Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Home Decor | Aug 15, 2018

Berbagi Tips Merawat Kompor Gas Agar Awet dan Aman Digunakan di Modena Experience Centre Suryo

Bagikan


  Berbagi Tips Merawat Kompor Gas Agar Awet dan Aman Digunakan di Modena Experience Centre Suryo

Sebagai ibu rumah tangga, kompor menjadi peralatan rumah tangga yang vital fungsinya untuk mengolah makanan sehari-hari.

Saat ini kompor yang sering digunakan konsumen adalah kompor listrik dan kompor gas. Namun, kompor gas masih popular di kalangan rumah tangga.

Tapi, bagaimana perawatannya agar kompor gas selalu awet dan aman ketika digunakan?

kompor gas

Dalam acara pembukaan Modena Experience Centre (MEC) Suryo di bilangan Senopati, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, Orami berkesempatan melihat dan mencoba langsung sejumlah produk home appliance.

Di bangunan empat lantai tersebut, produk terbagi berdasar kebutuhan rumah tangga. Ya, MEC Suryo menghadirkan 3 elemen tambahan guna melengkapi konsep Modena sebagai one stop shopping yang menyenangkan untuk para konsumennya. Yaitu layanan MODENA Kitchen Design, aneka-ragam cookware, dan top notch furniture.

Baca Juga : Seru! Mengintip Peralatan Rumah Tangga Modern di One Stop Shopping : MODENA Experience Center Suryo

Nah, hal yang menyenangkan, di sini konsumen tak cuma bisa berbelanja dan mencoba produk sebelum dibeli, tapi juga bisa berkonsultasi dengan para staf tentang produk pilihan.

Seperti saat Orami melihat deretan kompor gas. Salah satu staf Modena bernama Abe membagikan tips untuk merawat kompor gas dengan cara yang benar.

Tentu kita tahu, kan, Moms kalau kompor gas mengalirkan gas dari tabung melalui selang menuju tempat pembakaran, gas pun kemudian tercampur dengan udara. Campuran ini yang kemudian dikeluarkan lewat lubang-lubang kecil pada pembakar dan dipantik dengan percikan api. Selain mudah digunakan, api dari kompor gas ini juga bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. 

Keuntungan berikutnya adalah makanan jadi lebih cepat matang karena api tidak hanya memanaskan bagian bawah saja, namun juga sisi dari panci atau wajan yang Moms gunakan.

Namun, seringkali dalam penggunaannya kita luput membersihkan kompor gas dengan seksama. Terlebih jika kotoran atau sisa masakan menempel di bagian-bagian tertentu.

“Sebenarnya membersihkan kompor listrik maupun kompor gas sangat mudah. Intinya setelah selesai masak langsung dibersihkan terutama jika ada kuah tercecer,” ujar Abe selaku staf Product Development Modena Indonesia saat ditemui.

Bagian tatakan tungku juga pada umumnya bisa dilepas dengan mudah. Dan sebenarnya kunci perawatan kompor gas agar awet dan aman digunakan adalah harus rutin membersihkan setelah selesai memasak.

“Bisa di lap dengan kain lembut yang kering. Tapi, jika kotorannya lengket seperti cairan gula atau minyak, lap bisa dibasahi dengan air hangat dulu. Saat diperlukan, bisa juga menggunakan cairan sabun asal lap tidak terlalu basah.”

Sebab jika terlalu basah, air bisa menetes dan menyumbat api yang keluar di bagian burner.

Lalu setelah kotoran dibersihkan, bisa dilap kering atau biarkan mengering alami.

Baca Juga : Kompor Gas VS Kompor Listrik, Mana yang Lebih Bagus?

kompor gas

Tapi, bagaimana jika kotoran sangat lengket dan sulit dibersihkan?

“Angkat tatakan tungku dan rendam beberapa saat dengan air hangat.”

Hal ini sangat penting untuk dilakukan segera karena jika dibiarkan terlalu lama kotoran akan mengering dan menyumbat api.

“Api yang biasanya berwarna biru akan menjadi merah karena penyumbatan tadi. Akibatnya panas yang dihasilkan jadi lebih lama dan proses memasak juga lebih lama, penggunaan gas pun jadi boros,” kata Abe lagi.

Selain perawatan tadi, jangan lupa selalu pastikan katup dan selang gas tersambung dengan baik sehingga tidak terjadi kebocoran yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

Baca Juga : Wajan Lengket Saat Memasak? Ini 4 Solusinya!

kompor gas

Dan saran lainnya, jika Moms sering memasak di ruang tertutup, tidak ada salahnya membeli penyedot asap dapur atau cooker hood untuk menghilangkan bau masakan di area dapur.

Soal perawatannya, “Penyaringnya bisa dicuci dengan rendaman air hangat dicampur sabun biasa dan sikat lembut. Karbon filternya bisa dicuci karena bisa habis dalam 6-12 bulan untuk pemakaian normal.”

Abe juga menambahkan, jangan lupa saat membeli cooker hood perhatikan ukurannya agar seimbang dengan kompor gas yang dipakai. “Jika ukuran cooker hood lebih kecil dari kompor gas dan sebaliknya daya kerja menyedot asap jadi tidak maksimal.”

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Memasak dengan Teflon

Wah, pengalaman belanja yang menyenangkan, ya, Moms.  

Selain konsultasi, di MEC Suryo ini Moms juga bisa ikutan kegiatan yang melibatkan komunitas, lho.

Hal ini sejalan dengan misi Modena untuk para pelanggannya, “MEC Suryo membawa level bermain yang lebih tinggi daripada MEC Satrio. Kita mendapatkan konsep one-stop shopping dari sebuah experience yang holistic,” papar Robert Widjaja, Direktur MODENA Indonesia.

Gimana, Moms sudah pernah merasakan keseruan di Modena Experience Centre? Yuk, share pengalamannya...

(ARH)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.