COVID-19

2 Desember 2020

Selain Anies Baswedan, 6 Pejabat Indonesia Ini Juga Terjangkit COVID-19

Ada tiga menteri yang dikonfirmasi positif COVID-19
placeholder

Foto: instagram.com/aniesbaswedan

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan melalui situs PPID Jakarta, bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan positif terpapar COVID-19.

Anies dinyatakan positif virus corona setelah hasil swab test-nya keluar pada Selasa dini hari (1/12). Mengutip Bisnis.com, sehari sebelumnya, Anies telah melakukan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.

Anies mengungkapkan bahwa dirinya bertemu dengan Wagub Ariza secara intens dan melaksanakan rapat.

Kini, selama dalam masa pemulihan, Gubernur DKI Jakarta tersebut mengungkapkan akan tetap bekerja secara virtual, dan melakukan isolasi mandiri di rumah dinas di Menteng, Jakarta Pusat.

Anies bukan pejabat pertama yang terpapar COVID-19 di Indonesia. Beberapa pejabat atau politikus lainnya sudah lebih dahulu terpapar virus ini. Siapa saja? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Anniversary Pertama, Ini Fakta Kisah Cinta Citra Kirana dan Rezky Adhitya

1. Menteri Agama

fachrul-razi.jpg

Foto: pinterpolitik.com

Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19 beberapa waktu lalu. Kondisi fisik Menag Fachrul Razi dilaporkan baik dan menjalani isolasi mandiri.

Mengutip detik Health, berdasarkan rilis yang diterima, Menag melakukan swab test pada 17 September dan hasilnya positif.

Namun, kondisinya baik-baik saja dan ia hanya menjalankan isolasi mandiri dan akan fokus pada pemulihan kesehatan untuk sementara waktu.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan

edhyprabwo cnnindonesia.jpg

Foto: cnnindonesia.com

Pada awal September, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikabarkan positif COVID-19.

Menteri Edhy awalnya ditangani di RS Polri Kramat Jati, lalu dipindahkan ke RS AD atau RSPAD. Saat ini, Menteri Edhy sudah pulih, bahkan pergi ke Amerika Serikat.

Namun, Edhy tengah menjalankan proses hukum karena kasus korupsi.

Mengutip Kompas.com, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelidiki kasus dugaan korupsi terkait izin ekspor benih lobster yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sejak Agustus 2020.

Baca Juga: 4 Fakta Ayu Wulantari, Selebgram Bali yang Akhiri Hidupnya dengan Terjun dari Lantai Empat

3. Menteri Perhuhubungan

bks tempoco.jpg

Foto: tempo.co

Menteri Perhubungan menjadi salah satu pejabat paling awal yang terpapar virus corona, yakni pada 14 Maret lalu dan juga bisa pulih dan kembali bekerja.

Sebelumnya, Budi Karya Sumadi dikabarkan mengalami sakit tifus karena kelelahan kunjungan kerja.

Namun, akhirnya diketahui bahwa Menhub positif corona disampaikan Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di gedung Sekretariat Negara.

Setelah dirawat di RSPAD, pada 27 April, Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh setelah hasil swab negatif dua kali berturut-turut.

4. Wali Kota Depok

mohidrisokecoy.jpg

Foto: okezone.com

Wali Kota Depok Mohammad Idris juga terkonfirmasi positif COVID-19 dan membagikan video kondisinya yang tengah menjalani perawatan di RSUD Kota Depok.

Mohammad Idris saat ini dirawat dan diisolasi di lantai 7 RSUD Depok, Jawa Barat.

Mohammad Idris menjalani sejumlah kegiatan kampanye dan debat pilkada putaran pertama. Dirinya juga sempat bertemu Habib Rizieq Shihab pada 12 November lalu.

Wali Kota Petahana Depok ini dinyatakan positif setelah melakukan tes usap dan menjalani perawatan mulai Rabu (25/11/2020) malam, seperti dikutip dari Kompas TV.

Baca Juga: Tinggal di Bali, Ini 9 Hotel Mewah yang Pernah Ditempati Shandy Aulia dan Keluarga

5. Wali Kota Samarinda

syaharie-jaang-walikota-samarinda-0303.jpg

Foto: tribunnews.com

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang juga positif COVID-19 dengan status tanpa gejala.

Saat ini, orang nomor satu di Kota Samarinda tersebut telah menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas Walikota Samarinda, Kalimantan Timur, tepatnya di Jalan S Parman Samarinda.

Syaharie Jaang diketahui positif corona setelah dilakukan tes swab antigen, Rabu, 25 November 2020, seperti yang dikutip dari Tempo.co.

6. Wakil Gubernur Jakarta

ahmadrizapatria detikcom.jpeg

Foto: detik.com

Tidak hanya Anies Baswedan, tetapi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga positif COVID-19 setelah menjalani hasil swab test PCR yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Jumat (27/11/2020).

Kondisi Riza saat ini dalam kondisi baik dan tengah menjalani isolasi mandiri.

"Kondisi saya tetap dalam keadaan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya juga sudah menjalani tes usap. Prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, bagi setiap pasien terkonfirmasi positif COVID-19 wajib melakukan isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di tingkat puskesmas hingga rumah sakit," kata Riza dalam keterangan resminya, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Genap Berusia Satu Bulan, Tengok Potret Curtis Ziggy Mars yang Tampan!

7. Wali Kota Tanjungpinang

syahrul kompascom.jpg

Foto: kompas.com

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul positif COVID-19, dan meninggal dunia pada 28 April lalu akibat terpapar virus ini.

Kala itu, kabar ini cukup mengejutkan karena sebelum meninggal, kondisi Syahrul cukup membaik meski masih menggunakan ventilator untuk membantu bernapas.

Itu dia Moms, daftar pejabat di Indonesia yang pernah terpapar COVID-19. Semoga keadaannya cepat membaik.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait