah yang utama bagi setiap orang tua. Tentu membuat anak untuk selalu grow happy adalah tantangan yang dihadapi saat ini. Apalagi di era pandemi Covid-19, aktivitas anak jadi terbatas.

Anak menghabiskan banyak waktu untuk di rumah saja, mulai dari bersekolah, bermain, serta istirahat. Untuk itu, menjaga mental anak untuk selalu grow happy harus diperhatikan.

Lalu, apa yang harus Moms lakukan untuk membuat anak tumbuh bahagia sepenuhnya? Berikut beberapa tips mudah yang bisa diterapkan dalam menunjang kebahagiaan buah hati dalam tumbuh kembangnya.

Menerapkan Grow Happy pada Anak

manfaat-bermain-musik-bagi-grow-happy-perkembangan-anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Studi dalam Frontiers in Psychology, menemukan bahwa 73 persen orang Amerika menilai kebahagiaan anak adalah tujuan terpenting dalam membesarkan anak dan tumbuh kembangnya.

Manfaat memupuk rasa bahagia bagi anak adalah ia akan tumbuh lebih sehat dan ceria. Anak nantinya juga akan memiliki kemampuan sosial yang lebih baik.

Serta menerapkan rasa bahagia pada anak akan mendukung untuk sukses dalam pendidikan dan karier di masa depan.

1. Menaruh Kepercayaan pada Anak

Langkah pertama untuk mendukung grow happy pada anak yang lebih bahagia adalah memberikan ia kepercayaan penuh.

Moms, bisa memujinya saat sukses melakukan hal baru, dan mengarahkan Si Kecil menemukan minatnya sesuai bakat dan keinginannya.

Tidak memaksakan kehendak orang tua terhadap anaknya adalah kunci keberhasilan menciptakan rasa bahagia yang mungkin masih banyak orang tua tidak sadari.

Selain itu, berikan anak untuk bebas bergerak dan peran orang tua cukup sebagai pengawas serta memberi dukungan penuh dalam mencapai tujuannya.

2. Memberikan Waktu Bermain

Grow-Happy-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Masa anak-anak adalah bermain untuk mendukung anak selalu grow happy.

Mengutip dalamPsychology Today, bermain adalah sarana yang tepat dan bermanfaat untuk perkembangan anak.

Manfaat yang dirasakan dari bermain adalah buah hati akan lebih percaya diri, belajar untuk bersosialiasi dengan orang lain, serta meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yang dibutuhkan.

Membuat anak bahagia dengan bermain adalah bagian dari peran yang sangat penting dalam perkembangan mereka.

Lebih baik ajak anak untuk beraktivitas di luar ruangan atau melakukan permainan yang akan mengasah imajinasinya seperti menyusun balok, mewarnai, atau puzzle.

Baca Juga: Bermain Sebagai Stimulasi untuk Jadi #AnakPrima yang Aktif

3. Membiarkan Anak Melepas Emosi

Anak biasanya akan berteriak saat marah, menangis ketika sedih, atau sulit mengutarakan apa yang dirasakannya.

Kalau sudah begini, orang tua pasti akan segera menyuruh Si Kecil untuk diam atau bahkan hingga memarahinya..

Padahal, ini tidak baik dari sisi psikologis untuk perkembangan emosionalnya.

Untuk mendukung anak grow happy, biarkan ia meluapkan emosi negatif pada dirinya. Perasaan yang dipendam akan meningkatkan resiko depresi, gangguan pola makan, atau gangguan emosional lain saat ia dewasa nanti.

Dengan mengenali perasaannya, perkembangan psikologis dan emosional Si Kecil akan semakin tumbuh untuk tercapai hidup yang bahagia.

4. Memuji Anak

Beri Pujian untuk Grow Happy pada Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Langkah selanjunya dalam mendukung tercapainya grow happy pada anak yakni dengan memberikan pujian.

Hargai kelakukan baik yang sudah dilakukan Si Kecil, untuk membantu membuatnya lebih bahagia.

Melansir dalam Raising Children, anak-anak lebih cenderung mengulangi perilaku yang mendapatkan pujian atau dukungan Ini berarti orang tua dapat menggunakan pujian untuk mengubah perilaku anak menjadi seorang yang ceria.

Caranya yakni hargai dan berikan pujian pada kegiatan yang anak lakukan, misalnya semudah mengatakan, “terima kasih ya, hebatnya anak kesayanganku, bisa ambil minum sendiri!”

Lalu Moms bisa mengajaknya melakukan high-five atau tos untuk menyemangatinya berbuat baik dan selalu tumbuh bahagia.

5. Makan Tepat Waktu

Otak dan tubuh anak yang selalu aktif bergerak akan butuh banyak energi, jadi tak heran bila Si Kecil bisa jadi cranky saat merasa lapar. Dengan mengikuti jadwal makan yang teratur, anak bisa bermain dengan perasaan lebih nyaman dan grow happy.

Selain itu, ajaklah ia untuk membantu kita ketika sedang menyiapkan makanan di dapur. Sebab, kegiatan di dapur bisa memberikan anak pengalaman baru yang seru.

Sambil menyiapkan makanan atau memasak, Moms bisa mengajaknya untuk melihat jenis-jenis sayuran dan sambil belajar mengenal sayur dan buah di dapur.

Elaine Magee, ahli nutrisi lulusan University of California Berkeley, menuliskan bahwa kebersamaan di dapur antara ibu dan Si Kecil dapat mendorong ia untuk saling cerita dan berkomunikasi.

Tujuannya untuk membuat Moms dan Si Kecil jadi makin kompak dan selalu bahagia.

Baca Juga: Makan Makanan Sehat Ini, Dijamin Anak Jadi Lebih Bahagia

'Fantasea' Drive Thru Pertama di Indonesia bersama LACTOGROW

FANTASEA_1200x627-01.jpeg

Foto: LACTOGROW

Salah satu kunci grow happy pada anak adalah tumbuh dan berkembang dengan sehat dan bahagia secara menyeluruh, baik secara fisik maupun psikologis.

Penelitian yang dilakukan oleh Joan L Luby, menemukan bahwa seorang anak yang mendapatkan kasih sayang, perawatan dan pola asuh yang baik sejak usia dini dapat membantu ia dalam proses belajar, mengingat dan mengolah stres.

Oleh karenanya, LACTOGROW hadir mengadakan program grow happy untuk membantu orang tua di Indonesia dalam mendukung kebahagiaan anaknya di masa pandemi COVID-19.

‘Grow Happy Fantasea Drive Thru oleh LACTOGROW’ menyuguhkan pengalaman baru dan permainan edukatif dan menyenangkan bagi anak.

Ini merupakan acara edukatif berpetualang di bawah laut dengan misi membantu anak paus yang kesulitan berenang karena terlalu gemuk akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Hal ini untuk membantunya agar kembali ceria dan bahagia.

Selain menawarkan pengalaman yang menyenangkan, Grow Happy Fantasea Drive Thru juga merupahan wahana edutainment yang membagikan informasi seputar nutrisi anak.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Origami Kupu-kupu, Baik untuk Melatih Motorik Anak

Cara Mengikuti Grow Happy Fantasea Drive Thru Sea

Bekerja sama dengan ‘Haluu World’ sebuah instalasi seni yang instagramable, LACTOGROW Grow Happy Fantasea Drive Thru’ akan diselenggarakan di 3 kota di Indonesia, diantaranya Makassar, Medan dan Banjrmasin.

Di kota Makassar akan dimulai pada tanggal 2-4 April 2021, Medan pada bulan Juli 2021, dan Banjarmasin pada bulan Agustus 2021.

Cara untuk mengikuti ‘Grow Happy Fantasea Drive Thru’ juga cukup mudah. Moms hanya perlu menukarkan bukti pembelian LACTOGROW 3 atau LACTOGROW 4 senilai Rp300,000 dengan tiga tiket di hari-H, termasuk mendapatkan Fantasea Kit untuk digunakan di dalam wahana.

Tersedia juga paket tambahan dengan menukarkan bukti pembelian LACTOGROW 3 atau LACTOGROW 4 senilai Rp100,00. Kemudian menukarkan bukti pembelian dengan satu tiket tambahan, dan berlaku kelipatan.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan di era pandemi Covid-19, Grow Happy Fantasea Drive Thru menerapkan sistem ‘first come first serve' dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: 7 Pilihan Game Indoor yang Bisa Dimainkan Anak Jaman Sekarang

Yuk Moms ikuti berbagai aktivitas seru ini dalam dukung pertumbuhan dan tercapainya grow happy pada Si Kecil.

LACTOGROW kini hadir dengan kemasan dan formula baru dengan 0 gram Sukrosa dan mengandung Lactobacillus reuteri dan Serat Pangan (Inulin) serta diperkaya dengan kalsium, 13 vitamin, minyak ikan, 7 mineral dan omega 3 dan 6 untuk dukung Si Kecil agar selalu bahagia.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan saluran cerna adalah dengan menjaga keseimbangan mikcrobiota di dalamnya, yaitu dapat dilakukan dengan cara pemberian asupan bakteri baik (Lactobacillus reuteri).

(ADV)

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait