Kesehatan

22 April 2018

Apakah Susu Formula Boleh Dimasak?

Apakah Susu Formula Boleh Dimasak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Anak saya agak kurang suka minum susu formula. Karena selama 2 tahun ini full ASI. Tapi karena persoalan berat badan yang sedikit naiknya, saya pun memberikan susu formula.

Sudah dicoba dengan media gelas atau botol karena dia tidak suka pakai dot tetap yang terminum sedikit sekali. Jadi saya suka masak pasta, kue atau bikin puding ditambahkan dengan susu formula mereka.

Apa boleh susu formula ini dimasak dijadikan tambahan bahan pangan? Apakah nutrisinya akan hilang karena proses memasak pastinya dipanaskan lama? (Debie Octora)

Jawab:

Susu formula kandungan gizinya adalah protein, lemak, karbohidrat, berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk membantu tumbuh kembang Si Kecil di samping mengonsumsi makanan bergizi seimbang tentunya.

Kandungan gizi pada susu yang rusak oleh panas tinggi atau pemasakan adalah vitamin C. Kandungan nutrisi lainnya masih ada.

Selain ditambahkan untuk membuat makanan, Moms tetap harus mengupayakan Si Kecil memiliki kebiasaan minum susu.

Bisa dicoba Moms dan Si Kecil bersama-sama (pas waktu snack time jam 10.00 atau jam 16.00) mencelupkan biskuit kesukaannya ke dalam susu. Targetnya Si Kecil terbiasa dulu dengan rasa susu.

Moms bisa membuat jadwal makan agar anak merasakan lapar dan kenyang. Pas lapar, kemungkinan ia mau minum susu dan biskuit kesukaannya.

Dijawab oleh Sari Sunda Bulan AMG

Sumber: Ask The Expert - Forum Orami

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait