Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
12 Mei 2019

Aturan Ajak Anak Bukber di Rumah Teman Atau Keluarga

Karena mengajari anak sopan santun itu penting, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

https://www.shutterstock.com/image-photo/muslim-mother-feeding-her-toddler-child-1380000104?src=h1p_fS-ciF4Ku-JxYSWPRA-1-22

https://www.shutterstock.com/image-photo/happy-smiling-asian-muslim-family-during-1380000065?src=h1p_fS-ciF4Ku-JxYSWPRA-1-21

Di bulan Ramadan, Moms sudah pasti mendapat undangan buka puasa bersama. Bertemu sekaligus bersilaturahmi dengan teman atau keluarga memang menyenangkan. Tapi, bagaimana dengan Si Kecil?

Terkadang, Si Kecil melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Karenanya, Moms juga perlu mengajari etika kepada Si Kecil, terutama ketika Moms hendak mengajak Si Kecil mengunjungi rumah saudara atau teman untuk berbuka puasa bersama.

Mengajari Si Kecil merupakan bagian dari mengembangkan keterampilan sosial, ini untuk menunjukkan bagaimana berinteraksi dengan sikap yang baik kepada orang lain, dan mengajari anak untuk memperlakukan orang lain dengan hormat.

Ada beberapa perilaku yang harus diketahui semua anak, berikut daftarnya seperti dikutip dari Very Well Family.

1. Ajari Si Kecil Mengatakan "Tolong" dan "Terima kasih"

Ini adalah salah satu dasar utama dari perilaku yang baik. Ketika anak-anak bertambah besar, orang tua dapat mendorong anak untuk menulis catatan terima kasih, lebih disukai dengan pulpen dan kertas.

Mereka juga harus diajarkan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang membantu atau melayani mereka, seperti pelayan di restoran, dan bahkan kepada Moms dan Dads mereka usai melakukan sesuatu untuk Si Kecil.

Patricia Rossi, penulis buku Everyday Etiquette juga mengatakan jangan lupa ajari kata-kata lain seperti "Bolehkah saya..," "Baik, terima kasih..." dan "Bagaimana kabarmu?”

Baca Juga: Melihat Kepribadian Berdasarkan Jenis Makanan Favorit

2. Berlatih Menyapa Orang dengan Benar

manners1

Foto: thespruce.com

Menunjukkan kepada anak cara menyapa orang dengan benar adalah salah satu keterampilan terpenting yang dapat Moms ajarkan kepadanya.

Ajari Si Kecil untuk menatap mata orang lain, hadapi mereka secara langsung, dan berjabat tangan saat bertemu dengan orang lain. Cara yang bagus untuk melatih sikap ini yaitu dengan bermain peran bersama Si Kecil.

3. Ajari anak menggunakan "Bu/Pak" atau "Om/Tante"

Ini mungkin terdengar kuno, tetapi menggunakan kata ini merupakan cara yang paling sopan bagi seorang anak untuk berbicara atau merujuk kepada seseorang.

Semisal Si Kecil baru bertemu dengan teman Moms, atau anggota keluarganya, ajari dia untuk menyapa dan mengatakan namanya seperti "Halo, Tante Nia" atau "Hai, Om Rahmat", dan lain sebagainya.

4. Ingatkan Etiket Menggunakan Ponsel

Jika Si Kecil memiliki ponsel, pastikan Moms menyampaikan pesan agar benda tersebut sebaiknya tidak dibawa ke meja. Rossi menyarankan agar Si Kecil meletakkan ponselnya di keranjang.

Karena, tidak ada yang suka ketika sedang asyik berbincang saat menyantap makanan berbuka puasa dan ada bunyi panggilan atau pesan masuk yang bisa mengganggu aliran percakapan.

5. Jadikan Kebiasaan Agar Anak Menunggu Gilirannya Berbicara

Ini adalah salah satu masalah yang banyak dialami anak-anak, terutama anak-anak kecil. Karena seringkali, anak-anak ingin mengekspresikan pikiran mereka segera setelah sesuatu terjadi pada mereka.

Si Kecil mungkin perlu pengingat untuk menunggu sampai seseorang selesai berbicara sebelum mereka menyela. Jika etiket ini tidak diajari dengan baik, kebiasaan ini akan terbawa hingga ia dewasa.

Baca Juga: Sudah Naik Pesawat, Ibu Ini Kelupaan Membawa Anaknya

6. Ajarkan Si Kecil Cara Bermain yang Baik

manners2

Foto: littlefolksbigquestions.com

Berkumpul bersama teman dan keluarga saat berbuka puasa akan menghadirkan banyak tamu lain. Jika terdapat anak-anak lain selain dirinya, penting bagi Si Kecil tahu cara bermain yang baik.

Ingatkan anak untuk mengikuti aturan dari anak pemilik rumah saat bermain, dan untuk selalu membersihkan diri sendiri sebelum pergi.

Pastikan Si Kecil selalu menyapa tuan rumah atau nyonya rumah, tidak pernah meletakkan kakinya di furnitur dan menunggu sampai tuan rumah makan terlebih dahulu pada waktu camilan.

7. Tanamkan Sopan Santun di Meja Makan untuk Si Kecil

Terutama jika sedang mengunjungi rumah teman atau keluarga untuk berbuka puasa, Si Kecil harus hafal di luar kepala tentang tata krama dasar di meja makan.

Perilaku dasar yang baik seperti tidak mengunyah dengan mulut penuh, atau menunggu makan sampai semua orang dilayani, ini dapat diikuti bahkan oleh anak-anak sekolah dasar paling muda sekalipun.

Ketika anak-anak sudah lebih besar, mereka dapat membantu mengatur dan membersihkan meja dan melanjutkan percakapan makan malam yang menyenangkan.

Mengajari Si Kecil sopan santun dan etiket yang baik tentu akan berguna hingga ia dewasa dan hal ini membuat dirinya nanti akan dihormati. Ayo segera mulai ajarkan Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait